Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bibir.merAvatar border
TS
bibir.mer
Penghuni Apartemen Nonton Ratna Sarumpaet Pasrah Warga Rawajati Digusur
JAKARTA (Pos Kota) – Setelah ratusan aparat gabungan berhasil menerobos blokir yang dibuat warga RT 09 RW 04, Rawajati Barat, Pancoran, Jakarta Selatan. Aparat pun mulai mengeluarkan semua barang warga yang ada dibangunan tersebut. Sedang ekskavator pun mulai bergerak membongkari rumah warga.

Berdasarkan pantauan, pada Kamis (1/9/2016) pagi ini, sekitar pukul 07:50 WIB. Ratusan aparat gabungan tampak telah masuk ke kawasan rumah penduduk di Rawajati Barat. Mereka telah mulai mengeluarkan semua isi perabotan yang ada di bangunan milik warga itu. Sedang semua warga Rawajati hingga kini masih menghuni kawasan tersebut.

Warga yang menerima tamu tak diundang itu pun kerap beradu mulut saat petugas masuk dan mengeluarkan semua perabotan rumahnya secara paksa. Namun, karena kalah jumlah, warga pun tampak terpaksa mengalah. Mereka lantas mengeluarkan segala macam perabotannya itu.

(Baca: Pembongkaran di Rawajati Diwarnai Baku Hantam)

Sedang untuk membongkar bangunan warga Rawajati itu, petugas tampak menggerakkan kendaraan alat berat ekskavator untuk membongkar bangunan warga tersebut. Markas ormas dan kediaman Veteran perang pun mulai tampak akan dibongkar alat berat tersebut. Aktivis Ratna Sarumpaet yang sejak pagi hadir di Rawajati bermaksud membela warga pun tampak tak bisa berbuat banyak saat petugas meringsek masuk ke pemukiman warga.

Dia hanya tampak berteriak-teriak secara lantang pada petugas untuk tidak membongkar rumah warga.”Jangan bongkar rumah warga sebelum ada solusinya. Warga bukan tidak mau digusur asalkan Pemkot memberikan jaminan tempat layak bagi warga,” katanya berteriak sambil mengacung-acungkan tangannya.

PENGHUNI APARTEMEN

Warga Rawajati Barat sejatinya meminta agar Pemkot Jaksel memberikan tempat ganti tinggalnya itu, salah satunya mereka ingin tinggal di Kalibata City. Namun, niatnya tak terealisasikan. Sedang penghuni Kalibata City malah menjadikan pembongkaran tersebut sebagai tontonan.

Berdasarkan pantauan, petugas gabungan tengah mengosongkan menggunakan alat berat. Alat berat itu terus meringsek masuk ke kawasan pemukiman penduduk. Sedang warga warga Rawajati Barat hanya tampak menangis tergerung saat melihat kediamannya itu dibongkar paksa. Sempat terjadi kericuhan saat petugas hendak membongkar pemukiman yang berada di samping rel kereta itu.

Sejumlah warga pun sempat mencoba melarikan diri saat terjadi Keos, salah satunya dengan hendak masuk ke Kalibata City, tapi tak jadi karena puluhan satpam Kalibata City menghalau didepan pintu masuk motor, dari pintu masuk samping.

Satpam bahkan membuat penutup besi agar warga tak dapat masuk, begitu juga dengan penghuni Apartemen Kalibata City agar tak bisa keluar dari pintu tersebut karena dikhawatirkan penghuni Apartemen terluka atau tak terjadi hal tak diinginkan.

Salah satu warga Rawajati, Haryanto mengatakan, jika Pemkot Jaksel telah melakukan perbuatan tak manusiawi dengan membongkar paksa pemukiman penduduk. Warga pun sejatinya hanya ingin agar Pemkot Jaksel memberikan ganti rumahnya yang digusur itu dengan memberikan rusun yang berdekatan dengan Rawajati, Jaksel.

“Anak kami sekolah disini, bekerja pun di sini, kalau kami ke Marunda, bagaimana soal operasional kami dari Marunda ke sini. Kami mau direlokasi, asal ada rusun di dekat sini,” katanya.

Menurutnya, disampingnya itu sejatinya terdapat Apartemen Kalibata City yang fungsinya pun seharusnya sebagai rusunami. Dan warga pun mempertanyakan mengapa Pemkot Jaksel tak memindahkan warga ke Kalibata City saja.

Sementara itu, puluhan penghuni Apartemen Kalibata City tampak menonton jalannya penertiban dari dalam pagar Apartemen. “Kasihan yah pada digusurin seperti itu. Syukur yah kita tak tinggal ditempat seperti itu,” kata satu penghuni apartemen.
(adji/sir)

http://poskotanews.com/2016/09/01/ra...ajati-digusur/

Kesian ratna sarumpaet berjuang sendiriemoticon-Mewek. Kemana dhani, yusril, JJ R, RR, Uno? Kenapa mereka tidak datang saat warga dizolimi ahok?
0
11.5K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan