Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

poisonchikiAvatar border
TS
poisonchiki
Kongres Basa Penginyongan 2016
"Mamake..inyongkencot"


Ada yang pernah dengar kata yang di bold??
Atau malah menjadi bahasa sehari-harimu??
Orang-orang lebih mengenal bahasa itu sebagai bahasa ngapak. Dari mana sih bahasa ngapak itu??
Quote:


Kabar gembira untuk kita semua terutama yang menggunakan Bahasa Ngapak (banyumasan/penginyongan) sebagai bahasa sehari-harinya termasuk TS emoticon-Malu (S)karena Bahasa Ngapak selain sebagai Bahasa Identitas juga akan dilestarian, dikembangan, dan diberdayaan secara akademik, terlembagakan, dan terarah.

Hal tersebut menjadi rancangan atau rumusan program yang disusun dalam rekomendasi hasil kongres Basa Pengiyongan di Kabupaten Banyumas pada tanggal 25-27 Oktober 2016. Kongres tersebut diikuti perwakilan lima kabupaten pengguna basa pangiyongan yaitu Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen.



Selain rekomendasi, dalam kongres tersebut juga dibentuk komite Basa Pengiyongan wilayah Barlingmascakeb yang diketuai Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno, Koordinator Tim Ahli dengan‎ Ketua Prof Dr Suminto A Sayuti (Fak Bahasa dan Seni UNY), Koordinator T‎im kerja yang diketuai‎ Bambang Wadoro‎.


Pembahasan Rumusan Masalah pada Kongres Basa Penginyongan I Tahun 2016
Spoiler for pembahasan:




Sementara, Ketua Komite Basa Pengiyongan Barlingmascakeb, Hadi Supeno berharap, Basa Pengiyongan bisa menjadi viral atau virus dimana mana, karena suatu bahasa merupakan kebudayaan yang harus mengalir. Basa Pengiyongan ini juga merupakan bahasa "ibu" bagi warga di eks Karesidenan Banyumas.

Meski demikian, kata Hadi, akan menjadi sebuah omong kosong jika sebuah pelestarian dan pengembangan Basa Pengiyongan tanpa adanya kamus. Pasalnya dengan adanya kamus Basa Pengiyongan merupakan strategi untuk terus melestarikan dan mengembangkan Basa Pengiyongan yang menjadi bahasa " ibu" sejak dari dulu.


"Alhamdulillah sedela maning arep digawe kamus sing diinisiasi neng tim ahli komite Basa Pengiyongan," kata dia



Sementara, kepada semua peserta kongres, Hadi berharap bisa melaksanakan apa yang sudah dirumuskan secara berkelanjutan sebagai strategi pembinaan dan pengembangan serta pelestarian basa pangiyongan.


"Melu kongres dadi ora kur melu-melu tok. Tapi melu maraih kambi melestarikan basa pangiyongan kiye," kata Hadi


Spoiler for pelaksanaan kongres:



Sumber Berita:
satelitnews.co
banyumaskab.go.id
0
3.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan