metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
PBNU akan Lawan Google jika tak Kembalikan Peta Palestina


Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak Google Maps mengembalikan peta Palestina yang dihilangkan dan digantikan dengan Israel.


"Harus segera dikembalikan (peta) itu," kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj seperti dilansir Antara, Kamis (11/8/2016).


Ia menginginkan persoalan ini tidak berlarut-larut dan perlu penyelesaian agar tidak melebar menjadi sentimen keagamaan. "Kalau tidak dikembalikan, akan kami lawan," kata alumni salah satu perguruan tinggi di Mekkah, Arab Saudi itu.


Said menyamakan fenomena ini dengan penghilangan beberapa unsur NU dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Ia menyebutkan, dalam literatur sejarah kemerdekaan Indonesia, beberapa peran NU telah dihilangkan.


Menurut Said, sejarah telah menghapus tokoh NU bernama Harun yang meletakkan bom di mobil panglima perang Inggris Mallaby yang tewas pada November 1945 di Surabaya.


"Demikian juga dengan pelaku perobekan bendera warna biru sehingga tinggal Merah-Putih di Hotel Oranye, Surabaya, juga warga NU," ujar Said menambahkan.




Foto: Screen shot Google Maps


Google dituduh menghapuskan Palestina dari Google Maps. Namun, faktanya Google memang tidak pernah melabeli Palestina.


(Baca juga: Palestina Tidak Ada di Maps, Ini Penjelasan Google)


The Guardian menjelaskan, saat Anda mencari Palestina di Google Maps, Anda akan melihat adanya garis batas dari negara tersebut, tapi Anda tidak akan menemukan label Palestina di sana. Karena, meski 136 negara PBB mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, AS dan banyak negara di Barat tidak mengakui hal ini.  


Google tidak mengubah penggambaran Palestina di Maps belum lama ini, tapi, setelah forum wartawan Palestina mengeluarkan pernyataan kecaman pada Google terkait masalah ini, hal ini lalu menyebar melalui media sosial dan badan pemberitaan.


Orang-orang lalu menunjukkan rasa marah mereka dengan menggunakan tagar #PalestineIsHere atau Palestina Di Sini.




Jurnalis berdiri berlatarkan tema KTT Luar Biasa ke-5 OKI "United for a Just Solution" di JCC, Jakarta, Minggu (6/3/2016). Fokus utama KTT OKI ialah pembahasan kemerdekaan Palestina dengan Al-Quds Al-Sharif sebagai ibu kotanya. Foto: MI/Panca Syurkani


Seorang juru bicara Google berkata, "Tidak pernah ada label 'Palestina' di Google Maps. Namun, kami baru saja menemukan sebuah bug yang menghilangkan label untuk 'Tepi Barat' dan 'Jalur Gaza'. Kami sedang berusaha kembali memunculkan label ini."


Sebuah petisi dari bulan Maret yang mendorong Google untuk memasukkan Palestina ke dalam aplikasi peta mereka baru-baru ini kembali mendapatkan perhatian. Sekarang, telah ada hampir 250 ribu orang yang menandatangani petisi tersebut.


Kemarahan yang ditunjukkan oleh orang-orang secara online menunjukkan bahwa teknologi pemetaan mempengaruhi pemahaman seseorang tentang dunia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...peta-palestina

---

Kumpulan Berita Terkait GOOGLE :

- PBNU akan Lawan Google jika tak Kembalikan Peta Palestina

- Palestina Tidak Ada di Maps, Ini Penjelasan Google

- Google Chrome Mulai Ganti Penggunaan Flash Player dengan HTML5

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
11.3K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan