Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zarfAvatar border
TS
zarf
Tips Untuk Perbaiki Connector yang rusak gan
Kalau baterai hp kamu nggak terisi dengan sempurna, jangan berasumsi kalau charger hp atau baterai hp-nya yang rusak. Masalah dan solusinya mungkin lebih simpel dari yang kamu kira. Jika hp android atau tablet kamu tidak bisa di cas (charger) atau merasa lebih cepat boros dari biasanya, tips di bawah ini mungkin bisa jadi solusi charger hp kamu yang sering rusak. Inilah solusi membetulkan hp yang tidak bisa di cas (charge).

Mengapa Hp tidak bisa di-charge?
Masalah Hp tidak bisa di cas (charge) bisa dari berbagai macam sumber dan berbagai macam bentuk. Mungkin hp kamu tidak bisa di-charge keseluruhan saat dicolokkan ke charger atau bisa di-charge tapi lambat. Hal ini merupakan masalah biasa yang ada dari banyak pengguna hp. Berikut ini kami akan sediakan beberapa solusi untuk hp yang tidak bisa di cas (di-charge).

Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Dicas
1. Betulkan port USB sendiri

hp tidak bisa di cas

Cara tercepat, termudah, dan kebanyakan sukses adalah membetulkan sendiri hardware milikmu sendiri. Masalah yang sering muncul adalah bahan metal dalam port USB dan charger microUSB tidak terhubung dengan baik, entah karena kerusakan dari pabrik atau karena kamu terlalu sering colok dan cabut colokan dari kabel charger.

Yang kamu butuhkan adalah matikan hp kamu, copot baterai hp jika bisa, dan gunakan benda kecil seperti tusuk gigi untuk menaikkan tab kecil di dalam port USB di hp atau tablet kamu. INGAT! Lakukan dengan sangat hati-hati, kemudian masukkan baterai kamu dan coba charge hp kembali. Kebanyakan masalah hp tidak bisa di cas (charge) bisa diatasi dengan solusi ini.

Apakah kamu orang yang suka menaruh hp di kantong jeans atau kantong baju? Jika iya, mungkin kain tiras (kain sisa jahitan di jeans atau baju lainnya) menjadi masalah lainnya. Kain tiras bisa masuk ke port USB dan mengganggu jalannya proses charging menjadikan hp tidak bisa di cas (charge). Selain kain, remah-remah makanan juga bisa menjadi masalah hp tidak bisa di cas (charge). Bersihkan menggunakan cotton buds atau tusuk gigi dengan kapas. Cara lengkapnya bisa baca di artikel Cara Aman Membersihkan Smartphone dan Tablet.

2. Tukar kabel charger dengan kabel charger Hp lain

tukar kabel 2

Bagian terkecil dari charger adalah kabelnya, bukan adapter kabel yang dicolok ke socket. Jika hp tidak bisa di cas (charge) cobalah mengganti kabel charger Hp kamu sebelumnya dengan kabel charger hp lainnya yang sama. Jika memang bekerja dengan baik, itu artinya masalah ada di kabel charger milikmu. Jika masih tidak bisa di cas (charge), berarti masalahnya ada di sumber lainnya.

Jika kabel bukan masalahnya, coba cek plug adapter-nya, sama seperti kabel charger, coba ganti dengan adapter charger lainnya dan lihat apakah hal itu bekerja atau tidak. Selalu pastikan charger kamu cocok dengan hp kamu atau tidak. Karena charger yang tidak cocok meskipun bisa mengisi daya baterai kamu akan tetap menimbulkan masalah di lain harinya.

3. Keamanan nomor utama

tukar kabel

Jangan charge hp kamu dekat air atau dalam keadaan panas. Juga, jangan sampai hp kamu di-charge berlebihan seperti charging pada malam hari saat baterai kamu sebenarnya hanya membutuhkan dua atau tiga jam pengisian ulang. Hal ini bisa menjadi pemicu meledaknya hp atau charger kamu yang membawa kamu ke keadaan berbahaya bahkan kematian.

Jika kamu mengganti charger asli kamu dengan yang palsu maka berhati-hatilah dalam memakainya. Karena charger palsu dan murah lebih punya kemungkinan sewaktu-waktu meledak saat dipakai. Sudah banyak orang yang menjadi korban dari meledaknya charger saat sedang dipakai.

4. Ganti baterai Hp

ganti baterai

Seperti yang kita ketahui, baterai tidak bertahan lama. Setelah beberapa tahun penggunaan, baterai pun menurun performanya. Semakin sering kamu mengisi daya baterai hp, semakin cepat baterai hp perlu diganti. Jika lifespan baterai kamu kurang dari 6 bulan maka kamu bisa mengklaim garansi baterai karena itu adalah kesalahan dari pabrik, namun jika lifespan baterai kamu lebih dari dua tahun, bisa jadi memang itu akhir dari daya tahan baterai kamu.

5. Beda charger, beda kemampuan charge-nya

beda charger

Charging dari socket selalu lebih cepat daripada lewat PC atau laptop karena port USB komputer tidak mengirim power yang cukup banyak. Socket di dinding bisa mengirim dua kali lipat kekuatan listrik untuk men-charge hp kamu. Jika hp tidak bisa di cas (charge), pastikan charger yang kamu pakai apakah sudah cocok atau memang kamu memakai charge lain. Selalu gunakan charger asli untuk hp kamu.

6. Update software Hp

software update

Untuk smartphone, pasti mendapatkan fitur software update. Update software terbaru pada Android bisa mengoptimasi jalannya OS pada Android kamu. Pada software terbaru biasanya perusahaan pembuat hp kamu menyematkan teknologi terbaru seperti Power Saving untuk ketahanan baterai hp kamu.

7. Kalibrasi baterai Hp

kalibrasi baterai

Dengan mengkalibrasi baterai Android, semua data-data dari hp yang tersimpan di "batterystats.bin" kamu akan terhapus dan membuatnya menjadi baterai baru.
0
160.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan