Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

angrynameAvatar border
TS
angryname
KPI minta Publik Pilih Stasiun yg Layak di perpanjang Perizinannya
SATELIT.co – Stasiun televisi dan radio memiliki batas izin untuk melakukan siaran. Masing-masing memiliki lama waktu yang berbeda-beda. Untuk radio, masa izinnya 5 tahun sedangkan televisi selama 10 tahun.

Nah, izin sejumlah Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) di Indonesia akan berakhir mulai Oktober dan Desember ini. Sedikitnya, ada sepuluh siaran televisi yang harus melakukan proses perpanjangan izin melalui KPI bernama Evaluasi Dengar Pendapat (EDP).

Adapun kesepuluh stasiun televisi yang akan habis izinnya pada Oktober dan Desember mendatang, yaitu RCTI, MNC TV, GlobalTV, SCTV, Indosiar, tvOne, antv, MetroTV, TransTV dan Trans7.


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menunggu kesiapan dari KPI untuk membicarakan kelanjutan izin 10 LPS yang akan berakhir pada Oktober dan Desember mendatang. Namun, karena KPI baru disahkan pada 27 Juni 2016 lalu, maka pembahasan izin 10 stasiun televisi swasta ini diundur hingga para komisioner sudah siap.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis mengatakan, akan segera membahas kelanjutan izin 10 Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) yang akan berakhir pada Oktober dan Desember 2016. “Sekarang tanggal berapa? Misal gini, kalau kita start-nya tanggal 21 September 2016 untuk pembahasan izin televisi. Kenapa? Karena kita enggak bisa satu hari itu bahas satu dua televisi dong. Pastikan akan ada pembahasan izinnya gini loh, catatannya gini loh,” kata Andre, dilansir Okezone, Selasa (13/9/2016).

Menurutnya, banyak pembahasan yang harus dibicarakan mengenai perizinan televisi swasta tersebut. Meski begitu, kata Andre, KPI bukan mahu memberantas industri pertelevisian di Indonesia melainkan memperbaiki agar masyarakat mendapatkan tontonan yang bermanfaat. “Misal ada televisi diberi sanksi terbesar berapa kali satu tahun. Kita bukan mau berangus media tapi perbaikan itu harus ada komitmen,” tukasnya.

Wakil Ketua KPI, Idy Muzayyad, mengatakan KPI akan membuka peran publik untuk ikut menentukan izin stasiun tv yang laik diperpanjang. Saat ini pihaknya telah melakukan proses tersebut dengan melakukan pelibatan publik untuk menilai konten-konten dari stasiun televisi. Ia pun kemudian membenarkan terkait informasi yang tersebar di masyarakat mengenai evaluasi perpanjang izin siar stasiun televisi. “Betul itu. Syarat perpanjangan IPP dapat rekomendasi kelaikan dari KPI,” ujarnya.


[URL=http://sateliS E N S O R2016/09/14/tahun-ini-izin-rcti-sctv-tvone-transtv-trans7-habis/]Sumber : Selengkapnya....[/URL]
Diubah oleh angryname 14-09-2016 19:10
0
3.4K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan