Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Asal-usul Flying Fox dan 5 Spot Paling Menantang di Indonesia
Flying Fox sebenarnya sering digunakan dalam istilah yang mengacu pada aktivitas yang menggunakan zip line (yang terdiri dari katrol yang digantungkan ke wire atau kabel baja) berskala kecil, yang biasanya digunakan untuk permainan anak-anak.

Flying Fox adalah istilah yang digunakan dalam Bahasa Inggris Australia dan Selandia Baru. Namun di negara ini, flying fox mengacu pada peralatan zip line profesional, sehingga skalanya lebih besar dari sekedar untuk permainan anak-anak. Di masa lalu, di pedalaman Australia, flying fox digunakan untuk mengantarkan makanan, rokok, atau alat-alat lainnya kepada orang-orang yang bekerja di sisi lain dari sebuah “hambatan” yang menjadi penghalang antara si pengirim dan si penerima, misalnya seperti sungai yang besar.
Spoiler for Open:

Di beberapa negara, istilah permainan adventureini berbeda-beda, seperti zip line, Sypline, aerial runway, aeiral ropeslide, death slide, atau foefie slide, dengan bentuk yang berbeda-beda pula. Untuk itu, permainan flying fox di Indonesia berarti diadaptasi dari yang berada di Australia.

Oh iya, tapi tahukah kamu sebelumnya bahwa sebenarnya Flying Fox adalah nama hewan? Dalam Bahasa Indonesia, hewan ini disebut kalong. Kata “kalong” seringkali digunakan alih-alih kelelawar dalam percakapan sehari-hari, walaupun secara ilmiah hal ini tidak sepenuhnya tepat, karena tidak semua kelelawar adalah kalong. Kalong terutama merujuk pada kelelawar pemakan buah yang berukuran besar. Seperti ini rupanya:
Spoiler for Open:

Flying=terbang, fox=rubah, maka secara literal artinya adalah rubah terbang. Dinamakan demikian mungkin wajah dari kalong ini berbentuk seperti rubah. Lalu mengapa permainan ini dinamakan persis seperti hewan ini? Mengapa tidak nama burung lain seperti elang, merpati, atau yang lainnya?

Hmmm.. Kemungkinan hal ini karena “rubah” yang satu ini bisa terbang sebab memiliki sayap. Maka seperti halnya “rubah” ini, kita pun manusiabisa terbang jika diberi alat bantunya untuk terbang. Namun perlu diingat bahwa hal ini hanyalah kemungkinan, maka ini hanya opini sendiri karena ane sendiri belum menemukan keterkaitannya dari sumber mana pun.


5 Spot Flying Fox Paling Menantang di Indonesia

Indonesia ternyata punya spot seru yang bisa bikin flying fox makin memacu adrenalin. Sembari traveling, nggak ada salahnya kamu mampir ke beberapa lokasi keren ini, bermain flying fox bakal terasa lebih mantap lagi deh. Spot-spot ini tidak kalah menantangnya dari yang berada di luar negeri, berikut 5 di antaranya:


1. Pantai Balekambang Malang
Spoiler for Open:

Pantai Balekambang yang terletak di kabupaten Malang sering banget disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang. Nah, selain bisa main air yang menyenangkan waktu liburan, kamu juga dapat menikmati serunya flying fox di sini, lho. Arena flying fox-nya di sini melintasi lautan! Tapi tenang, nggak tinggi-tinggi amat kok. Boleh dicoba deh buat kamu yang pengen kelihatan berani, tapi sebenarnya nggak berani-berani amat.


2. Pantai Taman Pacitan
Spoiler for Open:

Udah bukan rahasia lagi kalau Pacitan punya daftar pantai perawan yang pesonanya begitu memikat. Tapi, daya tariknya ternyata nggak cuma itu aja, lho. Ada spot flying fox sepanjang 400 meteryang bisa kamu temukan di Pantai Taman. Katanya sih, ini adalah arena flying fox terpanjang di Indonesia. Dengan ketinggian hampir 100 meter, kamu bisa menyusuri keindahan pantai Pacitan dengan kecepatan 50 km/jam cuma dalam waktu 30 detik! Gimana, berani mencoba?


3. Umbul Sidomukti Semarang
Spoiler for Open:

Kawasan wisata yang ngehits di Kabupaten Semarang ini menawarkan fasilitas flying fox yang sayang banget kalau nggak dicoba. Lintasannya sepanjang 110 meterdengan ketinggian minimal sekitar 70 meter. Jalurnya melintasi lembah menimbulkan sensasi tersendiri bagi penggunanya. Kamu bakal merasa seperti berpindah dari bukit satu ke bukit yang lain. Kamu juga bisa menikmati asrinya pemandangan alam di kawasan ini dari atas. Kayaknya seru ya?


4. Kalibiru Yogyakarta
Spoiler for Open:

Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta lagi populer banget beberapa waktu belakangan ini. Nah, lokasi ini memang menawarkan banyak kegiatan outdoor, mulai dari trekking sampai flying fox. Kalau flying fox-nya sendiri jalurnya nggak terlalu panjang, tapi tetap memicu adrenalin dengan ketinggian yang wow! Kamu bisa menikmati indahnya panorama pohon-pohon hijau dan perbukitan yang dijamin cakep bener.


5. Bandung Treetop
Spoiler for Open:

Lokasi yang satu ini sedang jadi tempat wisata yang sangat populer di Bandung. Para pecinta kegiatan outdoor di Jakarta dan sekitarnya pasti pada melipir ke spot yang satu ini buat refreshing. Bandung Treetop menawarkan wahana kegiatan outdoor yang lebih lengkap. Selain treetop, kamu juga bisa menjajal flying fox dari tempat ini. Nikmati sendiri keseruannya deh.

Gimana? Merasa tertantang? Ayo coba, mumpung di Indonesia!

Oh iya gan, kalo ada yang tau asal-usul flying fox yang lebih clearmohon quote ane ya gan emoticon-Smilie

Baca juga: Kuil Yasukuni: Kuil Paling Kontroversial di Jepang
Sumber: http://adventuretravel.co.id/asal-us...ox-dan-5-spot/

Diubah oleh andrianusho 09-10-2016 12:12
0
18.7K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan