Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

davis166Avatar border
TS
davis166
Di Balik Senyum Manis Pramugari, Ini yang Mereka Lakukan Saat Darurat
Apa yang ada di pikiran Agan jika melihat pramugari? Wajah cantik, tampil anggun, senyum ramah, hidup enak dengan gaji besar, belum lagi bisa keliling dunia gratis...



Tapi kebayang gak sih, apa yang sudah mereka lalui untuk bisa jadi pramugari. Pekerjaan pramugari setiap harinya harus menghadapi berbagai tantangan, sehingga seorang pramugari harus menyiapkan mental yang kuat sejak masih training. Setiap hari terbang di ketinggian membuat mereka harus siap dengan berbagai kejadian tak terduga, salah satunya adalah mempersiapkan diri untuk skenario pendaratan darurat.

Saat pesawat mengalami masalah dan terpaksa mendarat di air, tentu para pramugari menjadi garda terdepan yang membantu proses evakuasi. Pendaratan di air juga butuh perisiapan yang gak mudah Gan. Yuk kita simak dulu beberapa proses yang harus dipersiapakan.

1. Memastikan life vest terpasang



Saat pesawat akan melakukan pendaratan darurat di air, tentu memasang life vest, atau pelampung. Sebelum terbang pramugari memang sudah menjelaskan mengenai cara pemakaian pelampung yang benar. Meski kadang-kadang kita tidak memperhatiakn dengan seksama, padahal hal ini sangat penting untuk diketahui

2. Membuka pintu darurat



Setiap pesawat terbang punya pintu-pintu darurat yang hanya digunakan saat kondisi darurat. Salah satunya adalah pintu darurat di area tengah pesawat. Posisi pintu darurat adalah posisi yang penting di pesawat. membuka pintu darurat itu gak gampang Gan. Pintunya cukup berat sehingga hanya orang yang capable yang bisa membukanya. Dalam sebuah penerbangan, biasanya sudah ditunjuk awak kabin yang bertugas membuka pintu tersebut Gan. Jadi saat keadaan darurat, orang tersebut sudah tahu apa yang harus dia lakukan.

3. Membuka escape slide




Escape slide atau evacuation slide, atau ada juga yang menyebut slide raft, itu adalah alat evakuasi yang bentuknya kayak seluncuran, bentuknya bisa mengembang otomatis ketika terisi udara. Untuk evakuasi memakai slide raft ini pramugari juga dibekali pengetahuan mengenai cara-cara yang aman untuk meluncur dengan cepat saat darurat. Biasanya di kelas praktek saat training pramugari, mereka diajarkan cara meluncur dengan aman di slide raft, serta menginstruksikan orang-orang untuk meluncur.

4. melakukan evakuasi penumpang




Saat semua penumpang sudah berada di air, selanjutnya pramugari juga sudah dilatih untuk melakukan evakuasi. Saat di laut, kita mungkin menemui berbagai situasi, dari mulai derasnya arus, situasi panik, dan sebagainya. Untuk itu penting agar penumpang tetap bersama. Pada tahap ini pramugari akan membantu mengarahkan para penumpang untuk saling berpegangan dan menjaga satu sama lain dan mengarahkan ke life boat (perahu karet untuk keadaan darurat)

5. menyalakan flare untuk meminta bantuan



Langkah yang tak kalah penting adalah menyalakan flare. Flare itu semacam kembang api yang memang sudah disiapkan untuk keadaan darurat, flare ini semacam sinyal untuk meminta bantuan, dan untuk menunjukkan lokasi keberadaan para korban.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan pramugari dalam menghadapi pendaratan darurat di air Gan. Gak heran ketika training, para pramugari juga digembleng dengan keras hingga membentuk mental yang kuat. Meski terlihat manis dan tersenyum di hadapan kita, mereka mengemban tugas yang berat dalam setiap penerbangan yang mereka lalui.
emoticon-Cipokemoticon-Cipok emoticon-Cipok

sumber dan gambar: dari kakak ane yang lagi pelatihan pramugari di Lion City Balaraja




0
4.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan