mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Masjid dan Gereja di Sini Dicat Warna Kuning, Ada Apa? [NO SARA]


Welcome to my thread gan sist!

Spoiler for Sebelumnya:




Tau negara Kenya kan? Negara Kenya yang terletak di kawasan Afrika Timur ini beribu kota di Nairobi. Kenya memiliki jumlah penduduk 45 juta jiwa (di tahun 2014). dengan mayoritas penduduk Kenya merupakan umat Nasrani (83%) dan umat minoritas Muslim (11,2%) dan sisanya masih menganut kepercayaan tradisional.



Dari jalanan ramai di pemukiman Kibera sampai ke daerah pantai Mombasa, ada satu tren yang tumbuh di Kenya. Masjid-masjid di sana mengubah warnanya dari yang tadinya berwarna tradisional hijau, menjadi kuning. Begitu juga dengan gereja yang mengubah warna depan arsitekturnya menjadi warna kuning.

Ada apa ya?



Sebuah projek bernama Color in Faith digagas sebagai usaha untuk bersama-sama mengumpulkan komunitas beragama di Kenya. Projek ini awalnya dimulai oleh seorang seniman Kolumbia-Amerika, Yazmany Arboleda dan pasangannya dari Kenya, Nabila Alibhai. Bagi para pemimpin agama, warna kuning itu adalah sebuah simbol.

Menurut Uskup Rose Mungafu, warna kuning adalah warna matahari dan matahari menyinari semua orang. Gerejanya yang berada di Mombasa baru-baru ini bekerjasama dengan komunitas Muslim lokal untuk mengecat gerejanya berwarna kuning.



Mereka mengecat bersama untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa pemuka agamanya bisa bekerja sama sehingga umat Muslim akan tahu bahwa umat Kristiani merupakan saudara.



Color in Faith ini muncul seiring ulah kelompok teroris yang mengatasnamakan Islam bernama Al-Shabaab yang menyerang banyak umat Kristiani di Kenya. Kelompok tersebut diketahui menjadi dalang penyerangan di Universitas Garissa pada 2015 lalu yang menelan korban tewas hingga 148 orang dimana kebanyakan dari mereka adalah para mahasiswa yang tengah melakukan ibadah pagi.



Selama bertahun-tahun, polisi menuduh Masjid Musa di Mombasa sebagai lokasi radikalisasi dan rekrutmen anggota Al-Shabaab. Bahkan 2 tahun lalu, polisi menggerebek masjid, membunuh 3 orang, dan menangkap sekitar 130 jemaah di dalamnya. Akibatnya, orang-orang menjadi sangat ketakutan dan tidak berani beribadah di masjid. Kini, kekerasan telah mereda di Mombasa dan Masjid Musa mendapatkan aura baru dengan warna cat kuning cerah.



"Aku terus bertanya pada diri sendiri mengapa umat Muslim dan Kristiani terus berseteru ketika sudah hidup bersama-sama dalam waktu lama. Aku ingin mengecat masjid ini untuk menunjukkan bagaimana aku merupakan bagian dari komunitas dan untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami tak saling berbeda satu sama lain," ungkap Mohammed.

Sudah ada 9 masjid dan gereja yang telah dicat warna kuning di seluruh Kenya dan Arboleda mengatakan akan ada 40 rumah ibadah lagi yang menunjukkan ketertarikan untuk berpartisipasi dalam proyek Color in Faith.




Kalo toleransi antar agama selalu terjaga, pastinya negara kita tercinta ini selalu damai dan nyaman untuk menjadi rumah bagi ratusan juta warganya ini gan! Setuju kan? emoticon-I Love Indonesia


Sumur 1 Sumur 2 Sumur 3
0
57.4K
363
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan