Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

autis++idiottAvatar border
TS
autis++idiott
[startup idea & team hunting] Meally - Marketplace makanan rumah
Hai gan,

Ane ada ide kasar nih gan yang mungkin bisa direalisasiin jadi service yang menguntungkan. Jadi gini, idenya adalah membuat marketplace yang di khususkan bagi produk makanan rumah (kaya nasi, sayur, lauk, cake, dll). Target penjualnya ibu rumah tangga yang biasa masak buat keluarganya, atau siapapun yang hobi memasak di rumah. Sistemnya bukan seperti marketplace biasa. Kita coba adopsi dari sistem uber/gojek yang membroadcast request ride dari pelanggan. Nah kalau di meally, si penjual makanan yang membroadcast jualannya. Tampilan broadcastnya map-based, mirip kaya aplikasi Airy rooms. Jadi begitu kita buka aplikasi dan ingin cari penjual makanan terdekat, langsung keluar maps dengan posisi kita terkini dan pin/bubble di sekitar kita sebagai penjual makanan. Kalau pin/bubble itu ditap, akan muncul informasi makanan apa aja yang dijual, harga, foto, sampai review.

Pendaftaran Penjual
Karena transaksi akan terjadi secara langsung, maka kita akan sedikit adopsi dari gojek (go-massage). Untuk setiap penjual yang ingin mendaftar di layanan kita, harus melewati beberapa tahap seperti mengumpulkan data diri (KTP) dan menaruh uang deposit yang nantinya akan dikurangi setiap kali penjual akan online. Potongannya tetap. Kalau pada masa online tersebut penjual tidak juga mendapat pesanan, maka penjual masih akan tetap bisa online kembali pada lain waktu tanpa dipotong saldo.


Kemungkinan kecurangan
1. Setiap transaksi yang selesai akan tercatat berikut dengan feedback dan reviewnya. Semakin bagus feedback dan review, akan ada benefit2 yang penjual dapatkan dari perusahaan. Hal ini berfungsi utk meminimalisir kecurangan dengan tidak melakukan transaksi di dalam apps dengan cara apapun.
2. Untuk mengkonfirmasi kegagalan transaksi, harus dilakukan oleh kedua pihak, yaitu pembeli dan penjual.

Customer segment
Kita punya dua curtomer segment, yaitu penjual makanan dan pembeli makanan. Untuk penjual, kita targetin spesifik di ibu-ibu yang memang rutin masak buat keluarganya. Menurut ane sih gaada salahnya buat ibu tsb masak lebih untuk dijual dari rumah, hehe. Lalu bisa juga bagi siapapun yang hobinya masak dan mau tau gimana pendapat orang lain tentang masakannya. Atau bisa juga bagi calon entrepreneur muda yang mau berkecimpung di bidang kuliner, mereka bisa pakai service ini untuk survey feedback pelanggan. Nah, kalau dari sisi pembeli sebenernya sih ga terbatas ya, cuma kita targetin service ini bisa maksimal digunakan oleh penduduk perkotaan yang tinggalnya ngekos, baik mahasiswa ataupun orang kantoran.

Kira2 seperti ini business modelnya :



Lebih jelasnya disini:
Business Model Canvas


Sekali lagi, ane hanya melempar ide kasar, untuk detailnya bisa brainstorming bareng, hehe. Nah kalau ada yang berminat yuk bikin tim! Yang penting kumpul dan sevisi aja dulu, soal ide bisa berubah seiring berjalannya waktu. Oh iya, btw ane sendiri hacker, cuma lagi belajar hustler juga. Background ane java developer. Umur masih 22 emoticon-Malu (S)




email : ajis.aprl@gmail.com
Spoiler for whatsapp:

Diubah oleh autis++idiott 25-10-2016 13:20
0
2.9K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan