okokiAvatar border
TS
okoki
TERNYATA INI 7 SEBAB KOLESTEROL MELONJAK TINGGI!
Sore gan, ane mau share informasi seputar kolesterol nih. Saat sekarang kolesterol tinggi sudah banyak dialami oleh semua usia, baik yang muda maupun tua. Perlu agan dan aganwati ketahui bahwa tingkat kolesterol dalam tubuh yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya. Gejala kolesterol tinggi seringkali tidak terlalu terlihat, namun bisa saja tiba-tiba kondisinya menjadi parah. emoticon-Sorry

Pernahkah agan dan aganwati mengalami rasa pegal di bagian pundaknya? emoticon-Shutup Naah kalau agan dan aganwati pernah mengalaminya maka berhati-hatilah karena ini merupakan salah satu tanda bahwa agan terserang kolesterol tinggi. Rasa pegal di pundak disebabkan karena terjadinya hambatan suplai darah serta oksigen pada bagian yang terasa sakit tersebut. Penyumbatan ini bisa terjadi karena terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah. emoticon-Cape d... (S)

Kebanyakan orang tidak menyadari kolesterol yang tiba-tiba melonjak. Padahal, kolesterol yang tinggi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.Karena, kolesterol yang tinggi menempatkan seseorang pada risiko tinggi terkena penyakit jantung atau serangan jantung. Karena itu, penting mengetahui sebab-sebab kolesterol melonjak.



Berikut akan dibahas 7 sebab kolesterol melonjak tinggi:


1. Salah diet harian

Setiap hari agan memang membutuhkan asupan lemak dan kolesterol baik. Tapi kalau agan terlalu banyak makan daging sapi, daging ayam, susu, telur, mentega dan keju akan menjadi sangat tidak sehat. Semua makanan tersebut mengandung tinggi lemak jahat yang mudah meningkatkan kadar kolesterol jenuh dalam tubuh agan.

2. Kurang aktivitas

Salah satu penyebab utama munculnya kolesterol tinggi adalah malas. Juga, kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat. Disarankan bagi pekerja kantoran, agan harus aktif bergerak agar kalori mudah terbakar dan tidak menimbun kolesterol jahat.

3. Tidak rutin cek kesehatan

Setiap satu tahun sekali, Agan disarankan untuk mengecek seluruh kesehatan tubuh. Paling penting adalah cek kolesterol, gula darah, ginjal, jantung, dan organ tubuh penting lainnya. Misalnya kalau agan melewatkan, hati-hati terjadi lonjakan angka tingginya kolesterol yang dapat membahayakan.

4. Merokok

Rokok dapat membunuh sistem oragn tubuh agan secara perlahan-lahan. Bahkan, bila tak segera berhenti akan menjadi ancaman tingginya kolesterol jahat. Maka hindarkan diri Agan agar tak menjadi perokok aktif dan aktif demi kesehatan.

5. Faktor genetik

Penyebab utama lain dari tingginya kolesterol yaitu riwayat keluarga. Sama seperti diabetes, kolesterol juga disebabkan oleh faktor keturunan. Seandainya, salah satu anggota keluarga agan beriwayat punya masalah lonjakan kolesterol jahat, sebaiknya Agan rutin cek kesehatan dan jauhi faktor risikonya.

6. Usia dan jenis kelamin

Kini pengaruh usia dan jenis kelamin juga memengaruhi tingginya kolesterol jahat. Belum lagi, bila Agan menjalankan gaya hidup tak sehat di era modern ini. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal cukup rendah sampai menopause tiba. Setelah itu, risikonya akan meningkat sama seperti pria, tepat di usia senja.

7. Obesitas

Kelebihan berat badan alias obesitas dapat membuat agan berisiko menderita penyakit tidak menular. Termasuk penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Orang obesitas mudah meningkatkan trigliserida (kolesterol jahat) dalam tubuh, sehingga Agan harus meningkatkan gaya hidup aktif.

Sekian gan info terkait penyebab kolesterol melonjak tinggi. Semoga bermanfaat.emoticon-Toast

sumber: Okezone
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 2 suara
berhenti merokok turunkan kolesterol jakat
SETUJU
100%
TIDAK SETUJU
0%
0
5.5K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan