Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aasdfghjklAvatar border
TS
aasdfghjkl
[ASK]Build Libvirt(XEN) di CentOS 6.* atau 7.*
Langsung aja yaa gan ane mau nanya seputar paravirtualization (Xen) di CentOS.

Ane ada kerjaan dimana saat ini ane pegang(lanjutin) Server Environment (Virtualization). Sekarang OS Server masih pakai CentOS release 5.11 (Final), karena saat ini versi Centos sudah sampai 7 keatas dan dengan alasan takut ada vulnerable yang nantinya jika CentOS 5.* akan dilepas support dari XEN ane berniat migrasiin ke CentOS release 6.5 (Final).

Saat ini XenServer telah ada versi OS nya ane coba buat riset dan berhasil normal untuk create, install, migrate vps. Namun OS tersebut masih baru beberapa tahun release dan ditakutkan akan ada vulnerable atau pembatasan service untuk OS yang free (XS 6.5 free saat ini) ditahun-tahun berikutnya dengan pertimbangan efisiensi bajet buat minimalisir pengeluaran buy license ane berniat build manual (XEN, libvirt dan python-virtinst).

Karena sekarang buat CentOS 6.* dan 7.* keatas repository nya tidak support untuk XEN otomatis ane nginstall repository baru buat XEN see in (https://xen.crc.id.au/support/guides/install/ atau http://au1.mirror.crc.id.au/repo/)
Untuk install xen, libvirt, python-virtinst ane ikutin sumber ini (https://www.howtoforge.com/virtualiz...irtualization) dulu ketika pake CentOS 5.11 gak ada masalah dan success, namun saat ini ketika coba di CentOS 6.* atau 7.* ketika ngepatch dan compile libvirt.spec ane ada kendala.

Pertama: karena dari url tersebut xen yang digunakan dengan versi 4.1.2 dan jika ane ikut repository latestnya akan otomatis ke versi xen 4.2.5-20 ada error ketika kita ngecompile libvirt nya, suspect ane di patch yang digunakan, karena patch sesuai yang ane dapat (http://pasik.reaktio.net/xen/patches...ble-xen.patch) membutuhkan module/library xen-devel sesuai repository yg digunakan. dimana di xen-devel akan include dengan xen 4.2.50.

Kedua: ane udah coba buat install xen 4.1.2 dengan source (tarball) agar sesuai dengan versi xen yg digunakan url diatas namun hasilnya masih nihil ketika pada saat compile masih harus membutuhkan xen-devel dan akan conflict ketika kita coba install, satu-satunya cara yg ane tahu harus ada yg diuninstall xen nya (yg 4.1.2)

Yang jadi pertanyaan ane mungkin dikaskus ini pernah nemuin atau bahkan pernah ngalamin dan bisa ngeshare atau langkah" yg sekiranya bisa buat migrasi xen dari CentOS 5.11 ke CentOS 6.* atau 7.*, atau ada info url link repository yang masih include xen 4.1.2(agar patch nya bisa sama) karena repository saat ini(latest) mengacu ke xen 4.2.50.

Ane coba ngecompile libvirtnya tanpa coba dipatch hasilnya berhasil namun jadi tidak support untuk create dan install vps.

Spoiler for Error ketika compile libvirt.spec dengan patch:


Ane udah coba googling dan riset dari beberapa situs dan baca-baca dari forum xen namun hasilnya masih nihil, harapan terakhir ane mungkin dikaskus.

Sebelumnya maaf gan kalau tulisannya berantakan, dan makasih banget kalau agan mau komen atau bisa jadi bahan buat didiskusikan.

NB:untuk module/library udah ane pastiin harus nya gak ada yang kurang gan.
0
1.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan