Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

niakur12Avatar border
TS
niakur12
Perbandingan New Honda CR-V Dengan New Nissan X-Trail


e-automotif
– Persaingan otomotif saat ini tidak hanya marak di segmen mobil murah dan pada low MPV saja. Walaupun tidak se-heboh low MPV dan segmen mobil murah LCGC, tetap saja segmen SUV menengah masih memiliki peminat dan pelanggan lama atau bukan new buyer yang harus direbut hatinya. Selain itu pabrikan tidak mau ketinggalan bersaing dengan mengeluarkan tampilan terbaru dari SUV menengah milik mereka. Saat ini untuk Urban SUV juga mulai berbenah untuk mendapatkan perhatian dari para pelanggan di kelas menengah. Sebut saja seperti Honda CR-V dan Nissan X-Trail yang sama-sama menggusung tema urban SUV kelas menengah.

Nissan dan Honda tidak hanya bersaing di SUV menengah saja, sebelumnya kedua pabrikan asal jepang ini juga bersaing ketat di kelas mini SUV yaitu Nissan Juke dan Honda HR-R. Keduanya mencoba menarik perhatian pecinta otomotif di Indonesia dengan menawarkan tampilan serta fitur terbaru pada produk SUV-nya. Hal ini akan sangat menguntungkan konsumen dengan memberikan alternatif pilihan SUV. Pada kesempatan kali ini e-automotif mencoba memberikan beberapa perbandingan mobil antara Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Spesifikasi Honda CR-V dan Nissan X-Trail
Membandingkan kedua mobil ini tidak terlepas dari spesifikasi, performa pada mesin yang disematkan di keduanya. Spesifikasi mesin yang menunjukkan performa mesin mobil akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Honda dan Nissan tentu saja mengerti akan hal ini dan berusaha menawarkan performa mesin yang lebih baik agar dapat berkompetensi di kelas urban SUV menengah.

Untuk urusan dapur pacu, Nissan X-trail seri tertinggi memang lebih unggul dengan 2.5 liter sedangkan Honda CR-V seri tertinggi 2.4 liter. Tapi urusan performa Honda CR-V berbeda jauh dengan Nissan X-Trail. Seri tertinggi Nissan X-trail Extremer 2.5 mampu melesat 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 9,5 detik sedangkan Honda CR-V Prestige 2.4 membutuhkan waktu 10,2 detik.

Kehadiran teknologi transmisi CVT Xtronic membuat Nissan X-trail extremer 2.5 menghabiskan konsumsi bahan bakar 16 km/ liter dalam kecepatan yang konstan. Sedankan dalam kondisi jalan perkotaan Nissan X-Trail 2.5 ini mampu menempuh jarak 10 km per liternya. Untuk Honda CRV Prestige 2.4 L, konsumsi bahan bakar untuk kondisi jalan perkotaan adalah 9 km/liter sedangkan untuk kecepatan konstan, Honda CR-V prestige 2.4 L mampu menempuh 15 km per liter. Untuk urusan konsumsi bahan bakar, Nissan X-Trail walaupun kapasitas mesin yang besar tapi lebih efisien.

Handling dan Kenyamanan Honda CR-V dan Nissan X-trail
Honda CR-V memiliki kemampuan untuk meredam guncangan jalan yang tidak rata yang lebih baik dibanding Nissan X-Trail. Hal ini disebabkan Honda telah merubah setelan pegas atau Spring Rate menjadi lebih empuk tapi kurang nyaman diajak menikung. Selain itu Honda CR-V lebih enak diajak bermanuver dan lincah karena memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek dari Nissan X-Trail. Tidak jauh berbeda dengan CR-V, Nissan juga mengaplikasikan peredam kejut yang empuk untuk menghadapi jalan rusak atau berlubang. Nissan X-Trail lebih stabil diajak berakselerasi di jalan lurus karena memiliki jarak sumbu roda yang lebih jauh. Walaupun lebih panjang dari Honda CR-V, Nissan X-Trail memiliki Radius Putar yang lebih kecil, artinya X-Trail lebih mudah melewati jalan perkotaan yang berkarakter sempit dan padat dan melakukan parkir.


Interior X-Trail
Urusan kenyamanan pengemudi dan penumpang, baik Honda CR-V dan Nissan X-Trail memiliki fitur yang hampir sama. Kedua mobil ini sama-sama memiliki fitur pengatur bangku elektrik di kedua bangku bagian depan dengan perangkat Audio Multi Information LED touchscreen yang memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Khusus untuk Honda CR-V Prestige Fender Audio, sistem audio yang didukung dengan Fender Amplifier, Fender Tweeter & Speakers memberikan kepuasan tersendiri dalam mendengarkan musik di dalam mobil. Baik Nissan X-Trail dan Honda CR-V sudak menyematkan jok berbalut kulit. Honda CR-V memiliki busa jok yang sedikit lebih keras dan posisi duduk yang kurang nyaman untuk berkendara. Lain halnya Nissan yang perubahan pada model terakhirnya ini memiliki busa jok yang lebih empuk dan material kulit yang lebih mewah dan elegan.

Untuk penyejuk udara, Honda CR-V membekalinya dengan dual zone auto climate control serta teknologi nanoe yang diklaim mampu membuat udara di dalam kabin segar dan bersih. Sedangkan Nissan X-Trail hadir dengan hanya menyematkan dual zone auto climate control AC yang dapat mengatur suhu yang diinginkan pengemudi dan penumpang secara otomatis.

Desain Honda CR-V dan Nissan X-Trail
Pada tahun ini Honda CR-V baru saja melakukan perubahan minor dengan menambahkan LED pada lampu utama (headlamp) yang menyatu dengan grill depan berbalut aksen krom. Perubahan ini membuat Honda CR-V bertambah stylish dan gagah dengan grill khas honda. Tampilan desain bagian depan sangat padu dengan bagian belakang sesuai dengan dimensinya. Secara garis besar buat e-automotif, dari sisi dimensi dan bentuk desain Honda CR-V sangat proporsional untuk kelas SUV kelas menengah.

Desain Honda CR-V Facelift
Perubahan besar dan drastis yang dilakukan Nissan terhadap X-Trail tahun ini patut dipuji. Dengan bentuk lebih melengkung aerodinamis dan tidak kaku seperti pendahulunya. Hal ini terlihat dari headlamp yang menyudut ke atas alias sipit dan futuristik menyiratkan karakter desain Nissan terbaru. Belum lagi grill berbentuk U dengan aksen krom mempertegas tampilan sporty di bagian depan. Berbeda dengan versi X-Trail yang sebelumnya dengan headlamp kotak dipadu grill vertikal tajam. Bagian buritan juga tidak ketinggalan dengan tambahan lampu belakang yang menyamping dan tambahan spoiler yang sporty.

Nissan X-Trail Terbaru

Fitur Honda CR-V dan Nissan X-Trail
Penggunaan teknologi sebagai pendukung kenyamanan dan keamanan pada mobil SUV mempunyai peranan penting untuk memikat hati konsumen. Hal ini terbukti pada Honda CR-V dan Nissan X-Trail yang kaya akan fitur-fitur terbaru yang telah disematkan di keduanya. Misalnya saja Nissan X-Trail yang telah disematkan fitur Hill Asisst yang berfungsi mencegah mobil mundur ketika menanjak. Honda CR-V tidak mau ketinggalan dengan menyematkan teknologi keselamatan Motion Adaptive EPS dan VSA yaitu sebuah fitur yang mencegah understeer dan oversteer. Dual Airbags sebagai fitur standar keamanan saat ini juga sudah disematkan, bahkan untuk Honda CR-V 2.4 Prestige dengan tambahan side Airbags dan side Curtain Airbags pada bagian samping pengemudi dan penumpang.

Interior Honda CR-V

Untuk sisi keamanan baik Honda dan Nissan menyematkan smart keyless entry dan Start button engine pada CR-V dan X-Trail (untuk varian tertentu fitur ini tidak ada). Alarm system dan parking juga tersedia pada semua variant Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Khusus untuk Nissan X-Trail, parking sensor memiliki 4 point dan dua kamera yang tehubung dengan Multi Information LED (MIL) yang dapat di-split tampilannya sehingga sangat membantu anda dalam memarkir kendaraan.

Kabin Pengemudi Nissan X-Trail

Harga Honda CR-V dan Nissan X-Trail
Untuk harga mobil, Nissan X-Trail memberikan harga yang paling rendah yaitu Rp. 390 jutaan untuk varian terendah dan Rp. 466 jutaan untuk varian tertinggi Nissan X-Trail Extremer. Sedangkan Honda CR-V iVtec 2.0 variant terendah ditawarkan dengan harga Rp. 400 jutaan dan Untuk CR-V Prestige 2.4 Fender Audio sekitar Rp. 490 Jutaan. Nissan X-Trail dengan fitur yang sama dengan Honda CR-V tentu saja lebih murah dalam kasus ini. Berikut ini Daftar Perbandingan Harga Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Kesimpulan
Baik Nissan X-Trail dan Honda CR-V memiliki keunggulan masing-masing pada fiturnya dan desain ekterior dan interiornya. Jika dulu ada imej bahwa Nissan X-Trail bukan mobil sekelas Honda CR-V maka saat ini dengan perubahan besar yang dilakukan Nissan X-Trail pada bentuknya membuat Nissan bisa bersaing dan menghilangkan imej tersebut. Di sisi lain CR-V dengan membawa nama besar Honda, tentu saja bukan lawan yang enteng untuk disaingi dari segi pemasaran dan teknologi. Berikut ini hasil penilaian yang e-automotif berikan pada kedua mobil ini.

Sumber:e-automotif.com/
Diubah oleh niakur12 19-12-2016 02:51
0
28.2K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan