arradiAvatar border
TS
arradi
{Need Solusi} antara pemahaman agama dan pekerjaan ?
asalamualaikum
selamat siang agan2 disini.. langsung aja gan ane mau minta saran atas kegalauan ane untuk resign dri pekerjaan ini .

pekerjaan yang ane dapetin dengan susah payah hasil jerih payah ane sendiri, langsung aja gan, ane lulus kuliah bulan september tahun ini, tepat 4 tahun dengan konsentrasi broadcast journalism, ane fokusin kuliah ane dgn organisasi yang ane jalanin, tepat sebelum sidang skripsi ane udah prepare untuk meng apply beberapa pekerjaan yang sesuai dengan bidang ane, dan bbrapa yang g sesuai...

ntah kenapa untuk pekerjaan yang ane mau ( krja di stasiun tv sesuai kuliah ane) ane sudah apply , di website, jobstreet bahkan sampe ke kantornya belum ada satupun yang nyangkut.. ane masi positive thinking aja.. di pikiran ane mungkin tuhan mau ane kerja diluar bidang ane dulu, sembari melatih kemampuan broadcast ane.

sampe akhirnya ane di accept disalah satu perusahaan leasing, prosesnya begitu cepat, mulai dri interview test dan tanda tangan kontrak, ane pikir ini rejeki buat ane, 2 minggu setelah lulus untuk angkatan ane , bisa terbilang ane yang paling cepet dapet pekerjaan..ane bersyukur , gaji umr dan sebagainya, jujur ane untuk awal ini pengen tau dulu dunia kerja tuh seperti apa dan sebagainya, walau dunia leasing ini menggiurkan untuk insentifnya.

posisi ane di leasing sebagai cmo mobil, bertugas menentukan kelayakan kredit dan survey semua itu ane pahami pada saat proses training, sampai akhirnya penempatan cabang.. awal kerja dilapangan berbeda sama sekali pada saat training, untuk paham dilapangan aja ane belajar sendiri dari nguping2 senior, senior di kelompok ane tu cuek2 karna mungkin mereka fokus kerjar target mereka dan ane maklumi itu, proses tandem ane , ane palajari sendiri dari cari muka dengan senior, mulai dri ikut senior dan memahami cara mereka survey, baca data, dan sebagainya.

kemudian ane sudah disuruh jualan, cmo mobil kan untuk memperoleh aplikasi dari dealer itu hrus melalui pendekatan dengan sales untuk memperoleh aplikasi dri mereka, (sebelumnya ane minta maaf sama rekan2 sales mobil , semoga tidak tersinggung) nah kebanyakan dari sales mendapatkan data yang hrus di manipulasi atau istilahnya rubbing.. supaya pengajuan kredit mobil mereka di setujui oleh leasing, nah ane sebagai cmo hrus tau dan menerima itu bahkan kalo bisa ikut membantu agar sama sama untung. sales dapet refund target, cmo pun target.. dan sales jrng mau pake cmo yang ga berani rubbing dan sebagainya.

jujur untuk hal seperti itu ane masih belum berani..mental ane disini teruji.., ane baru jalan 2 bulan kerja, dan aplikasi yang dikasih ke ane semua reject, krna ane gamau rubbing data, krna customer ane emang g layak buat dibantu, dan sales maunya hrus dibantu...

jujur ane bukannya sok suci, sok agamis, dan tidak bersyukur..
tapi ane emg gamau untuk melakukan hal seperti itu, banyak persepsi, masukan, saran, yang ane terima selama 2 bulan ini dalam ane menentukan mau resign atau tidak, di dalam agama ane (maaf sebelumnya jika yg kerja di leasing tersinggung , semoga tidak tersinggung) tolong menolong dalam perbuatan riba tentunya di larang, itu yang ane pahami..dan persepsi itu ane pendem sendiri krna bersifat privacy dan takut menyinggung rekan kerja kantor ane,
tapi di salah satu sisi , ini kerjaan pertama ane , ane baru 2 bulan, di sisi lain temen2 ane lagi sibuk2nya nyari kerja, nunggu panggilan interview, dan blum kerja sampai skrng dan ane malah mau resign.

bahkan rekan kerja se angkatan ane yang tadinya sepakat gamau ngerubbing udah berubah haluan menjadi mau dan berani dgn alasan uang dan insentif yang penting debitur bayar angsuran lancar, karna kita juga menjaga angsuran selama 9 bulan.. sampai dia menyarankan ane .

"Bro lu kalo kerja backoffice ni ya, lu mau gaji 7 rebu perbulan, lu mau nunggu berapa lamaa !! berapa taun, emg lu ga bosen kerja depan komputer , jangan munafik sok suci lah ..blablabla" pada saat dia ngomong itu ane hanya diem aja, krna didalam kalo ane ngeluarin persepsi ane perihal ajaran agama yang ane pahami soal riba yang ada ga ketemu , alias bakal berantem... tapi disalah satu sisi income-nya juga bagus , ane jg butuh uang..

ane minta saran
:apa ane termasuk orang yang belagu, dan sok suci, serta tidak bersyukur ? krna baru 2 bulan kerja ane mau resign krna ane g nyaman dan gamau kerja seperti ini ?

: apa dijaman skrang ane termasuk org yang sok suci.? ane bisa kerja lapangan tapi bukan kerja lapangan yang seperti ini.. ane mau kerja dan dapet uang yang mungkin ga seberapa dri mereka tapi bisa tidur nyenyak dan balance.., apa lagi kalo udah melakukan penarikan krna konsumen nunggak.. pada masa jaga angsuran kita, yang ada kita melakukan penagihan, bahkan atasan atau collection bisa compare data yang kita survey dgn data asli konsumen..apa cmo rubbing data atau tidak, kalo ketauan bisa kena BUI (penjara).. banyak yg bilang, ane pengecut, gampang menyerah, sok suci, terserah , sok ga butuh duit...

ane mohon sarannya sama agan2 disini, mohon saran ke ane sebagai freshgraduate yang ingin bekerja...

note: Ane mohon maaf sebesar2nya bagi agan2 yang saat ini sedang bekerja di leasing, sales, atau udah pernah kerja dileasing, ane bukan maksud menyinggung, tapi ini pandangan ane tanpa maksud menyudutkan atau bahkan merendahkan iman orang lain...
Diubah oleh arradi 16-12-2016 05:06
0
3.1K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan