Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yahya.azzamAvatar border
TS
yahya.azzam
Meneladani Akhlak Generasi Salaf



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرحْمَنِ اارحِيم
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang





إن الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِل لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لا إِلَهَ إِلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَن مُـحَمداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه


Segala puji hanyalah bagi Allah ﷻ yang atas limpahan nikmat dan karunia-Nya kita dapat menerima dan mengikuti cahaya Islam dan Sunnah dengan baik dan benar. Shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Rasulullah ﷺ beserta Keluarganya, para Sahabatnya dan para pengikutnya hingga hari kiamat. Amma ba'du


Muqaddimah


Thread ini berisi penyebutan riwayat-riwayat manusia yang berilmu, orang-orang yang zuhud terhadap keduniaan, orang-orang ahli ibadah yang mendambakan akhirat dan orang-orang yang telah siap untuk beralih dengan kesungguhan dalam kesadaran dan berbekal dalam keshalihan. Juga disertakan pula kumpulan biografi para Ulama Salaf beserta perkataan dan wejangan mereka untuk mengobati hati yang sakit, melembutkannya dan memperbaikinya.

Maka sudah selayaknya bagi kita untuk memperhatikan hikmah tujuan dari diciptakannya diri kita di dunia ini, dan mengabaikan tipu daya dunia dengan Iman dan Tauhid, Ilmu yang bermanfaat, amal yang shalih, serta saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran, sebab dunia akan rusak, dan sebagai batu loncatan, bukan tempat tinggal untuk hidup abadi dan kesenangannya menipu. Dan sebaik-baiknya jalan yang harus ditempuh adalah jalan yang diajarkan Baginda Rasulullah ﷺ dan para Sahabat beliau serta generasi Salafush Shalih.

Karena itu, saya berhasrat untuk menyusun kumpulan riwayat-riwayat orang-orang shalih yang berkaitan dengan keikhlasan mereka, ibadah mereka, zuhud, akhlak mulia, rasa takut serta sikap mereka dalam mengikuti As-Sunnah, disertai cuplikan dari perkataan para Sahabat dan para Ulama Salaf sebagai pendidikan yang dapat menjadi jalan perintis menuju akhirat, juga sebagai tuntunan adab dan akhlak lahir batin, obat hati, latihan jiwa dan lain-lainnya. Namun demikian tidak semua riwayat-riwayat disini disusun secara komplit dan menyeluruh karena keterbatasan dan kekurangan yang ada dalam diri saya. Dengan membaca dan membandingkan dengan realita kehidupan kita sekarang ini akan kita ketahui sejauh mana tingkat ketaatan dan ketakwaan kita kepada Allah ﷻ dibanding dengan ketaatan dan ketakwaan mereka, sehingga hal tersebut menjadi modal bagi kita untuk memotivasi dan mencambukkan jiwa kita untuk lebih dan lebih lagi meningkatkan kualitas ketaatan dan ketakwaan kita kepada Allah ﷻ.

Jika agan mendapat manfaat dari thread ini, maka Allah ﷻ yang telah memberi manfaat dan kebaikan-Nya. Tapi jika di dalam thread ini terdapat kekeliruan, maka itu berasal dari saya pribadi atau dari setan, sementara Allah ﷻ dan Rasul-Nya sepenuhnya terlepas dari kekeliruan itu. Dan Kepada Allah ﷻ saya menyadari diri, Dialah yang Maha Mencukupi dan Maha Penolong. Dan tiada daya kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Saya memohon kepada Allah yang Maha Kaya lagi Maha Pemurah agar memberikan taufiq kepada kita semua, memaafkan segala kekurangan dan kelalaian dalam perbuatan dan umur kita, serta menjadikannya sebagai amal shalih yang diterima di sisi-Nya pada hari Kiamat kelak, dimana saat itu tidak berguna harta, anak-anak, kecuali orang yang datang menghadap Allah ﷻ dengan hati yang bersih, dan semoga Allah ﷻ memberi pahala bagi semua pihak yang membantu dalam kesempurnaan thread ini. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


3 Ramadhan 1437 H / 8 Juni 2016 M




Quote:
Diubah oleh yahya.azzam 13-06-2016 10:48
tata604
tata604 memberi reputasi
1
5K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan