matt.gaperAvatar border
TS
matt.gaper
Siapa ‘influencer’ media sosial yang dukung Ahok, Anies, atau Agus?
Belum sampai seminggu sejak seluruh nama pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta diumumkan ke publik, mereka yang sering disebut sebagai ‘influencer’ di media sosial, mulai terang-terangan menunjukkan dukungan terhadap masing-masing pasangan calon.

Sebut saja penulis dan motivator Rene Suhardono lewat akun Twitternya @ReneCC, yang memperlihatkan sokongan kepada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Akun dengan lebih 150.000 pengikut itu mencuit bahwa Anies mampu memimpin Jakarta, “dan dia bisa menggerakkan banyak pihak.”


Namun, dukungan paling masif terhadap Anies, tampak dari cuit-cuitan penyiar dan komedian terkenal Pandji Pragiwaksono, yang akun Twitternya, @pandji, memiliki lebih 897.000 followers.

Dukungan ini pertama kali diperlihatkan Pandji lewat tulisannya di blog pandji.com yang memaparkan mengapa dia memilih Anies. Cuitan Pandji terkait blog tersebut sekaligus tautannya, telah di-retweet lebih 400 kali, dan di-like lebih 225 kali.



Di salah satu bagian tulisan, Pandji menyebut “Saya akan dukung Mas Anies maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Saya pastikan ini akan menjadi perjuangan paling berat seumur hidup saya terjun ke dalam politik praktis.”

Tulisan Pandji ini mendulang respons beragam dari netizen. Citta Nandini dengan akun Twitter @cittanandini menyebut tulisan Pandji membuatnya “jadi bimbang” menentukan cagub-cawagub pilihannya.
Sementara akun @Deda_Pistolero menyatakan meskipun senang dengan pernyataan-pernyataan si penulis, dia tetap “tidak suka” Anies Baswedan.



Salah satu kritikan paling keras terhadap Pandji dilontarkan pendukung terang-terangan pasangan Ahok-Djarot, Mohamad Guntur Romli, yang akunnya, @GunRomli memiliki lebih 92.000 pengikut.

Di salah satu cuitannya, Guntur menyebut Pandji sekarang “sudah satu barisan dengan Jonru”, yang dikenal netizen sebagai haters Jokowi dan Ahok, dan pendukung Prabowo pada pilpres 2014.
Seperti diketahui, Anies-Sandiaga turut diusung Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo. Sementara saat pilpres, Pandji berada di pihak Jokowi.

Sementara itu, komposer musik Addie MS ikut memperlihatkan dukungan kepada pasangan Ahok-Djarot. Terbukti, cuitannya tentang simpatinya terhadap Ahok, di akunnya @addiems yang punya lebih satu juta pengikut, telah di-retweet lebih 100 kali.
Agus 'unggul' di media online

Berbeda dengan dua saingannya, pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, tampak belum memiliki pendukung ‘influencer’ di media sosial.
Padahal, menurut Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, cuitan influencer di media sosial tersebut “akan berpengaruh, karena di media sosial orang bisa membentuk persepsi.”

sumber

persaingan semakin ketat
0
6.8K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan