Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imatamiAvatar border
TS
imatami
Rokok, sumber kemiskinan dan belanja wajib masyarakat Indonesia
Rokok, menjadi salah satu komoditi penyumbang garis kemiskinan di Indonesia. Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2016, menempatkan rokok dalam urutan kedua jenis pengeluaran makanan setelah belanja beras.
Di perkotaan, proporsi masyarakat untuk pengeluaran rokok ini mencapai 9 persen dari total pengeluaran. Sedangkan di desa, belanja rokok tetap di urutan kedua namun dengan proporsi lebih rendah yakni 7,96 persen.
Nilai belanja rokok ini lebih besar dibanding pengeluaran lain untuk membeli telur dan biaya listrik yang masing-masing hanya dikisaran 3 dan 2 persen. Bahkan untuk masyarakat pedesaan, pengeluaran rokok ini lebih tinggi dibanding persentase pengeluaran untuk biaya perumahan yang hanya 7,6 persen.

http://databoks.katadata.co.id/datap...n-di-indonesia



Hasil survei ekonomi nasional 2014, menempatkan rokok sebagai salah satu menu utama daftar pengeluaran masyarakat Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut rata-rata pengeluaran per kapita masyarakat Indonesia untuk makanan pada setiap bulannya, paling tinggi dialokasikan untuk belanja jenis makanan jadi. Proporsinya mencapai 12,56 persen. Urutan kedua, yaitu untuk belanja padi-padian sebesar 6,8 persen. Komponen rokok berupa tembakau dan sirih masuk urutan ketiga dengan proporsi sebesar 6 persen.
Tingginya belanja untuk makanan jadi ini terus mengalami peningkatan sejak 2004. Kondisi ini berbanding terbalik dengan berbagai jenis kebutuhan dapur lainnya yang mengalami tren penurunan, seperti untuk padi-padian, minyak lemak, telur, dan belanja lain jenis bumbu-bumbuan. Untuk rokok trennya terus meningkat meski tidak dalam persentase yang besar.
Dalam rilis BPS, rokok ini termasuk jenis komoditi makanan yang pengaruh besar terhadap nilai Garis Kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan. Untuk jenis makanan, pengeluaran rokok ini berada di urutan kedua setelah belanja beras.
http://databoks.katadata.co.id/datap...jib-masyarakat



0
1.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan