Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valeririAvatar border
TS
valeriri
Mahasiswa D3 Kenapa Harus Minder? 4 Hal Ini Justru Patut Disyukuri

sv.ugm.ac.id


Salah satu kelemahan kita sebagai manusia adalah, senang menilai segala sesuatu hanya berdasarkan status atau gelar. Hal inilah yang sering menimbulkan tekanan dalam hubungan sosial masyarakat, Gan. Gak heran, mental kita jadi lemah sehingga mudah merasa minder atau gak pede.

Contoh paling mudahnya bisa kita lihat di dunia pendidikan. Baik itu perbandingan antara anak IPA dan IPS, mahasiswa PTN dan PTS, atau seperti yang mau ane bahas, mahasiswa D3 dan S1.

Program kuliah D3 yang sering ‘direndahkan’ ternyata berhasil bikin para mahasiswa dan lulusannya merasa minder. Padahaal, ada banyak lho hal yang patut disyukuri dengan status tersebut. Berikut di antaranya, Gan!



1. Lebih banyak praktik



www.isigood.com


Mahasiswa D3 benar-benar dipersiapkan supaya punya keterampilan layaknya seorang tenaga ahli. Karena itu, selama kuliah mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk praktik di lapangan ketimbang dengerin dosen di kelas. Dosen-dosennya juga merupakan praktisi di bidang yang diajarkan. Nah, karena kelebihan ini gak dimiliki sama lulusan S1, mereka jadi punya poin plus di mata perusahaan.

2. Lulus lebih cepat




uiupdate.ui.ac.id


Perkuliahan untuk program D3 atau vokasi di perguruan tinggi cuma memakan waktu tiga tahun, Gan. Karena lulus lebih cepat dari mahasiswa S1, mereka pun punya kesempatan lebih awal untuk dapat kerja dan menghasilkan uang sendiri. Apalagi mereka udah unggul dari segi pengalaman praktis. So, bukan cuma cepat lulus, Gan. Keterampilan lulusan D3 juga lebih diperhitungkan.

3. Peluang kerja yang besar


okezone.com


Kalau ada yang bilang lulusan S1 lebih gampang dapat kerja daripada lulusan D3, jangan percaya, Gan! Lulusan D3 juga punya peluang yang sama besarnya kok. Bahkan lulusan D3 kedinasan lebih beruntung lagi. Mereka udah dijamin langsung kerja di perusahaan tertentu.

Nah, kalau Agan merasa kebanyakan lowongan cuma dibuka untuk lulusan S1, berarti Agan masih kurang menggali sumber info lowongan tuh. Karena kalau ane telusuri di sini, ada cukup banyak kok kesempatan kerja buat lulusan D3. Bahkan SMA/SMK juga.


4. Berkesempatan disekolahkan


www.esaunggul.ac.id


Lulusan D3 memang belum punya gelar sarjana. Tapi mereka gak perlu khawatir, karena kesempatan untuk melanjutkan ke program S1 Ekstensi terbuka lebar. Bahkan mereka juga bisa disekolahkan sama perusahaan tempat kerjanya lho. Kalau begitu kan gak perlu pusing-pusing lagi mikirin biaya.

emoticon-I Love Indonesia


Percaya deh, Gan. Gelar bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan seseorang. Selama kita berusaha keras dan diiringi kepercayaan diri yang tinggi, status sebagai lulusan D3 justru akan membawa keberuntungan!

0
2.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan