Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dickopurnomoAvatar border
TS
dickopurnomo
Akankah Indonesia Bubar?

JKW: "Modyar iki, piye dab?"

Dulu saya berfikir, dengan banyak membaca media akan membuat saya berilmu, pintar dan berpengetahuan luas. Maka saat itu saya wajib tiap hari baca koran sambil ngopi pagi, lalu beralih baca media online dan televisi.

Ternyata saya salah. Saya malah mengijinkan media menguasai diri saya, menguasai pikiran dan hati hingga lupa akan jati diri saya yang sebenarnya. Informasi sangat licin, tidak bisa saya kuasai. Malah justru sebaliknya, saya dikuasai informasi hingga ia memenjarakan pikiran saya.

Karena penasaran dengan hal ini, tahun 2014 saya pun nekad untuk mengorbankan kegiatan itu. Sudah 2 tahun lebih saya tidak nonton tv sama sekali, tidak baca koran blas, tidak baca berita media apapun. Ya hanya sesekali baca dan tonton untuk mencari sesuatu yang memang relevan dengan kebutuhan saya.

Ternyata benar, ilmu itu tidak datang dari media, ilmu datang dari dalam diri sendiri. ilmu adalah sebuah pola dalam obyek yang ketika obyek tersebut diganti, maka ilmu itu akan tetap berlaku. Benar-benar hal ini mulai saya rasakan akhir-akhir ini.

Memang tanpa media, tanpa kartu pers, saya bukanlah siapa-siapa. Sudah tidak ada pejabat maupun polisi yang bersikap sopan sopan takut kepada saya. Tapi dengan menjadi biasa, pemahaman akal saya lebih mendapatkan posisi ditengah. Karena di tengah itu ternyata nikmat, diapit itu nikmat. Tapi tetep, posisi menentukan durasi 😄 Seperti angka 7 yang mudah turun menjadi 5 dan mudah naik menjadi 9.

Kalau tidak karena temen-temen facebook yang share sesuatu di beranda, saya blank tidak tau sama sekali perkembngan info dari media usai demo kemarin.

Kalau itu tulisan pribadi, ocehan blog seperti ini, atau media lokal, boleh lah sesekali saya baca. Tapi kalau media media nasional, maaf judul pun tidak minat saya baca.

Diluar sepengetahuan ini Saya tidak berani menyalahkan siapapun, tidak berani juga membenarkan siapapun. Ya siapapun mereka, dari kalangan ataupun pihak manapun mereka, sungguh saya tidak berani ambil sikap. Karena saya tau, permasalahan ini sangatlah panjang, luas dan dalam. Lebih dalam dari saat dimana rambutmu ketemu rambutnya, kulitmu ketemu kulitnya, airmu ketemu airnya dan cintamu ketemu cintanya.

Saya menyebutnya “angin jakarta 4 november 2016”. Memang bukan hari biasa, bukan hanya soal-soal yang dipersoalkan di panggung panggung itu, di media media itu. Bukan hanya soal Ahok, bukan hanya FPI, HMI, Jokowi, Tax Amnesty apalagi Ahmad Dhani.

Apalagi penistaan ayat Allah, itu bukan lah akar masalah. Bukan asal-usul perkara. Itu hanya salah satu produk masalah globalisasi. Tahun 2012 Mbah Nun pernah berkata

“itu seperti seseorang terpeleset kakinya dan terjatuh menimpa orang-orang di sekitarnya. Masalah utamanya bukan terpelesetnya itu, melainkan ada jalan panjang yang licin”

Orang maiyah tau, bahwa sudah lama ada pergerakan antara hitam dan putih yang samar untuk merampok kekayaan indonesia dengan strategi awal yaitu merapuhkan para penghuninya. Penghuni utama Negeri ini adalah Ummat Muhammad terbesar di dunia. Maka paket utama dalam strategi itu adalah mengadu-domba ummat itu melalui UUD 2002, ulama, ustad, media sehingga penduduk Negeri ini menjadi rapuh, rentan dan lumpuh soliditas kebersatuannya.

Ya, sangat masuk akal. Dengan menggunakan 1 juta saudara-saudara kita yang sudah singgah di ibu kota kemarin, jangan lupa bahwa disisi lain masih ada lebih dari 299 juta saudara kita yang bingung karena ulah media. Mereka sibuk menyerap berita dan menelan langsung tanpa mengunyahnya. Apapun dimasukkan, mereka telan mentah-mentah. Kemajuan teknologi “Klik dan share “adalah sebuah domino effect yang powerfull yang dimanfaatkan para elit dunia.

Dhani pun katanya terseret seret. Lha kok nyebut presiden, nama dewa saja berani ia sebut bahkan ia kuasai. Para dewa dewa jadi bingung dan bilang pada saya, “kampret bocah kae, jenengku di nggo jeneng band”. Bahkan Mahadewi pun ia pakai. Sayangnya Maha Segalanya tidak pernah berkata “anjing”, karena anjing adalah mahklukNya yang mulia. Ya, Tuhan begitu Maha Mulia dan Maha Eman (sayang) sama si gundul yang satu itu.

Pernah nggak kalian berfikir, Apa mungkin negeri ini akan hancur ditahun 2016? atau 2018? atau 2024? atau 2038? Seperti orang orang meramalkan atau memprediksi. Atau malah tahun tahun itu cuma lewat saja? Seperti angin yang menggugurkan daun-daun itu.

Sungguh, aku pun tak tahu. Tapi kalau memang benar akan bubar, Aku sudah siap lahir dan batin. Sepertinya rakyat indonesia juga sudah siap, karena kita ini memang terlahir sebagai generasi manusia yang sangat kuat dari pada negara-negara lainnya. Namanya generasi milenial. Karena,
Spoiler for :


Dan masih banyak sekali hal-hal yang tak disangka dari kekuatan rakyat indonesia.

“Hai para negara negara penjajah, hai para kartel kartel dunia. Tunjukkan hidungmu! Jangan kau jadi pengecut saja. Tak semudah itu kau bisa robohkan kami rakyat indonesia. Nanti kau akan capek sendiri dengan apa yang kau lakukan kepada kami sejauh ini, bahkan sudah 600 tahun ini kau hanya bersembunyi saja”

“Sekaya apa sih Negeri ini sampai sampai kalian memperebutkan tanah kami? Dan merudapaksa kami tanpa henti dari pagi, siang hingga malam”

“Sejengkal tanah kau pajaki, sesuap nasi kau pajaki, apa tidak sekalian saja kami bayar denda untuk setiap tai yang kami keluarkan setiap hari. Juga membayar wajib setiap pipis dan tangis yang membasahi tanah kami ini. Ayo gpp wes, kami ikhlas. Kami sayang kalian, kami tidak akan memberaki dan mempipisi muka kalian”

Cuma kadang saya bingung. Ya Tuhan, sebenarnya yang gendheng itu saya atau mereka?

Seorang pujangga di kediri, keturunan sunan kalijaga, seorang pangeran yang hidupnya merdeka, pernah berkata kepada saya (dalam mimpi), bahwa suatu saat memang akan datang hari-hari dimana,

Quote:


Tulisan ini tidak perlu dipercaya, tidak perlu dibenarkan. Kalau disalahkan malah bagus, karena saya cuma tutur-tutur saja, ya anggap saja ini obrolan biasanya kita kalau lagi di warung kopi. Jadi tulisan ini langsung muncul begitu saja, otentik saat itu juga dan bisa berubah sewaktu waktu semau-mau hati dan pikiran saya. Semau Tuhan memberi petunjuk kepada saya.

Terimakasih, salam kekopian ☕😁

SUMBER KEKOPIAN
0
4.6K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan