Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

furionku13Avatar border
TS
furionku13
Jangan Buang Tinta cumi ! karena memiliki khasiat mengagumkan
Hai Gan, ngomongin masalah makanan pasti gak ada habisnya apalagi yang berbau seafood ya. Kali ini ane mau berbagi cerita tentang makanan lezat yang biasa ditemuin nih di daerah pesisir pantai terutama pantai utara.
Siapa yang gak kenal Cumi-cumi atau sotong ? makanan satu ini jelas menjadi primadona buat pecinta makanan laut, biasanya cumi-cumi atau sotong diolah dengan berbagai cara seperti digoreng ataupun dibuat menjadi olahan lain seperti oseng-oseng bahkan sup.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tinta cumi itu harus dibuang karena kotor dan menjijikan bahkan tidak banyak diantara kita yang salah tentang tinta penuh manfaat ini dengan menganggap tinta cumi itu beracun.

Cumi-cumi memiliki kantong tinta hitam di tubuhnya. Biasanya akan dikeluarkan jika sedang tertekan atau sedang diserang oleh musuh. Saat dimasak tinta ini juga sering keluar, bahkan bisa menghitamkan seluruh bagian kulit cumi ataupun kuahnya. Meskipun sedikit merusak tampilan masakan, namun tinta berwarna hitam ini perlu dikonsumsi.

Seperti dilansir Examiner, tinta hitam cumi dapat membantu melawan sel kanker. Menurut studi yang dilakukan CellsNew, tinta cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru.

Hal serupa juga ditemukan dalam sebuah penelitian di tahun 2008 yang dilakukan di Handong University's School of Ocean Sciences. Ternyata kandungan zat pada tinta cumi dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor.

Penggunaan tinta cumi tidak hanya sebagai kuah masakan, namun tinta cumi dapat dijadikan sebagai pewarna alami pasta dan nasi. Kandungan asam glutamat dan asam aminonya memberikan rasa gurih dan sedikit asin seperti saus ikan. Karena itu banyak orang yang menggunakan tinta cumi untuk penambah rasa alami pada hidangan.

Selain lezat, ditinjau dari nilai gizi, cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Ada protein, mineral, dan macam-macam vitamin. Kandungan protein cumi-cumi cukup tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar. Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino nonesensial yang dominan adalah asam glutamat dan asam aspartat. Kedua asam amino tersebut berkontribusi besar terhadap timbulnya rasa sedap dan gurih. Itu sebabnya, secara alami cumi telah memiliki cita-rasa gurih, sehingga dalam pen-golahannya tak perlu ditambahkan penyedap (seperti monosodium glutamat = MSG).

Cumi–cumi juga mengandung TMAO (Trimetil Amin Oksida) yang cukup tinggi. TMAO yang tinggi ini memberikan rasa yang khas terhadap daging cumi-cumi. Daging cumi-cumi juga banyak mengandung monoamino nitrogen yang menyebabkan cumi-cumi mempunyai rasa manis. Kandungan sulfur yang cukup tinggi pada cumi–cumi juga menyebabkan cumi-cumi berbau amis ketika men-galami perlakuan pemasakan seperti direbus. Jadi bila anda menyukainya, tinta hitam itu tidak perlu dibuang dari cumi, tetapi dapat dimakan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang zat tinta yang pekat itu. Beberapa orang justru menganggap zat tinta tersebut penting untuk peningkat cita rasa.

Bahkan di beberapa negara maju, Tinta cumi ini sudah dipisahkan dalam bentuk siap pakai dan banyak dijual di pelbagai supermarket dan toko.

nah daripada bingung, ayo gan coba masak makanan satu ini, nih ane kasih resep cumi sayur hitam yang biasa ane buat di rumah :

siapin bahannya ya >
-Cumi-cumi segar jangan dibuang tintanya 1/2 kg
-bawang merah 6 siung
-bawang putih 3 siung
-cabai merah, cabai hijau
-lengkuas 1 jari digeprek
-3 daun salam
-minyak sayur untuk menumis
-setengah sendok teh gula
-garam secukupnya
-Bila suka bisa ditambah terasi secukupnya

cara memasak :
tumis bawang merah dan bawang putih dalam wajan yang telah diberi sedikit minyak lalu masak sampai harum, lalu tambahkan cabai yang telah dipotong ke dalamnya kemudian tambahkan air secukupnya sekitar 200 ml atau kalau ingin rasanya menjadi gurih tambahkan sedikit saja, lalu tambahkan gula dan garam dan masukan cumi-cumi nya dan masak beberapa lama sampai tinta cumi keluar. tadaaaaaaaa cumi hitam siap dihidangkan untuk 4 porsi

oh iya selain manfaat diatas, manfaat lain dari cumi sendiri bisa bikin awet muda loh ^_^



0
12.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan