seemore.Avatar border
TS
seemore.
[ASK] Bagaimana Mengelola & Meningkatkan Performa Akses Database SQL Server 2012
NOTE
Sebelumnya ane minta maaf kalau seandainya tulisan thread ini berantakan. Perkenalkan nama ane (sebut aja FAM) hanya seorang tukang ulik software dan sering ngetik kode aneh. Udah cuma segitu.

SINGKAT CERITA
Ane develop software di perusahaan (retail), sistem yang ane develop sudah beroperasi selama 2 tahun. Ane bangun sistem ini menggunakan database SQL SERVER (tepatnya versi 2012 Enterprise). Setiap hari data terus bertambah sekitar 50.000 s/d 100.000 RECORD dan diakses oleh lebih dari 30 user. Bulan-bulan sampai satu tahun pertama sistem berjalan lancar, hanya saja setelah lebih dari satu tahun mulai banyak kendala yaitu MULAI MELAMBATNYA AKSES DATA DARI USER KE SERVER. Setiap hari ane maintain dengan cara TRUNCATE LOG (mengecilkan log database), RE-BUILD INDEX (apabila fragment lebih dari 50%) dan RE-ORGANIZE INDEX (apabila fragment masuk ke 40%). Terus terang, sampai saat ini ane terus mencari dan belajar bagaimana mengelola dan meningkatkan performa akses database (BIG DATA).

INTI PERMASALAHAN
Dengan data sebanyak itu, di akses oleh 1 - 5 user tidak akan terasa lambat. Akan tetapi apabila diakses oleh lebih dari 10 user, mungkin terjadi TIMED OUT. Salah satu kueri yang cukup memakan waktu adalah proses kalkulasi data penjualan harian/bulanan. Ane sudah pantau dari sisi index, tapi tetap saja lambat jika diakses oleh banyak user. Untuk spesifikasi server: HP Proliant Gen8, 16GB RAM, SAS Drive (15K).

PERTANYAAN
1. Bagaimana akses/proses lambat tersebut bisa terjadi, padahal dari sisi index/struktur database sudah cukup?
2. Apakah metode partisi tabel (data di partisi bulanan) dapat meningkatkan performa kueri?
3. Ane minta solusi dari permasalahan diatas gan.

AKHIR
Terimakasih bagi agan yang udah mau sharing. Ane sadari ilmu itu sangat mahal (khususnya DBA), alangkah baiknya jika kita memiliki ilmu yang berguna buat orang lain bisa di share & bisa dipakai oleh orang banyak.

UPDATES
- 14-09-2016 : Rencana tambah RAM 16GB jadi total RAM 32GB. Hasil: n/a

Salam.
Diubah oleh seemore. 13-09-2016 05:00
iisirawan
nona212
nona212 dan iisirawan memberi reputasi
2
9.1K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan