Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hellosehatAvatar border
TS
hellosehat
Haid Bisa Menular?
Menstruasi bisa menular. Begitu cerita yang sering kita dengar di tengah masyarakat. Tidak jarang pula banyak dari wanita yang mengungkapkan bahwa siklus menstruasinya tiba-tiba berubah akibat terpengaruh oleh perempuan lain di sekitarnya. Mungkin Sista juga pernah mengalaminya; periode menstruasi yang mendadak berbarengan dengan kakak, ibu, atau teman sekelas maupun sekantor.
Sinkronitas menstrual adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh seorang peneliti asal Amerika, Martha McClintock, di tahun 1971 pada sebuah jurnal medis terbitan Nature. Psikolog University of Chicago ini mendasari penelitiannya atas fenomena menstruasi yang bersamaan yang terjadi di asrama wanita kampusnya.

Yang menentang teori ini
Meskipun diterima secara luas sebagai fakta kehidupan wanita, banyak psikolog dan antropolog yang meragukan kebenaran ilmiah dari sinkronitas menstrual tersebut. Hampir setengah dari makalah ilmiah yang diterbitkan mengenai topik yang bersangkutan tidak menemukan bukti kuat bahwa kontak reguler (tinggal bersama, kerja bersama, atau sering menghabiskan waktu bersama-sama) akan menghasilkan siklus menstrual yang berdekatan satu sama lain.

Dalam studi tahun 2006, Zhengwei Yang dan Jeffrey Schank meninjau ulang teori milik McClintock dan menyimpulkan bahwa “variabilitas siklus lebih mengarah ke konvergensi siklus yang berulang dan divergensi berikutnya yang dapat menjelaskan persepsi sinkronitas.” Artinya: wanita mungkin berpikir mereka memiliki periode haid yang bersamaan, padahal mungkin hal tersebut terjadi secara acak dan kebetulan dalam waktu yang berbarengan. Fase sinkronitas menstrual yang kebetulan ini kemungkinan besar nantinya akan menyesuaikan kembali dengan jam biologis tubuh masing-masing.

Belum adanya bukti ilmiah kuat yang mendukung gagasan McClintock bukan berarti penelitian seputar topik ini dihentikan. Banyak peneliti yang masih mencari tahu kebenaran teori tersebut, dan masih banyak pula wanita yang melaporkan pengalaman mereka mengenai sinkronisasi menstrual. Tapi, sampai ada bukti medis yang lebih kuat, sinkronisasi menstrual kini hanya dianggap mitos belaka.


Mau tahu info lengkapnya? Cek disini aja Sis:
haid bisa menular jika 2 sahabat wanita selalu bersama

Jangan lewatin info menarik lainnya disini:
apa itu mastektomi kanker payudara?
kenapa wanita sering infeksi saluran kencing?
emoticon-Stick Out Tongueertamax emoticon-Sundul
KnightDruid
tata604
tata604 dan KnightDruid memberi reputasi
2
5.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan