Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Wujud Uang-uang Kuno di Indonesia Ini Sudah Gak Beredar Lagi Lho!
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Wujud Uang-uang Kuno di Indonesia Ini Sudah Gak Beredar Lagi Lho!
Mungkin sebagian dari kalian lagi excited banget sama duit baru yang dikeluarkan Bank Indonesia beberapa hari lalu. Desainnya memang lebih modern sih dari sebelumnya. Ngomong-ngomong soal uang, kalian udah pernah tahu belum tentang uang kuno Indonesia dari masa ke masa? Uang Indonesia mulai ada dari tahun 1945 semenjak Indonesia resmi berdiri. Meskipun sebelum tahun 1945 di Nusantara (sebelum ada nama Indonesia) yang dulunya masih bersifat kerajaan ternyata sudah menggunakan kepingan duit, namun uang tersebut bukanlah menggunakan nilai rupiah. Singkatnya, nama rupiah sendiri pertama kali digunakan pada zaman kependudukan Jepang pada era Perang Dunia II. Setelah PD II selesai, Bank Jawa atau yang lebih dikenal dengan nama Javasche Bank mengeluarkan nilai Rupiah. Javasche Bank inilah yang menjadi cikal bakal Bank Indonesia yang mencetak dan mengedarkan rupiah sebagai mata uang negara Indonesia sampai kini.

Pada saat itu pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tetapi juga sebagai lambang utama negara merdeka. Oleh karena itu ORI (Oeang Republik Indonesia) resmi beredar pada 30 Oktober 1946.

Kira-kira itulah sekilas tentang sejarah duit di Indonesia, kamu kayaknya masih agak mengira-ngira nih gimana sih wujud aslinya duit-duit ini? Yuk barengan kepoin!


Spoiler for ORI I (Tahun 1945):


Spoiler for ORI II (Tahun 1947):


Spoiler for ORI III (Tahun 1947):


Spoiler for ORI IV (Tahun 1948):


Spoiler for Keluaran 1949:


Spoiler for Keluaran Tahun 1952:


Spoiler for Keluaran Tahun 1956:


Spoiler for Keluaran Tahun 1957:


Spoiler for Keluaran Tahun 1964:


Spoiler for Keluaran Tahun 1975-1977:


Spoiler for Keluaran Tahun 1980-an:


Spoiler for Keluaran Tahun 1992:


Spoiler for Keluaran 1998-1999:


Jadi totalnya Indonesia udah berapa kali ngeluarin duit baru tuh? Ya kira-kira segitulah ya. Beragam banget emang duit yang dimiliki Indonesia. Ini cuma duit kertasnya aja, belum duit logamnya. Kadang malah duit logam tersebut bisa dijadiin alat buat kerokan lho. Duit-duit ini emang udah gak beredar lagi nih, gan di Indonesia makanya perlu ada regenerasi fisik dari duit-duit tersebut. Yuk, serbu duit kunonya bagi kamu yang emang hobi ngumpulinnya. Tapi kamu harus punya generasi yang mau nyimpen tuh barang berharga, hihihi.

Sumber: YuKepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
4.7K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan