Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ngasongdropshopAvatar border
TS
ngasongdropshop
Tips & Trik Jualan via BBM - Part 3 : Strategi Produk & Promosi


Hallo Sobat Dropshipper! Mana suaranyaaa? emoticon-Wink

Admin mau ngelunasin janji untuk share info tentang Tips & Trick Jualan via BBM yang terakhir kali baru admin share sampai part 2 nih.

Ada yang masih inget nggak? Atau udah lupa? emoticon-Frown Hmmm… Ada yang penasaran dan mau baca lagi part 1 dan part 2-nya?

*Klik disini untuk baca Tips & trick jualan via BBM (Part. 1) dan
*Klik disini untuk baca Tips & trick jualan via BBM (Part. 2)

Kali ini admin akan share ke semua rekan dropshipper tips & trick lanjutannya, yaitu Tips & Trick Jualan via BBM (Part 3)!

Beberapa tips & trick di part ke-3 ini cukup vital dan cukup berpengaruh terhadap kredibilitas Sob semua sebagai seller, khususnya online seller. Jadi, mesti sediain waktu luang untuk sejenak buka group Dropship Torch dan baca tips & trick jualan via bbm (part. 3) ini, barangkali ditemani secangkir kopi atau teh hangat dan tak lupa cemilan yang bisa bikin momen ini jadi pas banget untuk bersantai sambil nambah pengetahuan. Admin nggak saranin Sob yang kerja untuk nyuri waktu kerjanya buat baca artikel ini, karena nantinya Sob bisa susah untuk fokus emoticon-Wink

Langsung saja, berikut Tips & Tricknya! Simak ya emoticon-Wink

1. Pahami Product Knowledge! Apa itu product knowledge? Singkatnya, product knowledge ialah pengetahuan Sob akan produk-produk yang Sob jual. Mulai dari kualitas bahan, harga, kelebihan dan kekurangan, fitur dan lain sebagainya. Sehingga ketika ditanya ini-itu oleh customer, Sob sudah hafal dan paham harus menjawab apa agar nantinya mudah dimengerti customer dan tidak menimbulkan pertanyaan-pertanyaan lain yang diluar dugaan atau out of topic.

Usahakan jangan dulu memulai jualan saat product knowledge Sob masih minim ya, bisa berabe nantinya, Sob bisa kelabakan dan customer nggak jadi beli deh emoticon-Big Grin

Kenapa pengetahuan produk menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam berjualan?

Beberapa diantaranya adalah karena bisa meningkatkan kredibilitas Sob sebagai seller, meningkatkan kepercayaan atau “trust” dari para customer dan menunjukkan bahwa Sob merupakan seller yang fast response! (fast response disni maksudnya Sob cepat tanggap dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan calon customer, ini penting lho! Customer itu berbeda-beda tipenya, tidak sedikit yang malas nunggu lama dan ‘mudah emosi’ kalau status chat bbm sudah ‘R’ tapi dibalasnya satu tahun, hehe).

Khususnya untuk product knowledge Torch mulai dari bahan, fitur, garansi dan lain sebagainya, Sob bisa cek di official web Torch di www.torch.id atau klik satu-satu link berikut ya: www.torch.id/our-story www.torch.id/product-features www.torch.id/warranty www.torch.id/store-location

Atau selain cara diatas, Sob boleh juga langsung menghubungi Customer Service ya emoticon-Wink

2. Perhatikan Frekuensi Ganti DP (Display Picture) dan PM (Personal Message) Perhatikan frekuensi ganti DP dan PM bbm, jangan terlalu sering dan juga jangan terlalu jarang. Sesuaikan dengan jumlah produk yang dijual dan atensi calon customer terhadap produk kita.

  • Gantilah DP dan/atau PM 2-5 kali sehari (sesuaikan dengan arrival customer di bbm kita ya Sob! emoticon-Wink)
  • Jeda antara pergantian status sekitar 2-4 jam.

Satu hal lagi yang sangat penting di poin ini, jangan lupa dianalisa! Setiap ganti DP dan/atau PM, hitunglah jumlah respon yang masuk (arrival).

Dari sini kita dapat mengetahui kapan dan seperti apa konsep DP/PM yang disukai calon customer. Atau pun sebaliknya, saat respon mulai sedikit dan arrival mulai sepi, disitu kita bisa mengganti konsep DP dan/atau PM atau bahkan kita bisa ubah waktu pergantian DP dan/atau PM, barangkali sepi arrival disebabkan karena Sob mengganti DP/dan atau PM di waktu yang kurang tepat.

Pilihlah waktu yang tepat, misalnya saat jam makan siang (12.00-13.00), sore hari (16.00-18.00) atau saat santai di malam hari (20.00-22.00).

2. Buat Group BBM untuk Loyal Customer (Pelanggan Setia) Seperti yang kita tahu bahwa BBM Group memiliki kapasitas anggota yang terbatas, serta tidak jarang yang mengeluh bahwa BBM Group ini bikin ‘lemot’, maka lebih baik putuskan bahwa BBM Group tetap harus dibuatnamun untuk tujuan khusus, yakni khusus untuk Pelanggan Setia, Reseller/Agen, Dropship atau jenis customer lainnya.

Hal ini ditujukan agar pelanggan setia kita merasa kalau mereka istimewa dan memiliki sarana eksklusif yang diberikan oleh seller sehingga nantinya sulit untuk berpaling ke lain hati dan tetap setia menjadi pelanggan kita.

Jika ada promo ataupun produk terbaru, sangat disarankan untuk mendahulukan informasi ke pelanggan setia kita, kenapa? Karena dengan cara ini, loyal customer akan semakin merasa diakui, dihargai dan dianggap eksklusif oleh Sobat Dropshipper semua.

Coba deh lakuin tips yang satu ini dan lihat sendiri hasilnya emoticon-Wink

3. Broadcast Message Apa itu Broadcast Message? Pastinya Sobat Dropshipper sudah sangat tahu dengan fitur bbm yang satu ini.

Yup! Broadcast Message atau biasa disingkat BM ini adalah fitur chat yang dapat dikirim ke lebih dari satu penerima, bahkan semua penerima yang terdapat di kontak Blackberry Messenger (BBM) kita.

BM akan sangat berguna jika ada informasi penting yang harus kita sampaikan ke calon customer, misalnya promo, update stok, update harga dan lain sebagainya.

Selalu perhatikan beberapa hal dibawah ini saat mengirimkan BM di bbm:

  • Jangan terlalu sering mengirimkan BM! Resiko di ‘delcont’ (delete contact) oleh calon customer yang risih karena kita terlalu sering mengirimkan BM cukup tinggi Sob. Sehari cukup 1x BM.
  • Isi BM jangan terlalu panjang, calon customer malah akan langsung meng-‘end chat’ bbm kita sebelum selesai membacanya. Pastikan isi BM singkat, padat dan jelas namun tetap informatif, biasanya 5-6 baris saja (sesuaikan dengan kebutuhan).
  • Waktu terbaik BM adalah saat “istirahat” kerja atau prime time, biasanya:
  • Jika target konsumen kita Ibu Rumah Tangga, waktu terbaik untuk mengirim BM adalah saat mereka selesai menyelesaikan pekerjaan rumah seperti memasak atau membereskan rumah (kurang lebihnya setelah pukul 10.00 Pagi)
  • Jika target konsumen kita Anak Sekolahan, maka waktu terbaik untuk mengirimkan BM adalah saat mereka pulang sekolah (kurang lebih setelah pukul 14.00/15.00)
  • Jika target konsumen kita Mahasiswa/’anak kuliahan’, maka waktu terbaik untuk mengirimkan BM adalah saat jam makan siang (12.00-13.00) atau sore hingga malam hari (17.00-22.00)
  • Jika target konsumen kita Bapak-bapak/Wanita Pekerja, maka waktu terbaik untuk mengirimkan BM adalah saat jam makan siang (12.00-13.00), menjelang pulang kerja (16.00-17.00) atau saat istirahat santai malam hari dirumah (18.00-21.00)

Selesai!

Gimana? Paham kan? Jangan lupa dicoba tips and trick nya satu per satu ya, dan lihat hasilnya emoticon-Wink Sharing juga disini, agar bisa diskusi bareng rekan dropshipper lainnya emoticon-Big Grin

Bagi yang bingung mau jualan apa? Ayo mulai jualan tanpa harus memiliki produk sendiri. Daftar di Mahanesia.com, setiap orang bisa menjadi reseller dan memiliki toko online sendiri.

Sekian tips & trick jualan via bbm part ke-3 yang admin share dikesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk Sob semua dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya emoticon-Wink, insya allah di lain waktu admin share part-part selanjutnya.

Salam semangat dan selamat berjualan!! emoticon-Wink


sumber: blog.mahanesia.com
Diubah oleh ngasongdropshop 20-08-2016 07:31
0
1.3K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan