Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

save.indonesiaAvatar border
TS
save.indonesia
Inilah Monas, Saksi Abadi Untuk Aksi Damai 2 Desember




Jakarta - Hujan dan ribuan umat Islam salat Jumat bersama. Monas adalah saksi abadi dari Aksi Damai 2 Desember dan menambah panjang daftar peristiwa penting negeri ini.

Sebagai landmark Jakarta, Monas punya sejarah panjang sampai jadi tempat langganan untuk aksi-aksi besar di negeri ini. Sejak mulai dibuka pada 12 Juli 1975, Monas telah menjadi landmark sekaligus monumen peringatan untuk mengenang perjuangan Indonesia melawan pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Monas pun telah menjadi tempat orasi hingga wisata yang sangat populer di ibukota. Wisatawan bisa merasakan langsung suasana di tempat paling bersejarah di Jakarta itu.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2016) sejarahnya pada 17 Agustus 1954 dibuat sebuah komite nasional yang bertujuan untuk menggelar sayembara perancangan monumen nasional. Dari puluhan karya, hanya karya dari Frederich Silaban -maestro arsitek pembuat Masjid Istiqlal- yang disebut memenuhi kriteria.

Sayangnya karya Frederich Silaban dianggap terlalu megah dan butuh dana besar, sehingga Soekarno meminta arsitek RM Soedarsono untuk melanjutkan rancangan milik Frederich. Konsep lingga yoni pun dipakai sebagai dasar atas arahan Soekarno.

Unsur kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus1945 pun ikut disertakan dalam rancangannya. Mulai dari tiang monas setinggi 17 meter dari cawan, tinggi dasar cawan hingga ruang museum yang dibuat setinggi 8 meter sesuai bulan kemerdekaan hingga pelataran tugu yang setiap sisinya memiliki panjang 45 meter.




Selain diperkaya dengan unsur hari Kemerdekaan Indonesia, cawan Monas menjadi representasi yoni dan tugunya adalah lingga yang melambangkan kesuburan hingga alu dan lesung.


Kemudian dimulailah pembangunan Monas di atas lahan seluas 80 hektar yang mencakup Lapangan Ikada dan sekitarnya pada 17 Agustus 1961 sesuai arahan Soekarno. Pembangunan pun terbagi menjadi tiga tahapan dan memakan waktu sekitar 25 tahun.

Monas pun juga mencakup sejumlah relief yang menceritakan sejarah Indonesia, Museum Sejarah Nasional dan Ruang Kemerdekaan. Traveler pun bisa mencoba naik ke daerah cawan dan Puncak Monas pada jam dan hari tertentu.



Pada hari ini, Monas pun kembali menjadi saksi dari Aksi Damai 2 November. Jutaan umat Muslim dari berbagai latar belakang dan daerah datang untuk beribadah bersama. Momen itu pun bisa digunakan untuk mengagumi kemegahan Monas dan sejarahnya yang panjang.

Bagi Anda yang ikut aksi damai, jangan lewatkan momen ibadah sekalian berwisata di Monas. Landmark kebanggaan ibukota ini dibuka setiap hari kecuali Senin dan libur nasional, yakni dari pukul 08.00-16.00 WIB dan dilanjutkan pukul 19.00-22.00 WIB.



sumber berita



lepas doa bersama dan sholat jumat bersama peserta aksi dengan bapak presiden, bisa lanjut langsung wisata di monas emoticon-I Love Indonesia emoticon-Recommended Seller
0
3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan