Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stratovarius666Avatar border
TS
stratovarius666
Sianida Tidak Ditemukan di Dalam Hati dan Darah Mirna
Sianida Tidak Ditemukan di Dalam Hati dan Darah Mirna





JAKARTA - ‎Ahli forensik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Budi Sampurna membeberkan kandungan sianida di dalam tubuh korban tewas kasus kopi sianida Wayan Mirna Salihin.


Hal itu disampaikannya saat menjadi saksi ahli dalam sidang lanjutan kasus kopi sianida dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2016).

Ia mengungkapkan bahwa keluarga Mirna menolak tim ahli forensik untuk melakukan autopsi terhadap jenazah Mirna. Hal itu pun mempersulit tim penyidik untuk mengetahui penyebab kematian Mirna lantaran pemeriksaannya hanya dilakukan pada bagian tubuh luarnya saja.

"Dalam pemeriksaan kami (sianida) tidak ada di dalam hati dan dalam darah, maka kita yakin itu sudah diserap (masuk ke organ Mirna)," kata Budi.

Budi menambahkan, jenazah Mirna yang telah diformalin juga menghambat pemeriksaan yang dilakukan pihaknya. Karena itu, sianida hanya ditemukan dalam lambung sebanyak 0,2 miligram per liter. 

"Karena formalin masuk arteri dan disebarkan ke seluruh tubuh, yang rusak jaringan tubuh tadi. Makanya masih ditemukan sianida dalam isi lambung tadi," terangnya.

Ia menuturkan, adanya sianida di lambung Mirna tidak menyebabkan korban menelan sianida dalam jumlah yang lebih besar. Pasalnya, sifat siandia yang cepat menguap apabila terkena panas.

"Pada orang yang keracunan sianida dan kemudian meninggal, pemeriksaan toksikologi harus dilakukan sesegera mungkin. Empat jam setelah kematian hasil pemeriksaan harus dibawa ke laboraturium. ‎Soalnya sianida, racunnya cepat menguap. Dengan pemeriksaan ini, dari sekian lama masih ada, logikanya, jumlahnya lebih besar," pungkas Budi. (fzy)

http://m.okezone.com/read/2016/08/31...utm_source=_hl


bubar gerak!


emoticon-Stick Out Tongueencet
Diubah oleh stratovarius666 31-08-2016 10:52
0
7.5K
82
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan