mbiaAvatar border
TS
mbia
Ini Wujud Kia Sedona Generasi Terbaru Yang Meluncur di GIIAS


Masih ingat dengan Kia Carnival? MPV Kia di tahun 2000an yang sempat menjadi hits, karena tampil beda dibandingkan dengan Toyota Kijang, Isuzu Panther dan juga Hyundai Trajet. Nah, ada kabar baik dari produsen otomotif asal Negeri Ginseng ini, karena dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang dimulai pada 11 Agustus nanti, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) akan meluncurkan generasi ketiga dari genus Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dan menyandang nama Sedona atau Grand Carnival.

Merujuk dari data spesifikasi dan tampilan fotonya di laman website Kia Global, generasi terbaru dari kelas upper MPV Kia ini tergolong bongsor. Ukuran panjang bodi tercatat 5.115 mm, lebar 1.985 mm dan tinggi atap 1.755 mm. Untuk menggambarkannya, Anda bisa menyandingkannya dengan All New Alphard, MPV mewah Toyota yang sangat populer di pasar Indonesia, Grand Sedona ini masih lebih panjang 200 mm, lebih lebar 135 mm namun tinggi bodinya sedikit lebih rendah 140 mm.



Bergeser ke urusan rancang bangun, terpancar aura elegan dan modern. Dimulai dari tampak depan dimana mengusung identitas Kia yakni Tiger Nose grill berukuran besar dengan lampu utama projector plus LED yang bergaya agresif pada kedua sisinya. Kemudian, area bawah bumper dihiasi dengan cluster lampu kabut yang besar dengan foglamp berbentuk lingkaran. Menonjolkan kesan modern, terlihat dari torehan garis kap mesin yang tebal dan konsisten dari pilar A, menurun hingga ke ujung bagian atas bumper.

Dari tampak samping, kesan elegan, tercipta dari lis krom yang membingkai jendela dan konsep garis kaca dinamis terutama saat perpindahan dari baris kedua ke baris ketiga. Kemudian, pintu penumpang mengaplikasikan pintu geser elektrik yang biasa diperuntukkan kepada mobil MPV mewah dan velg berukuran besar dengan konsep palang yang berkelas.



Selanjutnya, area buritan dari Grand Sedona. Cita rasa Eropa mencuat dari pemakaian lampu belakang berteknologi LED model garis, sehingga tampil beda ketika mengendarainya di malam hari. Selain itu, mengusung spoiler yang cukup besar dengan menanamkan High Mount Stop Lamp (HMSL) di bagian tengahnya. Tak hanya itu, terdapat reflektor berbentuk menyerupai persegi panjang di sisi bawah bumper dan titik-titik bulat sebagai sensor parkir.

Saat masuk ke dalam kabin, MPV berkapasitas 7-8 penumpang ini, menyajikan aura mewah dan fungsional. Perpaduan dua warna di kabin yakni hitam, beige dan iluminasi lampu berwarna merah membuatnya tampil memukau. Hal ini tampak pada sektor dashboardnya yang minim lekukan namun mengenakan kualitas bahan berkelas. Di beberapa area seperti console tempat tuas transmisi hingga wilayah sekitar headunit hingga pengaturan pendingin udara mengenakan kelir gelap dengan balutan aksen glossy. Untuk bagian pengemudi, mendapatkan lingkar stir yang modern dengan tombol pengaturan di kiri dan kanan serta instrumen cluster bergaya dua lingkaran analog plus ditengahnya dilengkapi layar MID besar.



Melihat bodinya yang bongsor dan kapasitas kabin dapat menampung banyak orang pastinya membuat Grand Sedona butuh pabrik tenaga yang mumpuni. Oleh karena itu, Kia Global telah menyiapkan dua pilihan blok mesin untuk ditanamkan di balik bonnetnya. Yang pertama mesin bensin Lambda II 3.3 MPi dengan tenaga 270 PS dan torsi 317 Nm, lalu berikutnya mesin diesel R 2.2 CRDi berdaya 200 PS dan momen puntir 441 Nm. Untuk pendistribusi bakatnya tersebut, produsen otomotif Korea Selatan ini hanya menyediakan satu pilihan transmisi yakni otomatis dengan 6-percepatan.

https://www.oto.com/berita-mobil/ini...giias-21156871

sama innova kerenan mana gan

Spoiler for harganya:
Diubah oleh mbia 14-08-2016 05:07
0
10.8K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan