CURAHAN HATI PARA DRIVER UBER MOTOR (CUSTOMER WAJIB MASUK)
TS
uqchui96
CURAHAN HATI PARA DRIVER UBER MOTOR (CUSTOMER WAJIB MASUK)
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE GAN!
Spoiler for Baca dulu gan:
Terima kasih telah mengunjungi Thread Nubi yang hina ini gan
Mohon maaf jika ada salah-salah kata ataupun terdapat kata-kata yang kurang dimengerti
Seperti judul Thread ini gan, ane disini akan menuangkan curahan hati ane sebagai Driver UberMOTOR (atau disebut juga Uber Partners / Mitra Uber)
Untuk yang belum tau apa itu Uber, mari lihat dibawah ini:
Spoiler for Uber:
Uber adalah perusahaan rintisan dan perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, California, yang menciptakan aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan. Perusahaan ini mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia. Mobil dapat dipesan dengan mengirim pesan teks atau memakai aplikasi bergerak khusus—pilihan terakhir juga bisa digunakan untuk melacak lokasi mobil pesanan pengguna.
Awalnya, para sopir Uber menggunakan mobil Lincoln Town Car, Cadillac Escalade, BMW 7 Series, dan Mercedes-Benz S550. Setelah 2012, Uber meluncurkan UberX, yaitu pengayaan jenis mobil agar terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Pada tahun 2012, Uber mengumumkan rencana perluasan operasinya yang mencakup tumpangan menggunakan taksi.
Pada bulan April 2016, Uber Indonesia memasukkan layanan UberMOTOR (atau sempat dikenal sebagai Black-JEK) di wilayah Jakarta untuk bersaing dengan pada pendahulunya. Sampai saat thread ini dibuat, UberMOTOR baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja.
Nah, setelah agan-aganwati tau apa itu Uber, dan layanan UberMOTOR, berikut ane ingin menyampaikan keluh kesah ane sebagai driver UberMOTOR. Berharap disini ada agan-aganwati yang merupakan Customer UberMOTOR, dan dapat lebih mengerti apa saja yang driver rasakan saat menjadi mitra Uber.
Berikut adalah beberapa curahan hati kami:
Spoiler for 1. Tarif yang sangat murah:
Uber memberlakukan tarif Uber Motor sebagai berikut:
Tarif Dasar: Rp. 1000,-
Tarif per KM: Rp. 1000,-
Tarif per menit: Rp. 100,-
Jadi misalkan agan-aganwati memesan Uber dengan jarak 5km dan ditempuh dalam waktu 15 menit, maka perhitungan tarifnya seperti ini:
Tarif Dasar: Rp. 1000,-
Tarif per KM: 5 (km) x Rp. 1000,- = Rp. 5000,-
Tarif per Menit: 15 (menit) x Rp. 100,- = Rp. 1500,-
Jadi, total yang ditagihkan kepada Customer adalah: Rp. 1000 + Rp. 5000 + Rp. 1500 = Rp. 7500,-
Memang, terlihat dari sisi Customer, harga diatas memang sangatlah murah, tetapi karena skema harga diatas, tak jarang driver mendapatkan "orderan iseng"dari para customer yang jaraknya bisa dibilang sangat pendek, sehingga tak jarang driver-driver sering mendapatkan tarif hanya Rp. 1500 (seribu lima ratus rupiah).
Spoiler for 2. Driver tidak bisa melihat tujuan penumpang:
Di Uber, driver tidak bisa melihat tujuan penumpang, sampai driver sampai di lokasi penjemputan dan melakukan Start Tripatau Mulai Perjalanan.
Seperti yang ane sebutkan di point 1, kesempatan ini justru dimanfaatkan oleh customer customer iseng. Ane pernah mendapatkan customer yang memesan Uber, padahal jaraknya sangat dekat, dan bisa dilalui dengan berjalan kaki. Alhasil ane hanya mendapatkan tarif sebesar Rp. 1500,- saja (padahal ane nunggu lumayan lama dan 2x telepon).
Juga tak jarang, kita mendapatkan order yang bisa dibilang cukup jauh. Hal ini juga dimanfaatkan oleh customer-customer yang mungkin tidak bisa memesan perjalanan diatas 25km pada jasa Ojek Online lainnya.
Singkat cerita, ane pernah mendapatkan orderan di Kelapa Gading, Jakarta Utara jam 23.30, dan ternyata ane harus mengantar customer tersebut ke Cileduk, Tangerang Selatan. Padahal rumah ane di daerah Sunter, Jakarta Utara.
Spoiler for 3. Skema insentif hanya berlaku di jam sibuk:
Skema insentif hanya berlaku di jam sibuk. Makanya tidak heran jika pada jam sibuk, ente dapat lebih mudah mendapatkan driver Uber. Walaupun harga yang ditanggungkan kepada customer sama saja, tetapi driver mendapatkan insentif / bonus dengan skema-skema tertentu.
Berikut adalah jadwal jam sibuk Uber:
Senin - Kamis: 05-09 (pagi), 16-21 (sore)
Jumat: 05-09 (pagi), 09-16 (siang), 16-21 (sore)
Sayangnya, mulai 26 September 2016, sampai hari ini, dimana thread ini dibuat, Uber memberlakukan skema baru, yang mana tidak bisa didapatkan di semua wilayah di Jakarta. Skema tarifnya pun berbeda-beda di setiap wilayah. Ada yang tidak mendapatkan insentif sama sekali, hingga mendapatkan insentif sebesar 1.6x. Hal ini menurut ane malah memberatkan driver, karena tak jarang driver "mental"ke wilayah yang tidak mendapatkan insentif.
Spoiler for 4. Customer menanyakan atribut:
Ini lagi yang seringkali dialami oleh teman-teman Driver Uber Motor.
Disini ane sedikit meluruskan tentang pandangan ane. Di Uber, kita tidaklah diperharuskan untuk mengambil (membeli) Atribut. Uber pun membebaskan kita untuk membuat atribut kita sendiri. Untuk mengambil atribut Uber, kita dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000,- per minggu yang akan dipotong secara otomatis di insentif mingguan kita. Deposit kita akan terpotong sebanyak 8x (8 minggu, 2 bulan), atau kira-kira sebesar Rp. 480.000,-. Disini, ane sebagai tenaga freelance dibidang kreatif dan entertainment, dan hanya pada saat waktu senggang, ane menjalankan Uber Motor. Ane (dan beberapa teman Mitra lainnya yang juga part time), sedikit merasa keberatan jika kita harus mengambil atau membeli Atribut Uber itu, sehingga banyak dari kita yang memilih untuk tidak mengambil atribut dari Uber.
Spoiler for 5. Tentang argo, dan kesalahan pada aplikasi:
Beberapa waktu yang lalu, Uber memberikan promo diskon 50% kepada customer-customernya. Pada saat awal-awal promo tersebut, tarif yang tertera pada Argo Uber, dan pada laporan perjalanan penumpang berbeda. Alhasil tak jarang kami mendapatkan sms atau telepon makian dari customer. Kita di cap sebagai driver yang tidak jujur dengan memberi tarif. Padahal tarif yang tertera di aplikasi Uber Driver, akan dikalkulasikan otomatis oleh sistem, dan kami tidak dapat merubahnya sama sekali. Dan kami juga tidak diperkenankan untuk menagih kurang, atau lebih daripada tarif yang tertera pada apilkasi.
Selengkapnya, agan-aganwati dapat menonton video ini:
Sebagai contoh, anggap ane mendapatkan penumpang yang bernama kucrut.
Saat ane menurunkan si kucrut di lokasi yang telah ditentukan, ane akan mengeluarkan handphone dan memperlihatkan argo kepada si kucrut. Harga yang tertera di Argo ane sebesar Rp. 16.000,- dan ane menagih sebesar Rp. 16000,- kepada kucrut.
Tetapi saat si kucrut mendapatkan notifikasi di emailnya, harga yang tertera hanyalah Rp. 8000,- dikarenakan discount 50%, lalu kucrut menghubungi ane melalui SMS, dan mengecap ane sebagai driver yang tidak jujur. Padahal ane telah mengikuti prosedur yang berlaku. Contoh kasusnya seperti ini: klik disini
Spoiler for 6. Biaya Pembatalan:
Setelah memesan Uber diatas 5 menit, agan akan dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp. 10.000,- jika agan membatalkan order. Dan biaya tersebut akan dikenakan pada perjalanan berikutnya. Banyak dari customer yang sudah melakukan pembatalan diatas 5 menit, namun tidak mau membayar biaya pembatalan tersebut. Imbasnya, deposit si driver yang akan berkurang Rp. 10.000,- karena Uber menganggap kita telah menerima biaya pembatalan dari customer. Saran dari TS, jika driver agan tidak dapat dihubungi dalam waktu 3 menit, dan GPS driver tidak menuju ke lokasi penjemputan, secepatnya agan untuk membatalkan orderan tersebut agar tidak terkena biaya pembatalan Uber. Sistem Uber akan mempertemukan customer dengan Driver yang terdekat dari lokasi penjemputan. Jika jarak driver ke penjemputan masih jauh, memang berarti Driver tersebut adalah driver terdekat dari tempat agan.
Spoiler for 7. Tentang rating, penerimaan dan pembatalan (masalah internal yang agan harus tau):
Disaat rating keseluruhan kita dibawah 4.5, maka akun Uber Driver kita akan dibekukan (banned).
Disaat rating mingguan kita dibawah yang telah ditetapkan, maka para Driver tidak akan mendapatkan Bonus / Insentif yang berlaku.
Disaat agan melakukan pembatalan, lalu memesan kembali dan mendapatkan Driver yang sama, maka secara otomatis rating Driver tersebut akan berkurang.
Disaat agan melakukan pembatalan, maka tingkat penerimaan panggilan driver tersebut juga akan berkurang.
Jika tingkat penerimaan mingguan Driver dibawah 60% (atau yang ditetapkan), maka driver juga tidak akan mendapatkan bonus mingguan.
Dan jika tingkat penerimaan mingguan driver sangat rendah, atau terlalu sering dibatalkan oleh customer, maka akun Uber Driver juga bisa-bisa dibekukan (banned) oleh pihak Uber.
Disini, Driver selalu kena imbasnya dan tidak pernah menang
Spoiler for 8. Pencairan Deposit (masalah internal juga):
Setelah dari Senin sampai Minggu kita mencari uang dijalanan, pada Senin tengah malam berikutnya akan dibuat rekapan mingguan oleh pihak Uber. Rekapan tersebut berisi jumlah uang cash yang kita dapatkan, bonus / insentif, dan pembayaran non cash (yang dilakukan oleh kartu kredit, kode promo, maupun hasil diskon). Lalu deposit tersebut akan ditransfer ke rekening kita masing-masing pada hari Kamis. Oleh karena itu, banyak driver yang tidak mau mengambil perjalanan yang menggunakan Kartu Kredit karena lamanya uang tersebut cair.
Nah, mungkin 8 point itu adalah jeritan hati utama para driver Uber Motor. Disini TS sebagai driver, dan tak jarang ts juga menggunakan jasa Uber Motor sebagai customer.
TS mempunyai beberapa pesan kepada Customer dan Driver UberMOTOR yang mungkin membaca thread ini.
Spoiler for Pesan TS kepada Customer:
Dear Customer yang baik hatinya.
Setelah membaca curhatan driver ini, kiranya kalian para Customer akan lebih bijak dalam menggunakan jasa UberMOTOR. Hargai setiap keringat yang kami keluarkan. Jangan menggunakan jasa kami dengan sembarangan dan sesuka hati. Pikirkan juga nasib kami, jika kalian para customer, melakukan order dengan sembarangan, membatalkan sesuka hati, bahkan lebih mirisnya lagi kalian menghina kami dengan kesombongan kalian. Kami hanya mencari sesuap nasi di jalanan. Terima kasih telah menggunakan dan mempercayai jasa kami. Tanpa kalian, kami tidak akan bisa mendapatkan rejeki.
Spoiler for Pesan TS kepada Driver:
Dear teman-teman Mitra Uber yang baik hatinya.
Kiranya kita tetap semangat dalam mencari rejeki. Jangan lupa berdoa sebelum kita melakukan perjalanan. Pamit kepada keluarga di rumah. Berikan yang terbaik dari kita kepada para customer. Belajar untuk bersyukur atas segala yang kita dapat dan kita miliki saat ini. Pekerjaan yang mungkin kita sia-siakan ini mungkin adalah pekerjaan yang orang lain inginkan. Salam UBER-ON, salam satu aspal!
Spoiler for Pesan TS kepada Kaskuser:
Dear KasKuser yang baik hatinya,
Mohon maaf jika ada salah-salah kata. Mohon di share kepada teman-teman agan-aganwati yang mungkin pelanggan setia Uber Motor. Jangan lupa juga untuk dan jangan in ane ya gan..
Sekian Thread ini ane buat, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang dimengerti. Jangan lupa share kepada teman-teman agan-aganwati yang mungkin pelanggan setia Uber Motor. Saya atas nama Driver UberMOTOR ingin meminta maaf jika perbuatan kami ada yang kurang menyenangkan saat agan-aganwati menggunakan jasa kami.
Jangan lupa juga untuk ya gan.. Ane nggak mengharapkan cendol, tetapi ane akan sangat berterima kasih jika agan ngisi kulkas ane dengan