jujuiAvatar border
TS
jujui
7 Game PlayStation 4 Terbaik di Tahun 2016, Mana Favorit Agan?
emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Ultah emoticon-Om Telolet Om!


Woohoo 2017 udah di depan mata nih gan! Ngomongin game, nggak lengkap ya kalo kita nggak ngebahas game-game terbaik untuk PS4. Tahun 2016 ternyata jadi tahun yang cerah buat Sony dengan PS4-nya. Belum lama ini mereka menembus angka penjualan 50 juta unik untuk PS4. Selain itu, PS4 versi Slim dan Pro juga dirilis di tahun 2016.

Di tahun yang luar biasa untuk Sony dan pemilik PS4, apa aja ya game terbaik yang bisa agan mainkan, atau udah mainkan?

1. Final Fantasy XV



Penantian 10 tahun semenjak game ini diumumkan untuk PS3 dengan judul Final Fantasy Versus XIII akhirnya terbayar sudah. Final Fantasy XV datang di penghujung tahun 2016 dan sukses memukau para penggemar seri ini.

Final Fantasy XV dibuka dengan kalimat yang menyatakan kalau game ini adalah Final Fantasy yang cocok untuk penggemar lama ataupun baru, dan Square Enix sukses membuktikannya. Dengan gameplay yang jauh lebih action daripada Final Fantasy klasik, Final Fantasy XV membawa pemain ke road trip penuh nuansa bromance bersama Pangeran Noctis dan tiga kawan sekaligus pengawalnya.



2. Uncharted 4: A Thief's End



Setelah sukses dengan The Last of Us, Naughty Dog kembali membuat petualangan Nathan Drake sang pemburu harta. Uncharted 4: A Thief's End jadi standar baru buat game action berkelas AAA. Gameplay dalam game ini bukan cuma penyelesaian masalah yang didesain buat nyenengin orang aja, tapi juga pengalaman yang bikin emosi jadi nano-nano.

Nathan Drake kembali jadi sorota, dimana Nathan yang tadinya udah mutusin buat menjauh dari dunia perburuan harta karun yang selama ini jadi tujuan hidupnya, memilih untuk hidup normal. Tapi saat Sam, kakaknya Nathan yang udah dianggap mati selama ini muncul di depannya unutk meminta tolong berburu harta, semangat Nathan kembali membara.

Hal yang mencolok dari Uncharted 4: The Thief's End ini dibanding seri sebelumnya adalah kedalaman dan cara penyampaian cerita yang disuguhkan. Kalo seri sebelumnya ada aksi nggak berhenti, di seri ini pacing cerita bisa dinikmati dengan sangat nyaman.

Cutscene yang dihadirkan juga digarap dengan apik. Setiap adegan dibuat layaknya sebuah film berbudget besar karena pencahayaan dan pilihan sudut kamera yang tepat. Apalagi bakalan agak nahan nafas saat aksi yang dilakukan Nathan selalu diselingi bahaya. Kualitas pengisi suara juga terdengar luar biasa.

Interaksi antar karakter juga terasa sangat hidup karena dialog yang beragam. Dialog juga bisa terjadi dalam kondisi yang berbeda-beda, tergantung jalan mana yang agan pilih.

PlayStation Store Link (PS4): Uncharted 4: A Thief’s End, Rp699.000



3. Firewatch



Firewatch adalah sebuah game petualangan yang berfokus pada eksplorasi dan komunikasi. Agan bakalan ngobrol sama partner agan lewat walkie talkie dan segala diskusi yang agak lakukan itu bakalan bikin pengalaman bermain agan beda dari orang lain.

Game indie buatan Campo Santo ini desainnya terinspirasi dari genre Metroidvania. Di sini agan bisa bebas bertualang dengan beberapa poin dalam game tertutup karena diperlukan skill atau tools tertentu. Pas udah punya semuanya, baru bisa lanjut ke progress selanjutnya.

Firewatch pertama kali dirilis pada bulan Februari 2016 dan jadi game terlaris bulan tersebut di PlayStation Network, mengalahkan game Far Cry Primal buatan Ubisoft. Game ini jadi favorit banyak orang, terlebih di 1 bulan setelah launching udah terjual lebih dari 500ribu copy game Firewatch ini.

PlayStation Store: USD 19,99 (Rp 270ribu)



4. Dishonored 2



Bethesda merilis Dishonored 2 pada 11 November 2016 untuk PC, PS4 dan Xbox One. Kalo di serial Dishonored sebelumnya, agan berperan sebagai Corvo Attano, pengawal setia Ratu Jessamine Kaldwin yang memimpin kota Dunwall. Corvo difitnah membunuh sang ratu ketika terjadi kudeta di pemerintahannya. Ia pun menuntut balas dengan mencari tau siapa pembunuh ratu yang sekaligus telah mencemarkan nama baiknya.

Dalam perjalanannya, Corvo turut menyelamatkan Emily Kaldwin, putri Ratu Jaessamine yang sempat diculik setelah ibunya dibunuh. Di Dishonored 2 ini, agan bisa milih mau main jadi Emily atau Corvo.

Corvo punya kekuatan supernatural yang bikin dia bisa pindah tempat secara cepat, memperlambat waktu atau mengendalikan makhluk hidup lain. Sedangkan Emily punya kemampuan berpedang dan bertarung dengan tangan kosong, juga kemampuan layaknya assassin.

Dishonored 2 ini latarnya 15 tahun setelah seri pertamanya, dimana Emily yang tadinya masih kecil sekarang udah dewasa. Emily juga belajar banyak dari Corvo yang udah dianggap sebagai ayahnya.

Di Dishonored 2, agan akan bertualang di kota baru bernama Karnaca dengan teknologi yang terlihat lebih canggih dari sebelumnya. Bahkan ada rumah megah yang desainnya bisa berubah sendiri seiring agan berjalan.

PS 4 Amazon: USD 39,89 (Rp 537ribu)



5. World of Final Fantasy



Square Enix merilis game World of Final Fantasy ini untuk PS4 dan PS Vita. Game RPG yang diangkat dari seri Final Fantasy ini nyeritain kisah petualangan si kembar Reynn dan Lann untuk menemukan ingatan mereka yang hilang sambil menjelajahi dan menemukan berbagai tempat indah di sebuah negeri bernama Grymoire. Selama bertualang, Reynn dan Lann akan bertemu dengan karakter yang udah nggak asing lagi di mata penggemar seri Final Fantasy. Tokoh Squall (FF VIII), Cloud (FF VII) sampai Lightning (FF XIII) dan para summon kayak Ifrit dan Bahamut akan muncul buat nemenin mereka.

Pertarungan dalam World of Final Fantasy ini menggunakan mekanisme Active Time Battle. Dengan strategi pertarungan yang tepat, agan bisa kerjasama dengan para legenda jagoan Final Fantasy lainnya buat bantuin Reynn dan Lann menghadapi musuh.

Yang paling menarik dan beda dengan Final Fantasy seri lain adalah karakter di game ini dan monsternya ukurannya imut-imut alias chibi.

Buat agan yang berminat untuk membeli World of Final Fantasy, versi PS4 dijual seharga US$59,99 (sekitar Rp796.000), sedangkan versi PS Vita dibanderol US$39,99 (sekitar Rp530.000).



6. The Witcher 3: Wild Hunt



Setelah diumumin pertama kalinya pada bulan Juli 2016, edisi lengkap The Witcher 3: Wild Hunt akhirnya rilis pada 30 Agustus 2016. Keunikan cerita utama dari The Witcher 3 ini adalah membutuhkan waktu bermain yang lebih panjang. Karena edisi lengkap ini menampilkan 2 alur cerita tambahan, game ini disebut-sebut akan membutuhkan waktu bermain selama lebih dari 150 jam untuk ditamatkan.

The Witcher 3 berhasil memenangkan lebih dari 800 penghargaan dengan 250 penghargaan di antaranya kategori Game of the Year. Game ini dibuat oleh CD Projekt Red dan merupakan adaptasi dari buku The Witcher karangan Andrej Sapkowski dengan dunia yang luasnya 30 kali lebih besar dibanding seri sebelumnya.

Cerita dalam The Witcher 3: Wild Hunt ini yang paling seru adalah side quest yang punya kualitas narasi yang sangat baik dan terkesan bukan sekedar side quest. Meski butuh waktu lama buat nyelesaiin setiap side quest yang ada, tapi bakalan jadi pengalaman memuaskan dan adiktif untuk terus menjelajahi dunia The Witcher 3 ini.

Visual adalah hal yang paling menjual dari The Witcher 3: Wild Hunt ini. Detail banget apalagi untuk latarnya, pohon-pohon keliatan hidup pas ada badai angin dan matahari juga keliatan silau pas lagi bersinar. Game The Witcher 3: Wild Hunt ini bisa jadi salah satu Western RPG yang bisa menunjukkan model karakter yang menarik di mata. Mulai dari gaya rambut, bentuk wajah, serta gaya pakaian karakter utama dan juga karakter sampingan.

PS Store Link: The Witcher 3: Wild Hunt, Rp728.000



7. Until Dawn



Di game Until Dawn, agan bakalan mainin 8 karakter yang memutuskan untuk menghabiskan weekend di rumah terpencil di gunung. Tepat 1 tahun sebelumnya, mereka juga mengadakan kegiatan yang kurang lebih sama, tapi 10 orang dan 2 orang hilang misterius. 8 orang sisanya hanya ingin ketemu lagi aja tapi ternyata yang mereka dapetin justru jauh lebih dari itu.

Until Dawn sebenernya adalah game horror yang banyak banget dialog dan pilihannya. Agan harus ngendaliin karakter, jalan ke sana ke sini, ngumpulin petunjuk dan nonton banyak cutscene. Yang paling menarik adalah butterfly effect, yakni dari satu peristiwa yang kecil banget ternyata bisa berimbah ke peristiwa yang gede banget.

Di Until Dawn, pilihan yang agan ambil bakalan sangat penting, mulai dari ngambil hp yg lagi bunyi, ngebunuh tupai di hutan dsb. Tapi tenang aja, agan tetep bisa nikmatin ceritanya tanpa terus muter otak banget.

Intinya game ini adalah buat selamat sampai subuh datang. Endingnya bener-bener nggak ketebak dan ini juga yang jadi nilai jual film Until Dawn; milih sesuai hati nurani. Tapi Until Dawn ini adalah game yang nyeremin dan mencekam. Recommended buat agan yang suka sama genre game horror.

PlayStation Store Asia: Until Dawn, Rp521.000




Dari 7 game terbaik PS4 yang ane tulis, mana nih game favorit agan? Atau kalo agan punya game terbaik versi agan, tulis di komeng ya gan, ntar ane taro pejwan emoticon-Jempol


Sumber Sumber Sumber Sumber Sumber Sumber Sumber
Diubah oleh jujui 22-12-2016 12:10
0
64.3K
402
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan