pippothecatAvatar border
TS
pippothecat
Mengapa Kita Kehilangan Semua Kenangan Saat Masih Menyusu Ibu?
Siapakah yang masih ingat dengan masa-masa kecil saat menyusu ibu?

Memori, ingatan, kenangan, atau apapun namanya, bisa saja menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tanpa harus kembali ke masa lalu, kita hanya perlu mengingat peristiwa-peristiwa membahagiakan yang terjadi di saat kita masih kecil dulu.
Namun yang selalu menjadi pertanyaan adalah, mengapa kita tidak pernah bisa mengingat masa-masa dimana hidup kita masih sepenuhnya bergantung pada ASI?

Peneliti menemukan, pertumbuhan sel otak baru yang menghapus kenangan kita di masa kecil. Ketika usia seseorang bertambah, pertumbuhan sel baru secara efektif menimpa yang sudah ada. Alhasil, kebanyakan orang tak bisa mengingat apa yang terjadi ketika ia berusia dua atau tiga tahun.

Spoiler for otak:


Katherine Akers, pemimpin penelitian di Neurobiology Laboratory, Hospital for Sick Children, Toronto, bersama dengan rekan-rekan dari University of Toronto dan Fujita Health University di Toyoake, Jepang, menggunakan tikus dalam penelitian ini. Mereka menemukan mekanisme yang mendasari tak mengingatnya masa kecil dikenal dengan amnesia infantil, yang dipublikasikan dalam Jurnal Science.

"Kebanyakan kita biasanya tak ingat banyak hal tentang apa yang terjadi ketika berusia 2 atau 3 tahun," kata Akers seperti dilansir aaas.org

Akers mencontohkan, ketika anak berumur tiga tahun ia akan antusias menceritakan tentang perjalanannya ke kebun binatang. Tapi, begitu berusia 5 tahun ia tak mengingatnya karena kenangan tersebut begitu cepat dilupakan.

Menurutnya, hippocampus penting untuk memori dan ada beberapa penelitian yang menyebutkan neuron baru mungkin berkontribusi dalam membuat kenangan baru.

Peneliti percaya, dengan adanya neuron baru yang mengintegrasikan ke dalam hippocampus bisa memengaruhi kenangan yang ada. "Kami berspekulasi bahwa neurogenesis hippocampal tingkat tinggi pada dasarnya tidak kompatibel dengan penyimpanan kenangan yang stabil," katanya.

Paul Frankland, co-penulis laporan di Jurnal Science menjelaskan, temuan ini menunjukkan melupakan hal tertentu mungkin menjadi aspek penting dalam membentuk kenangan baru. "Kami berpikir bahwa sudah waktunya menerima gagasan bahwa melupakan adalah ha yang baik

"Anda tak ingin mengiisi kenangan yang tak berguna atau mencampur kenangan lama dengan yang baru. Anda tak ingin mengingat semuanya," kata Frankland.

Amnesia infantil

Untuk menjawabnya, kamu harus paham bahwa manusia normal tidak bisa mengngat kenangan apapun yang terjadi di awal-awal kehidupan, kira-kira sebelum 3-4 tahun. Ya, itu karena otak kita mempunyai kemampuan untuk melupakan masa lalu.

Spoiler for anak lupa:


Sel-sel baru menghapus memori yang tersimpan

Secara default, anak-anak akan membangun ingatan selama bertahun-tahun di awal kehidupan mereka. Namun seiring berjalannya waktu, otak mereka akan melupakan semua ingatan itu melalui mekanisme yang disengaja. Proses penghapusan ini terjadi ketika otak mulai tumbuh nerkembang, dimana sel-sel baru secara alami akan menghapus ingatan-ingatan yang sudah lama tersimpan.

Spoiler for anak:


Jadi, jangan heran mengapa kamu tidak pernah bisa mengingat kapan, bagaimana, dan berapa lama kamu menyusu ibumu, karena semua orang juga mengalami amnesia infantil yang sama.


Sumur:
Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for sumur photo:





Sekian dari ane bray, semoga menambah wawasan
Jangan lupa rate bintang 5 dan lempar 1+ cendol nya gan

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
Diubah oleh pippothecat 17-11-2016 07:18
0
13.8K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan