andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Lupakan Phuket, Thailand Punya Hua Hin yang Lebih Tenang


Lupakanlah hingar bingar pantai ala Phuket atau Pattaya di Thailand untuk sementara. Negeri Gajah Putih itu punya kota pantai yang lebih tenang, tapi tidak kalah indahnya yaitu Hua Hin.

Dari sejumlah tujuan wisata di Thailand, nama Hua Hin mungkin masih kalah pamor dibanding Bangkok, Pattaya, Phuket, ataupun Hat Yai. Namun di Hua Hin, wisatawan masih akan bisa menemukan kenyamanan berwisata karena belum terlalu sesak dengan pengunjung.


Pantai Hua Hin yang Sepi dan Tenang handluggageonly.co.uk

Hua Hin masih menyediakan biaya hidup yang masih murah. Anda masih bisa kenyang sarapan dengan uang Rp 10 ribu, bahkan di saat nilai rupiah anjlok drastis seperti sekarang.

Hua Hin berada di pinggir Teluk Thailand. Lokasinya sekitar 200 km di selatan Bangkok, atau perjalanan darat sekitar 3 jam.

Pantainya tenang dengan pasir putih yang berbutir besar. Di sepanjang pantai Hua Hin banyak restoran makanan laut. Pada siang hari kita bisa menyewa kuda untuk menyusuri garis pantai sepanjang 5 kilometer. Sedangkan di malam harinya, banyak keramaian malam yang digelar.

Hua Hin adalah kota yang damai dan tenang, terlindung oleh bukit-bukit cadas yang kokoh. Kata Hua Hin itu sendiri konon memang berarti ‘kepala batu’, mengacu pada perbukitan batu yang melindungi kawasan itu. Dalam catatan sejarah pada tahun 1920 kawasan itu memang didesain untuk peristirahatan atau liburan musim panas untuk keluarga kerajaan. Raja Rama VII yang bertahta di Thailand pada saat itu, disebut sering mengunjungi Hua Hin.

Seperti khas pribumi Asia Tenggara, warga Hua Hin juga cukup ramah menerima pengunjung. Meskipun tak banyak yang mampu menguasai Bahasa Inggris maupun Bahasa Melayu, namun komunikasi dengan mereka bukan sesuatu yang sukar dilakukan. Mereka biasa memahami kebutuhan dasar yang dibutuhkan para pelancong.

Dari Bangkok menuju Hua Hin pelancong bisa berbagai moda transportasi, di antaranya bus, kereta, van bahkan hingga taksi. Banyak mobil van merah yang bisa disewa untuk rombongan. Tak perlu khawatir untuk kehilangan akses informasi karena dilengkapi dengan WiFi dengan sinyal yang bagus.

Sesampai di Hua Hin, pelancong juga bisa memilih akomodasi di sepanjang pantai. Penginapan yang tersedia dari yang kelas mewah hingga kelas hotel melati. Di tempat itu juga tersedia fasilitas spa kelas mewah.

Destinasi lainnya di Hua Hin adalah bisa mengunjungi kebun anggur pada siang harinya dan di malam hari bisa melancong area pasar malam yang menyediakan makanan khas maupun cendera mata khas Thailand.

Yang lebih mengasyikkan lagi dari Hua Hin adalah, biaya hidup yang masih relatif murah. Satu potong roti ukuran besar bisa dibeli dengan harga 14 baht, sedangkan air minum kemasan dalam botol ukuran sedang bisa didapatkan dengan harga 10 baht. Dalam kondisi harga rupiah anjlok seperti sekarang, 1 baht hampir sebanding dengan Rp 400.


Phraya Nakhon: Gua Paling Banyak Difoto Se-Thailand
Phraya Nakhon merupakan gua yang dapat Anda kunjungi juga di Hua Hin. Gua ini adalah gua yang paling banyak diabadikan fotonya di Thailand. Anehnya, tidak banyak informasi yang memunculkan Phraya Nakhon jika Anda cari di mesin pencari.

Tapi satu foto pun sudah bisa banyak berbicara dan menceritakan seberapa bagus dan indahkan Phraya Nakhon ini. Tidak percaya? Bisa lihat foto di bawah ini.


commons.wikimedia.org

Gua Phraya Nakhon terletak di dalam Taman Nasional Khao Sam Roi Yot. Gua ini bisa dicapai dengan menggunakan kapal selama 30 menit, ataupun dengan trailing dari Hat Laem Sala, juga selama 30 menit.

Gua ini terdiri dari 2 lubang besar, dan tedapat Kuha Karuhas pavilion di bawahnya. Pavilion ini dibuat untuk Raja Chulalongkhorn pada tahun 1890, sebagai tempat peristirahatan ketika berpergian pulang balik antara Bangkok dan Nakhon Si Thammarat.

Siapa sih yang tidak betah beristirahat di dalam gua seindah ini?


Wat Huay Mongkol: Kuil Tempat Patung Biksu Luang Phor Thuad yang Terkenal
Kompleks Kuil Wat Huay Mongkol yang terletak sekitar 15 km dari bagian barat Hua Hin ini terkenal akan patung raksasa salah seorang biksu terkenal di Thailand, yaitu Luang Phor Thuad.


Patung Biksu Luang Phor Thuad hodgepodgespv.blogspot.com

Luang Phor Thuad adalah seorang biksu yang bijaksana, baik, dan berpengaruh pada 400 tahun lalu.

“Biksu Luang Phor Thuad hidup di selatan Thailand pada sekitar 400 tahun yang lalu. Karena kebaikan dan kharisma Beliau semasa hidup, masyarakat Thailand kemudian membuat kuil ini dan banyak yang bersembahyang di sini,” ujar Yonkie Yanuar Adjie, Assistant General Manager ASEAN Division CCT Express Co Ltd.

Luang Phor Thuad juga terkenal akan mukjizatnya. Konon, ia dapat mengubah air asin menjadi air tawar segar yang dapat diminum.

Sejumlah besar azimat dikaitkan dengan Luang Phor Thuad. Oleh karena itu, banyak orang Thailand percaya bahwa jimat yang terdapat gambar Luang Phor Thuad mengandung kekuatan perlindungan yang besar, terutama perlindungan dari bencana alam seperti tsunami dan banjir serta dari kecelakaan. Jimat seperti ini dapat dibeli di sejumlah toko di Wat Huay Mongkol.

Baca juga: Traveling Rp200 Ribu, Ayah-Anak Ini Inspirasi Banyak Orang
Sumber: http://adventuretravel.co.id/news-and-tips/


0
31.4K
203
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan