hafz.ayrtonaAvatar border
TS
hafz.ayrtona
PASAR BRUTAL (Cerpen komedi ane lagi gan) hehehe
ini cerpen ane lagi gan. semoga bisa menghibur agan2 sekalian emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

oke langsung aja cekibrottt emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2

Pasar. Pasar adalah tempat paling mengerikan buat gue selain Istana Boneka di Dufan, alsannya simple, Semraut, Kotor, Gak terawat, dan Berisik. apalagi seperti yang diketahui bahwa pasar-pasar di indonesia sebagian besar di dalemnya di dominasi sama mas-mas kuli pasar yang entah udah berapa hari belum mandi, lalu lalang dengan memikul sesuatu di punggung mereka, dengan ketiak yang memancarkan aura negatif. Dan menurut gue bau ketek mereka udah cukup untuk membunuh 5 kawanan gajah afrika.  Tapi di luar itu semua ada satu alasan paling kuat yang bikin gue males buat pergi ke pasar, yaitu maraknya adegan tawar-menawar yang sangat mengerikan. Dan itu cukup membuat gue stress sendiri dengernya.
Pernah suatu kali gue liat adegan seorang ibu-ibu yang lagi perang harga sama seorang pedagang baju di sebuah pasar.
            
‘mas, ini baju yang ini harganya berapa’ tanya si Ibu sambil mengangkat baju berwarna merah dengan payet di sana-sini persis kayak kostum biduan yang kehilangan pamornya.
            
‘oh, itu 75.000 aja bu’ kata si Pedagang sambil ngerapihin barang dagangannya.
            
’45.000 deh mas, boleh ya?’ si Ibu menawar dengan brutal. Gue yang gak sengaja denger percakapan mereka pun berasumsi bahwa maksud si Ibu sebenarnya bukan untuk membeli baju, tapi untuk membunuh sang Pedagang perlahan-lahan dengan memberi penawaran harga yang sungguh keji.
            
‘gak bisa ibu, belom dapet kalo segitu’ si Pedagang berusaha menolak dengan senyum kecutnya.
            
Setelah melalui peperangan yang cukup sengit, akhirnya si Ibu mengeluarkan senjata terakhirnya dengan bilang “Yaudah deh saya cari toko lain aja”. Si Pedagang pun terlihat mikir sebentar, sampe akhirnya dia kasih baju yang semula seharga 75.000 berubah drastis jadi 45.000. mudah-mudahan tuhan memberikan ketabahan dan kesabaan pada si Pedagang yang malang itu.
            
Gue gak ngerti siapa yang pertama kali menciptakan sistem tawar menawar sadis semacam ini. Soalnya kalo gue perhatiin, adegan tadi tuh lebih kayak mendzalimi si pedagang tersebut. Bayangin aja dari harga 75.000 jadi 45.000, siapa yang gak dongkol coba? Mungkin kalo Mario Teguh yang ngalamin kayak begitu, doi bakal ganti nama jadi Mario Mercedess (SUMPAH GAK NYAMBUNG).
            
Gue gak bisa bayangin kalo suatu waktu ada seorang anak yang lagi sunatan, terus pas di kasih tagihan biaya, si ibu malah bilang ‘dok boleh kurang gak?’ mungkin si Dokter bakal langsung ngelepas jaitan-jaitan di baik sang anak yang di sunat tadi, dan di ganti pake lem kertas.
            
Semula gue pikir, keluarga gue gak ada mengidap penyakit “Hobby Menawar” ini. Sampai suatu ketika. Pemikiran gue selama ini berubah. Pas gue lagi nganter ibu gue beli baju seragam sekolah buat adik gue,  gue pun sadar bahwa ibu gue pun mengidap penyakit serupa, bahkan mungkin lebih kronis dari pada ibu-ibu yang gue sebutin di atas tadi.
            
Awalnya kita berkeliling pasar nyari baju seragam SMP yang ukurannya pas sama badan adik gue, udah setengah jam kita muter-muter tapi tetep gak ketemu, suasana pasar waktu itu puanass banget, sumpek, plus bau, yang bersumber dari ketek para maskul-maskul (baca : mas kuli). waktu itu rasanya nya malaikat maut lagi mengincar nyawa gue. Gue pun sempat berpikir mungkin besok pagi mayat gue bakal terpampang dikoran dengan headline “seorang pria tewas akibat keracunan ketek kuli pasar”  dan gue yakin berita itu bakal jadi Top News, diantara tetangga-tetangga gue.
            
Setelah sekian lama kiata muter-muter dan sekian lama pula gue menderita, akhirnya kita menemukan penjual baju seragam sekolah yang menjual baju yang seukuran dengan badan adik gue. Gue mau menangis bahagia waktu itu.
            
Tapi kenyataan berkata lain. semua penderitaan ini berawal saat ibu gue bilang.
            
‘mas boleh kurang gak?’
            
Dan gue pun udah bisa menebak kejadian berikutnya. Pasti gue bakal tertahan di pasar ini lebih lama sambil menyaksikan adegan perang tawar menawar yang brutal, ditemani bulu ketek kuli pasar yang menjuntai indah dan mengeluarkan aroma yang sanggup membunuh satu batalion tentara nazi.
            
‘GUE GAK MAU MATI GARA-GARA KETEK KULI!!’ teriak gue dalam hati. gue lebih memilih mati di ketekin sama Julia Perez daripada harus mati diketekin kuli.
            
Dan ternyata apa yang gue bayangin barusan jadi kenyataan, ibu gue terlibat perang tawar menawar yang amat sangat mengerikan, bahkan lebih mengerikan daripada menonton film Spongebob Squarepants.
            
‘harganya kurangin ya bu’ pinta ibu gue.
            
‘belum bisa ibu, 80.000 udah harga pas, coba aja cek di toko lain pasti harganya sama, malah bisa lebih mahal’ si Ibu Pedagang berusaha meyakinkan.
            
‘yah, kan buat langganan, nanti saya kalo ada apa-apa beli disini lagi deh’ ibu gue mencoba merayu. Gue nge-batin : “beli disini lagi? Emang abis dapet harga rendah bakalan inget toko ini lagi?”
            
Gue yang saat itu udah hampir sekarat akibat keracunan ketek kuli pasar Cuma bisa ngeliat adegan memilukan itu (memilukan buat si Pedagang) dengan pasrah. gue jadi ngebayangin waktu nyokap gue ngelahirin gue, ketika mau bayar administrasi rumah sakit jangan-jangan melalui jalan tawar menawar yang hebat. Sehingga di dapat lah nilai dari tagihan rumah sakit yang semula 10.000.000 setelah ditawar berubah jadi 500.000. Gue masih mencari jawaban dari pertanyaan gue itu...,di Google.
            
Setelah tawar menawar yang sengit itu terjadi sedemikian lamanya, dan sedemikian hebohnya, sampai-sampai sempet terjadi cekcok mulut. akhirnya si Pedagang pun menyerah, dan merelakan barang dagangannya di bayar dengan harga yang jauh kemana-mana dengan muka kesel. Bayangin aja, dari harga 80.000  jadi 50.000. Ibu gue ternyata Hebat, dan mengerikan.
            
Adegan diatas Cuma satu dari segudang adegan tawar menawar yang udah lama ibu gue lakoni. Masih banyak kasus tawar menawar berdarah lainnya yang melibatkan ibu gue sebagai terdakwa. dan si Pedagang sebagai korban, termasuk gue tentunya. Korban perasaan.
            
Misalnya waktu gue masih duduk di bangku sekolah dasar, waktu itu gue minta beliin nyokap gue kaos smack down. Bayangin aja kaos yang awalnya seharga 15.000 dia tawar jadi 8.000. ya jelas aja si Penjual gak mau, dan akhirnya gue pun gagal beli kaos smack down yang lagi ngetrend itu. gue pun harus menjalani masa-masa itu dengan memakai kaos bergambar tuyul dan mbak yul, atau yang lebih memuakan lagi, baju bergambar sinetron tersanjung. Gue pun di kucilkan oleh temen-temen gue. parktis sejak saat itu gue hanya berteman dengan sebatang lidi dan kotoran ayam, yang gue korek-korek pakai lidi. Menyedihkan.
            
Bakat tawar-menawar dengan keji ini untungnya gak menular ke gue. Gue lbih cenderung pasrah dengan harga yang di tetapkan si Pedagang, karena gue memegang prinsip, “Lelaki sejati pantang menawar harga” dan akhirnya prinsip gue tersebut juga yang menjadikan gue sasaran empuk buat di bodoh-bodohi oleh para Pedagang.
            
Misalnya waktu gue beli sepatu di sebuah pasar pagi di daerah rumah gue. Waktu itu si pedagang ngasih harga sepatu yang mau gue beli sebesar 50.000, gue pun sempat berfikir ‘kok sepatu begini aja mahal banget’ tapi entah karena gue bodoh atau emang gue terlahir untuk di bohongi, gue terima aja harga segitu. Keesokan paginya dikelas ternyata temen gue juga beli sepatu yang sama kayak yang gue pake. Dan gue pun terkejut waktu dia nyebutin harga sepatu itu yang Cuma “35.000” gue shock. Gue gak mau make sepatu itu sampe kelulusan.
            
Dan saat itu gue pun sadar, kadang bakat tawar menawar pun diperlukan agar kita terhindar dari penipuan harga kayak yang terjadi pada gue.

Story by :Hafiz Ayrtona
Fb :Hafiz Ayrtona
Twitter : @afizayrtonsenna
Blog : www.hafiz-absurd.blogspot.com
0
5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan