fogaAvatar border
TS
foga
6 Argumen Kenapa Aktivis HAM Menolak Hukuman Mati





Sebelumnya, terimakasih yang udah ngasih cendol gan emoticon-Cendol (S)


Quote:


Menurut buku "The Better Angels of Our Nature" tulisan Steven Pinker, semakin modern perkembangan zaman, jumlah kekerasan cenderung berkurang, hal ini menunjukkan bahwa manusia semakin lama semakin beradab. Hal ini berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya ketika jumlah kekerasan terhadap wanita dan hukuman mati bagi penjahat masih begitu tinggi. Tak hanya seribu tahun yang lalu, seratus tahun yang lalu saja seorang pencuri bisa dihukum gantung. Apalagi zaman romawi dan zaman-zaman sebelumnya, kita bisa menemui mayat para penjahat bergeletakan di sepanjang jalan. Namun kini, hal-hal macam itu sudah berkurang.

Beberapa tahun terakhir, para aktivis HAM juga menuntut supaya pemerintah di semua negara di dunia supaya menghapuskan hukuman mati. Bersamaan dengan itu pula, beberapa negara di Eropa pun mulai menghapuskan hukuman mati. Para aktivis HAM pun memprediksi bahwa seratus hingga seribu tahun lagi, hukuman mati akan hilang sama sekali dari kamus hukum umat manusia. Sejalan dengan pemikiran Steven Pinker bahwa semakin beradab manusia, semakin berkurang kekerasan yang dilakukan oleh penjahat maupun terhadap penjahat.

Namun di saat yang sama, banyak pula orang konservatif yang tidak setuju dengan pendapat para aktivis HAM. Mereka berpendapat bahwa hukuman mati dapat menjadi semacam ancaman bagi penjahat lain supaya tidak melakukan kejahatan serupa. Hingga mereka bertanya-tanya, kenapa aktivis HAM mau menghapus hukuman mati? Apa alasannya? Nah, itu yang mau ane bahas disini. Berikut beberapa alasan kenapa aktivis HAM menolak hukuman mati.

1. Hukuman Mati Tidak Mengurangi Tingkat Kriminalitas

Setelah melihat statistik negara-negara yang memberlakukan hukuman mati seperti China dan Iran, justru tingkat kriminalitasnya cenderung meningkat, aktivis HAM menyimpulkan bahwa tidak ada korelasinya antara jenis hukuman dengan menurunnya tingkat kriminalitas. Yang berkorelasi erat dengan menurunnya tingkat kriminalitas adalah taraf ekonomi dan tingkat pendidikan, bukan jenis hukuman. Kalau taraf ekonomi dan tingkat pendidikan diperbaiki, maka tingkat kriminalitas pun akan menurun.

2. Semua Orang Pada Dasarnya Baik

Aktivis HAM percaya bahwa semua orang pada dasarnya baik, tidak ada orang yang sejak kecil bercita-cita ingin jadi pramuria, perampok, atau pembunuh, semua anak kecil pasti bercita-cita untuk jadi presiden, pilot, guru, dan lain sebagainya.

3. Faktor Lingkungan dan Keadaan

Lalu kenapa ketika dewasa mereka malah menjadi penjahat? Alasannya simpel, lingkungan dan keadaan. Lingkungan dan keadaan adalah faktor yang membentuk seseorang untuk menjadi orang baik atau orang jahat ketika mereka dewasa. Jadi, bila ingin mengurangi tingkat kriminalitas, pemerintah harus fokus memperbaiki lingkungan yang selama ini menjadi pabrik para penjahat, bukan malah fokus menyiksa penjahat. Karena menyiksa dan membunuh penjahat tidak akan menghentikan atau mengurangi lahirnya penjahat-penjahat baru.

4. Hukum Harusnya Konstruktif, Bukan Destruktif

Mungkin kita akan berkata, tapi si penjahat juga harus menerima hukuman dong atas perbuatannya! Ya, betul, tapi hukuman yang diperlukan adalah hukuman yang mendidik, hukuman yang bisa membuat mereka sadar dan insyaf, bukan hukuman yang membuat dia mati.

5. Hukum Bukan Ajang Balas Dendam

Lalu kita akan berkata lagi, tapi korban yang mereka bunuh juga mati, maka si pelaku juga harus mati dong! Aktivis HAM memiliki pandangan bahwa hukum itu berguna untuk meluruskan yang bengkok, memutihkan yang hitam, membangun yang roboh, bukan sebagai ajang balas dendam yang tidak ada faedahnya. Apakah dengan membunuh si pelaku, maka korban akan hidup lagi? Jika dengan membunuh si pelaku, maka korban akan hidup lagi, maka itu lebih baik dilakukan karena utang nyawa dibayar nyawa. Tapi faktanya, dengan membunuh si pelaku, korban takkan hidup lagi, justru kita akan melipatgandakan jumlah orang meninggal.

6. Utang Nyawa Dibayar Nyawa

Jika agan utang 1000 rupiah ke ane, maka agan harus mengembalikan 1000 rupiah itu ke ane, bukan malah menyobek 1000 rupiah punya agan sehingga kita sama-sama kehilangan 1000 rupiah. Begitu pun ketika agan menghilangkan nyawa orang lain, agan membayarnya bukan dengan menghilangkan nyawa agan sendiri sehingga agan dan korban sama-sama kehilangan nyawa. Agan memang tak mungkin mengembalikan nyawa korban, namun agan bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Aktivis HAM berpendapat, para penjahat harusnya dibuat insyaf, lalu diberi keterampilan (misalnya keterampilan medis), lalu ia dihukum seumur hidup supaya menggunakan keterampilan itu untuk menyelamatkan nyawa orang miskin yang sedang sakit secara gratis, sehingga setelah ia menghilangkan 1 nyawa ia bisa membayarnya dengan menyelamatkan 1000 nyawa orang miskin secara gratis, bukankah itu lebih bermanfaat? Daripada menghilangkan 1 nyawa dibayar juga dengan menghilangkan 1 nyawa lagi, jadi ada 2 yang hilang nyawa. Kan konyol.

7. Tingkat Salah Tangkap Masih Tinggi

Di Amerika Serikat, ada sekitar 15-20% kasus salah tangkap. Di Indonesia pun cukup banyak kasus salah tangkap yang diekspos media beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang sudah ditahan beberapa bulan sampai beberapa tahun lalu dibebaskan karena pelaku aslinya baru tertangkap. Nah, gimana kalau korban salah tangkap ini udah dihukum mati duluan? Apakah nyawa dia bisa dikembalikan kalau ternyata dia salah tangkap? Well, manusia bukan Tuhan yang tahu segalanya dan berhak merenggut nyawa seseorang. Jika kita ingin menunjukkan bahwa membunuh itu salah, ya kita juga jangan membunuh. Mana mungkin kita menunjukkan bahwa membunuh itu salah dengan cara membunuh juga.

Untuk Membalas Komenan Agan-Agan, Ane Udah Kasih Respon :
- Respon 1
- Respon 2
- Respon 3
- Respon 4
- Respon 5
- Respon 6
- Respon 7
- Respon 8

Semoga mewakili semuanya gan...



Diubah oleh Kaskus Support 03 19-01-2017 08:14
kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
1
68.6K
800
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan