Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kuntilanak92Avatar border
TS
kuntilanak92
KARMA - CEMBURU - BINGUNG
ASSALAMUALAIKUM WARGA KASKUS SUSHU DAN PETAPA



Ane mau sharing sekaligus curhat tentang masalah hubungan ane dan pacar ane.
ane minta masukan dan tanggapan dari agan-agan nih tentang masalah ini.
Langsung aja gan ya.

Jadi ceritanya, ane punya mantan sebut aja namanya "Dower" ane udah jadian lamaaaaa banget sama dower hampir 4 tahunan gan. Sampai akhirnya ane ketemu sama pacar ane yang sekarang sebut aja namanya "Jujum". Selama pacaran sama dower ane ngerasa nyaman dan dia pun sangat-sangat terbuka sama ane walaupun hal hal kecil yang sebenernya nggak penting pun dia terbuka banget. Namun sayangnya keluarga besar ane nggak setuju ane pacaran sama si Dower, alesannya karena si Dower masih ke kanak-kanakan banget dan nggak cocok sama keluarga untuk dijadiin istri ane nantinya. Nah menjelang 4 tahunan ane sama Dower, ane ketemu sama si Jujum dia seorang perawat di RS tempat almarhum babeh ane dirawat waktu masih hidup. Jujum orangnya lebih dewasa dan pinter bergaul, supel sama siapa aja sampe emak ane pun bisa diambil hatinya.

Ane sering dinas keluar kota gan, suatu saat pas ane pulang dari dinas, ane maen kerumah salah seorang kerabat ane yaitu kakaknya alm babeh gan. disitu ane dibilangin sama bude (sebutan untuk kakaknya orang tua) kalau mending sama si Jujum dari pada sama si Dower. Begitu juga tante ane gan, bilang hal yang sama kaya bude ane. Nah ane jadi pebasaran kenapa semua keluarga ane bisa ngomong kaya gitu. Sampe akhirnya ane nyelidikin kenapa si Jujum kok kayanya menang banget di hati keluarga besar ane, ane ajak jalan lah si jujum ini. dan di saat kita jalan banyak hal yang kita bicarain, intinya ane nyaman banget ngobrol sama si jujum, seperti orang yang usah kenal lama. padahal ane juga belum kenal lama pada saat itu. terus ane curhat ke emak masalah ini, ternyata emak ane bilang kalo si jujum ini suka sama ane gan, katanya love at the firs sight, gaya banget deh emak gue.Dan emak gue pun ingin gue sama si Jujum.

Disinilah dilemanya gan, ane sayang sama si Dower tapi ane juga perlahan jadi sayang sama si Jujum karena banyak hal yang nggak ane temuin di Dower dan ane temuin di Jujum. Skip skip, akhirnya ane putuskan untuk ninggalin salah satunya gan, ane nggak bisa hidup diposisi kaya gini. karena ane bukan play boy. dan akhirnya ane putusin si Dower, dia marah banget dan nggak bisa terima sampe kehebatan mata-mata 007 juga kalah sama dia. Dalam sekejap dia tahu semuanya tentang ane sama si Jujum, sampe-sampe nomer si jujum pun Dower tau, padahal ane nggak pernah ngasih tau ataupun nyebar nomer jujum. Skip skip akhirnya si dower ngerti dan bisa nerima.

Nah setelah itu ane jadian sama si Jujum, kita komitmen dari awal jadian kalo mau terbuka tentang hal apapun walau hal kecil dan nggak penting sekalipun. Dan ane pun mengiyakan komitmen tersebut. Setiap ketemu HP ane diliat dan di pantau terus, kalo bahasa ane si di razia. Ane si nggak masalah gan, mau diliat apa juga karena nggak ada apapun yang ane tutupin dari dia karena ane orangnya megang komitmen itu penting dan kepercayaan nomor satu buat ane. Tapi nggak berlaku sebaliknya, ane nggak mau buka buka HP dia gan, ane nggak suka buka-buka HP dia dan biarin aja karena ane udah percaya sama dia.

Sampe satu hari Jujum maen kerumah ane, dia numpang mandi karena kita mau jalan waktu itu. yaudah akhirnya dia mandi dan nitip HP nya ke ane gan. Dia bilang kalo misalnya ada temennya wasap bales aja. ane jawab oke deh. Nah nggak lama HP nya bunyi gan, ada notif masuk dari wasap. Ane buka gan karena disuruh bales sama dia. Dan ternyata dari cowo gan. anehnya ini pesan baru masuk dan nggak ada chat sebelumnya tapi isinya aneh, seperti sebelumnya tuh dia pernah wasapan dan di hapus. isi pesannya itu

"Ya Belanja aja di carefour"
"Duh badan Aq nggak enak deh rasanya"

Disitu ane kaget gan, ane nggak berani bales ke cowo itu, soalnya ane mikir ini bukan temen yang dimaksud. karena temen yang dimaksud itu cewe gan. Disini ane ngerasa kesel aja sama Jujum, kita udah punya komitmen dari awal, bahkan ane selalu dituntut terbuka, tapi dia sendiri hal seperti ini nggak bisa jujur sama ane, dan bikin salah paham. Coba dia cerita dari awal, kan nggak bakalan salah paham dan bikin mikir aneh-aneh kan. dia selesai mandi dan dia liat HP nya terus dia baca pesan dari cowo itu gan. Dia langsung gugup ngomong sama ane, katanya ini cuman wasap gitu doang kok, kan nggak ada apa-aa juga. dia jelasin itu ke ane. Ane nggak permasalahin itu kok, tapi yang ane permasalahin itu kok dia nggak mau terbuka sama ane.

Dari situ dia jelasin semua, sampe nggak jadi jalan ane berdua. Ternyata cowo itu suka sama si Jujum dan orang tua cowo itu juga udah deket sama si Jujum. Disitu ane mulai tambah kesel dan marah. kok hal kaya gini nggak pernah diceritain sih. Dia nangis2 minta maaf, ane tau dia tulus juga sayang sama ane, bahkan belumsebulan kita jadian aja kita udah sama sama yakin buat tunangan dalam waktu deket. Tapi ane nggak bisa terima aja, selama ini ane percaya banget sama dia tapi dianya nggak mau terbuka dan dia nggak mau cerita tentang hal kaya gini. Ane bilang sama dia, kalau mulai sekarang ane nggak mau nuntut untuk terbuka atau jujur sama ane, terserah itu haknya dia. dan ane bilang kalau kamu emang masih mau nyari yang terbaik silahkan, tapi aku nggak bisa jadi orang yang menjadi pilihan. Dia nangis dan minta maaf sampe sesunggukan, ane nggak tega liat cewe nagis, walaupun hati kesel ane coba redam semua, dan ane suapin dia makan karena dia nggak mau makan, padahal belum makan dari siang. Nah besoknya dia biasanya ngabarin pas udah sampe RS tempat kerjnya. tapi hari itu nggak ngabarin dan bener2 nggak ada kabar sampe siang. ane bingung sekarang, sebenernya gimana si ini.

Nah yang ane mau tanyain gan :

1. Apakah ane salah kalau ane cemburu gan?
2. Apakah ane salah buat nggak nuntut dia harus jujur dan terbuka sama ane?
3. Apakah ini agan-agan percaya karma? Soalnya ane takut banget kena karma dari Dower.
4. Apa ane harus ngecek Hp nya dia setiap ketemu?

Jujur ane bingung gan, ane sayang banget sama Jujum, begitupun sebaliknya. Tapi ane jadi ragu karena hal ini. Karena ane berfikir kalau hal kaya gini aja di tutup2in apa lagi hal besar. Kalo bilang mau jaga perasaan ane sih, nggak logis aja. daripada ketauan kaya sekarang kan mending diceritain dari awal.

Makasih gan pendapatnya. mohon masukannya gan

UPDATE !!!!

Makasih buat agan semua masukan, kritik, sarannya. Setelah kejadian itu akhirnya si jujum jujur kalau dia memang dulu deket sama cowo dan keluarganya sekedar membantu aja, karena profesi si jujum ini adalah pelayan publik. Dan jujum cerita kalau keluarga itu sampe ke dukun buat bikin si jujum tetep dekat dengan keluarga itu, alhamdulillah si jujum nggak terkena dampaknya, atau ane nggak tau dampaknya langsung atau tidak karena menyangkut masalah yang baru.

Jadi setelah tau keluarga itu pake dukun ane nggak pengen dia deket-deket sama keluarga itu begitupun ibu ane dan ibunya jujum yang udah tau masalah ini. Dan ane anggap udah selesai kasusnya.

Nah baru awal bulan desember ini, mulai kejadian aneh lagi gan. Pas ane lagi jalan sama jujum itu kita janji hari senin akan jalan ke rumah bude ane gan karena mau operasi. Si jujum juga setuju dan antusias banget karena emang keluarga ane udah deket sama dia. Nah hari minggu sebelum hari senin itu dia wasap ane gan, bilang kalau misalnya senin tiba-tiba ada seminar di tempat dia kerja, ane mulai curiga, kenapa ane curiga? Tempatnya dia kerja itu nggak pernah diadain seminar untuk orang internal atau pegawai. Kalau pegawai seminar biasanya di pusat karena ane juga sering nganter seminar. Yang kedua itu mendadak banget hari minggu baru ngasih tau kalau ada seminar. Nah berdasarkan kecurigaan ane, ane melangkahkan kaki buat ketemu sama si jujum ane maen ke tempatnya. Nah pas ketika jujum lagi mandi ane liat hp nya dia (karena ane udah dapet akses buat buka hp nya karena kejadian pertama) ketika ane liat bbm dan wasap nggak ada hal yang ganjil. Ada bbm dan wasap dari beberapa cowok yang godain jujum tapi nggak ditanggepin ya itu biasa, terus ada lagi dari temen kerjanya ya wajar aja orang dia kerja kan. Nah pas ane buka di bagian sms nya itu ada hal yang bikin ane nyesek banget.

Dia smsan sama anggota keluarga si cowok yang main dukun itu dan pengen maen kerumah si cowok itu pada hari senin. Kemudian di bales dengan keluarga tersebut mengajak jujum jalan jalan dengan cowo itu dan keluarganya. Kecurigaan ane udah sampai 90% tinggal konfirmasi 10% nya. Pas jujum selesai mandi ane nggak banyak cincong langsung ane tanya mengenai sms itu dan dia kaget banget mungkin karwna lupa ngehapus atau gimana ane juga nggak tau. Nah dia mulai mengarang2 kebohongan demi kebohongan. Ane tanya apa senin beneran ada seminar atau nggak? Dia jawab iya ada. Ane tanya sekali lagi dengan menekankan kalau lebih baik jujur dari pada bohong dan ane bakalan maafin dia, apa bener senin ada seminar? Atau kamu mau jalan sama keluarga cowok ini? Dia jawab iya bener kalo nggak percaya dateng aja. Oke akhirnya ane marah waktu itu karena ane punya prasangka ini pasti bohong.

Dan hari senin datang, berbekal rasa penasaran dan rasa nggak percaya dengan jujum ane datengin tempat kerjanya buat mastiin bener ada seminar atau nggak. Ane tanya sana sini ternyata nggak ada seminar. Nggak lama setelah itu adik kandung ane wasap ke ane bilang kalo si jujum wasap ke adik ane nanyain ane kemana pagi itu. Karena emang dari malem nggak ane bales pesan apapun dari dia. Dan adik ane bilang nggak tau ane kemana tapi yang pasti dari pagi udah keluar.

Setelah itu nggak lama si jujum bbm ane bilang kalau mendingan ane pulang aja. Terus ane tanya kenapa? Ane mau mastiin beneran ada seminar apa nggak. Terus dia bales, nggak ada seminarnya aku bohong sama kamu. Aku minta maaf, disitu ane tanya kenapa bohong padahal kemarin aku bilang kalo jujur aku nggak akan marah. Dia jawab ya aku takut kamu marah, kan kamu udah ngelarang aku berhubungan dengan mereka, terus aku malahan ketauan bohong gini. Kamu pasti marah banget. Ane yang emang dari awal hidul paling nggak suka dibohongin dalam berhubungan ini, ane putusin buat ninggalin dia dengan dasar ya kalau dari pacaran aja bohong gini dan nggak terbuka apalagi nanti kalau udah menikah. Tapi dia minta kesempatan ke ane sekali lagi buat buktiin kalau dia nggak akan gitu lagi. Logika ane udah nggak visa nerima dia lagi, tapi hati ane selalu aja sayang dan cinta sama dia. Sampai akhirnya ane kasih dia kesempatan lagi untuk yang terakhir. Dan ane minta hapus semua koneksi dari keluarga itu baik nomer hp ataupun bbm wasap dan semuanya. Akhirnya dia nurutin itu semua dan sekarang lagi berjalan proses pembuktian dia bisa berubah apa nggak. Ane sekarang jadi nggak percayaan sama dia kalo bilang mau jalan sama temen2 nya pasti ane curiga bawaannya.

Nah pertanyaannya gan

1. Gimana agan kalo diposisi ane? Adakah yang sama dengan ane paling anti kebohongan dalam suatu hubungan?

2. Apakah langkah ane untuk memberi kesempatan kedua ini benar atau salah? Alasannya apa gan?

3. Ane salah nggak sih gan coba untuk ngejauhin jujum dari keluarga itu? Ane si takut aja dia di guna2 dan kesambet beneran.

4. Akhir2 ini ane sering ngeliat perubahan dari dia mulai dari bbm yang di ales singkat2 banget. Sampai dia sekarang punya temen cewe dan dia wasapan tuh sampai sayang2an. Ane jadi ngeri gan. Gimana ya gan ? Mohon pencerahannya gan

Maaf berantakan ane pake hp update nya
Diubah oleh kuntilanak92 22-12-2016 00:16
tata604
tata604 memberi reputasi
1
3K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan