Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fajrenkAvatar border
TS
fajrenk
6 Cara Agar Tidak Menjadi Pelupa
Quote:


Arti kata "lupa" menurut KBBI adalah lepas dari ingatan, tidak dalam pikiran lagi, atau tidak teringat, lalai; tidak acuh. Sedangkan "pelupa" berarti orang yang lekas (sering) lupa. Setiap orang mempunyai sifat lupa yang merupakan sifat dasar manusia. Hal tersebut terjadi karena proses alamiah penurunan daya ingat yang terjadi pada otak manusia, sehingga lama-kelamaan kemampuan kerja otak menurun. Kita kadang mengalami lupa terhadap suatu hal, padahal kita sudah mencoba mengingat dengan keras, Tentunya hal ini menjengkelkan, karena bisa jadi sesuatu yang yang terlupakan merupakan hal yang sangat penting. Selain karena faktor umur, sifat lupa juga dapat disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Umumnya, faktor pemicu "lupa" berupa kelalaian manusia dalam menjaga kesehatan otaknya. Nah, berikut 6 cara agar kita tidak menjadi pelupa. Silakan dicermati.

Kontrol Porsi Makan

Ternyata porsi makan mempengaruhi kinerja otak kita. Jika agan mempunyai porsi makan yang terlalu banyak, maka mulai sekarang cobalah untuk menguranginya. Makan terlalu banyak, apalagi dengan jenis makanan berlemak dapat menyebabkan mengerasnya pembuluh darah otak sehingga mengakibatkan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Ketika hal ini berlangsung terus-menerus, maka kemampuan kerja otak kita pun menurun.

Batasi Konsumsi Gula

Pengonsumian gula yang terlalu banyak dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi penting bagi tubuh. Hal ini mengakibatkan terganggunya perkembangan otak. Tidur yang Cukup Saat tidur sebenarnya otak kita secara alamiah memperbaiki dan memulihkan kemampuannya. Jika kita sering mengalami kekurangan tidur, maka hal itu akan mempercepat kerusakan sel-sel otak kita.

Menstimulasi Pikiran

Kurangnya stimulasi otak akan dapat menyebabkan mengerutnya otak. Berpikir merupakan cara paling tepat untuk merangsang sekaligus melatih otak kita agar tetap sehat.

Sering Berkomunikasi

Jika kita termasuk orang yang jarang berkomunikasi, maka mulai sekarang cobalah untuk lebih banyak melakukan komunikasi dengan orang lain. Dengan berkomunikasi maka otak akan terangsang (seperti pada poin di atas), dan hal itu akan menjaga efesiensi keja otak kita. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan kurang terlatihnya kemampuan otak.

Hindari Stres

Meskipun berpikir adalah cara yang tepat untuk menjaga kualitas kerja otak, namun memaksakan diri berpikir tentang banyak hal merupakan perbuatan yang kurang bagus bagi otak. Orang yang terlalu memikirkan banyak hal akan mengalami stres atau gangguan mental dan emosional. Apalagi jika kita dalam kondisi sakit, memaksakan otak untuk berpikir keras dapat menyebabkan penurunan kualitas kerja otak serta merusak sel-sel otak

Itulah beberapa tips dan cara mencegah sifat lupa yang dapat ane bagikan. Semua kembali pada kepedulian kita dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan otak kita. Perlu diketahui, bahwa ane menulis salah satu tujuannya sebagai sarana menstimulasi otak dengan cara menyenangkan. Semoga bermanfaat. emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Baca juga 6 Kunci Sukses dalam Pekerjaan
0
3.5K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan