Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MamanAvatar border
TS
Maman
Hadapi Persaingan Global Lewat Kolaborasi Bersama IDDC
Punya produk yang sangat bermanfaat? Belum tentu bisa laku di pasaran, kalau desainnya gak menarik dan mengikuti selera pasar Gan. Sebuah produk bisa aja memiliki fungsi yang sama, tapi produk yang sama bisa memberikan pengalaman berbeda jika desainnya berbeda. Hal itulah yang mendorong Kementerian Perdagangan membentuk Indonesia Design Development Center (IDDC)!



IDDC adalah wadah kolaborasi antara designer, pelaku bisnis serta akdemisi dalam menciptakan satu desain yang unik untuk produk dalam negeri agar mampu bersaing di kancah perdagangan internasional. Tujuannya agar kolaborasi tersebut bisa meningkatkan nilai jual produk karya anak bangsa.



Untuk itu, pada Kamis (20/09), Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Indonesia Design Development Center (IDDC), pada Kamis (29/9/2016) di Gedung kementerian Perdagangan, Jakarta Barat.

Acara dibuka dengan penampilan paduan suara dari Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan yang membawakan lagu Indonesia Raya dan Lagu Mars Perdagangan. Lalu tidak lupa berdoa untuk kelancaran acara.



Selanjutnya, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, P Arlinda meyampaikan laporannya mengenai IDDC. Menurut Ibu Arlinda, dalam menghadapi globalisasi dan segala implikasi nya, haruslah mengikuti arus tanpa menyangkal bahwa daya saing produk harus ditingkatkan. Secara konsisten Indonesia sudah menghasilkan trend pertumbuhan yang positif Gan. Salah satunya adalah dengan menciptakan desain yang kreatif dan inovatif sesuai trend dan selera pasar. Kerjasama kementrian perindustrian, dan kementerian umkm inilah yang mendoronng berdirinya IDDC sebagai wadah dalam upaya menciptakan produk desain berkualitas, bernilai tambah, dan berdaya saing.





Quote:




Dalam acara peresmian IDDC, Bapak Enggartiasto menyatakan IDDC ini diinisiasi oleh Rahmat Gobel, menteri perdagangan sebelumnya. IDDC sengaja didirikan sebagai ruang bagi anak bangsa berkreasi.

Quote:




Acara peresmian itu juga menampilkan produk-produk hasil kolaborasi desainer dan pelaku usaha yang berhasil menembus pasar internasional Gan. Salah satunya adalah produk "Lampu Contong", hasil kolaborasi Harry Maulana (desainer DDS) dengan CV Mekar Abadi yang berhasil memperoleh buyer dari Korea Selatan. Ada juga produk furnitur karya Abie Abdillah (desainer DDS) yang telah memperoleh kontrak dagang dengan buyer Amerika. Ketika mengikuti pameran Milan Design Week 2016, produk Abie mendapatkan lisensi dan dibeli Capellini, sebuah brand ternama dunia asal Italia milik Giulio Capellini, untuk ditampilkan di ruang pamer New York dan Milan.
Nah Gan, jika Agan ingin produk Agan bisa makin kece dan bersaing di pasar global, IDDC bisa jadi tempat sharing yang menyenangkan loh!

Meluncur aja ke tekape emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir2

website: iddc.kemendag.go.id
twitter: @id_designcenter
instagram: @id_designcenter
facebook: Indonesia Design Development Center



Diubah oleh Maman 06-10-2016 08:46
0
36.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan