wovvpetAvatar border
TS
wovvpet
Cara Grooming Kucing


Info dan tips penting seputar kucing dan hewan peliharaan lainnya bisa ditemukan disini emoticon-Toast

Quote:


Klik untuk melihat sumber

Kucing membutuhkan bantuan kita untuk membersihkan dan merawat tubuhnya. Kami akan membagikan tips dan saran grooming terbaik untukmu.

Kucing adalah hewan yang sangat suka kerapian. Jika kamu seorang pemilik kucing, maka kamu sangat mengerti bahwa kucing dapat membersihkan dirinya sendiri dengan sangat baik. Karena mereka hanya menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk tidur atau membersihkan diri!

Meskipun kucing dapat membersihkan dan mengurus dirinya sendiri, faktanya ia masih membutuhkan sedikit bantuan dari kita. Grooming bukan hanya sekedar membuat kucing terlihat cantik. Kita dapat mengawasi kesehatannya dengan melakukan grooming secara rutin. Selain itu, grooming juga membantu kita mencegah masalah kesehatan kucing seperti masalah pencernaan yang disebabkan oleh muntah bulu. Grooming rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan bulu kucing.


Cara Memulai Grooming Kucing
Bagi seorang pemilik kucing, ungkapan ini pasti sudah biasa kita dengar: Jangan pernah menangkap kucing dan melakukan grooming jika kita belum pernah melakukannya sebelumnya. Kemungkinan hasilnya tidak akan menyenangkan bagi keduanya. Kucing sebaiknya dibiasakan menjalani proses grooming secara perlahan.

Pilih waktu yang tepat ketika kucing merasa senang dan santai, misalnya setelah makan. Kemudian, mulailah dengan sesi grooming singkat selama 5 - 10 menit. Belai dan pujilah kucing kita ketika melakukan grooming, dan kita juga bisa menawarkan hadiah di akhir sesi. Tetapi jika kucing mulai menunjukkan tanda-tanda tidak suka, hentikanlah saat itu juga. Kita dapat mencobanya lagi nanti.

Dengan berjalannya waktu, kucing akan terbiasa dengan proses tersebut dan mulai menikmatinya.
Menyisir Bulu Kucing
Menyisir secara teratur dapat menghilangkan bulu yang rontok dan kotoran, serta mencegah bulu menjadi lepek dan kusut. Namun, lakukanlah dengan benar, atau kita akan membuat kucing menjadi marah! Sisirlah searah dengan pola rambut, dan jangan pernah melakukannya secara berlawanan. Lakukanlah dengan lembut di area sekitar perut dan dada.

Untuk kucing berbulu pendek:
  • Mulailah dengan sisir logam bergigi halus. Sisirlah dari bulu kepala sampai ujung ekor. Perhatikan bintik kecil seperti lada yang dapat mengindikasikan adanya kutu kucing.
  • Kemudian gunakan sikat berbulu kaku atau lembut untuk menghilangkan bulu rontok.

Untuk kucing berbulu panjang:
  • Mulailah dengan sisir bergigi jarang untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di bulu kucing. Berhati-hatilah dalam melepaskan setiap kusutan pada bulu kucing.
  • Kemudian gunakan sikat kawat atau sikat berbulu kaku untuk menghilangkan bulu rontok.
  • Gunakanlah sikat gigi untuk menyisir sekitar wajah kucing.

Jika kita mendapati bulu kucing yang kusut, jangan mencoba untuk memotongnya, kamu atau kucingmu mungkin akan terluka. Sisirlah dua kali seminggu untuk kucing berambut pendek, sedangkan kucing berambut panjang mungkin perlu disisir setiap hari.
Cara Memandikan Kucing
Apakah ide memandikan kucing membuatmu sangat ketakutan? Sangat bisa dimengerti! Kita tahu bahwa sebagian besar kucing tidak suka air. Kita mungkin pernah mencobanya di masa lalu. Untungnya, kucing tidak perlu sering-sering dimandikan.

Namun karena suatu hal, terkadang bulu kucing menjadi terlalu lengket atau kotor sehingga lidah kucing tidak dapat membersihkannya. Jadi, kita harus terlibat. Untungnya, waktu mandi tidak akan menjadi waktu yang mengerikan jika kita melakukannya dengan benar:
  • Mulailah dengan mengatur suhu air senyaman mungkin. Air harus hangat - tidak panas, dan tidak dingin.
  • Gunakan sampo yang dibuat khusus untuk kucing dengan label yang sesuai.
  • Gunakan wastafel atau bak dimana kita dapat meletakkan keset karet, dan rendamlah dengan kedalaman hanya 3 atau 4 inci.
  • Basahi kucing dengan lembut menggunakan selang semprot, tetapi JANGAN semprot atau tuangkan air secara langsung di kepala kucing – itu akan membuat air masuk ke mata, telinga, atau hidung. Jika kita tidak memiliki selang semprot, gunakanlah cerek anti pecah.
  • Bilas dengan lembut dan menyeluruh untuk memastikan sisa sampo telah bersih. Sekali lagi, hindari menyemprot atau menuangkan air secara langsung di kepala kucing.
  • Keringkan dengan tepukan lembut menggunakan handuk besar.

Satu tips terakhir: Jika kuku kucing perlu dipotong, lakukanlah sebelum memandikannya!
Melakukan Pedikur Untuk Kucing
Memotong kuku kucing tidaklah sulit untuk dilakukan, jika kita menggunakan pendekatan yang tepat.

Mulailah menghabiskan waktu untuk melatih kucing merasa nyaman dan menerima kakinya kita pegang. Pijatlah kaki kucing secara rutin setiap hari. Lakukan dengan mengusapkan-usapkan tangan kita di sepanjang kakinya, dan kemudian tekan lembut menggunakan ibu jari di setiap telapak kaki, yang membuat kukunya memanjang. Setelah satu atau dua minggu, kucing akan merasa nyaman dengan pijatan kaki tersebut.

Setelah kucing merasa nyaman dengan pijatan ini, kita dapat mulai memotong kuku kucing. Gunakan gunting kuku berkualitas dan tajam yang dirancang khusus untuk kucing. Potong sejajar dengan telapak kaki kucing dan hanya pada ujung putihnya saja. Berhati-hatilah untuk tidak mengenai daging di bawah kuku, yang  biasanya berwarna merah muda yang dapat kita lihat karena tembus cahaya.

Dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya, kucing relatif tidak membutuhkan banyak perawatan – sebuah keuntungan bagi para pecinta kucing. Namun seperti kita semua, kucing juga terkadang membutuhkan bantuan. Meskipun kucing kita merupakan makhluk yang mandiri, ia masih membutuhkan bantuan kita untuk tetap sehat dan bahagia. Untuk kucing tetap sehat, anda dapat membeli produk makanan kucing berkualitas disini.

Info dan tips penting seputar kucing dan hewan peliharaan lainnya bisa ditemukan disini emoticon-Toast

Quote:


Klik untuk melihat sumber
tata604
tata604 memberi reputasi
1
3.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan