Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dhenny54Avatar border
TS
dhenny54
7 Tempat Wisata yg Dirusak Pengunjung
Selamat Datang di Trit Simple ane gan
Quote:

Berikut 7 kawasan objek wisata di Indonesia yang dirusak oleh pengunjung:

1. Kebun Raya Baturaden
Spoiler for gambar1:

Kebun Raya Baturaden baru saja diresmikan oleh mantan presiden Megawati Soekarnoputri (19/12). Maklum, penggagasnya Mega sendiri, yang kala itu masih jadi RI-1. Alasannya, selama ini di Jawa Tengah belum ada kebun raya. Nah, di sekitar gerbang masuk misalnya, keindahan berbagai jenis bunga warna-warni langsung terlihat.

Di taman seluas 143,5 hektar ini juga dibangun beberapa taman seperti taman paku-pakuan, taman obat, hingaa taman tematik ‘Flora of Java’. Namun, belum genap lima hari sejak diresmikan, bunga yang indah menjadi korban pengunjung yang hobi selfie.

2. Taman Festival Lampion Kaliurang
Spoiler for gambar2:


Daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta yang biasanya ketika malam gelap gulita, kini dihiasi “hutan” lampion yang memanjakan mata. Pemandangan indah itu merupakan prakarsa Taman Pelangi yang bekerjasama dengan Disbudpar Kabupaten Sleman dalam program Festival of Light 2015 bertema Celebration of Lights. Acara ini akan diselenggarakan di Gardu Pandang, Kaliurang sejak tanggal 12 Desember 2015 hingga 31 Januari 2016.

Namun, akibat ulah pengunjung yang tak bertanggung jawab, beberapa lampion yang terpasang di lokasi tersebut rusak berantakan. Mereka dengan seenaknya hilir-mudik di antara taman lampion untuk mengambil foto. Alhasil, banyak lampu yang rusak akibat tersandung kaki pengunjung.

3. Taman Bunga Amarilis
Spoiler for gambar3:


Taman Bunga Amarilis di wilayah Desa Beji, Kecamatan Patuk Gunung Kidul, Yogyakarta, jadi perhatian netizen karena keindahannya disebut-sebut mirip dengan Kebun Bunga Keukenhof, Belanda. Sayang sekali, keindahan bunga berwarna pink cerah dan hanya mekar di awal musim hujan ini, musnah seketika karena ulah pengunjung tak bertanggung jawab.

Serbuan pengunjung yang kebanyakan remaja putri ke taman milik Sukadi itu membuat bunga-bunga yang sedang merekah cantik tersebut terinjak-injak, lalu layu dan rusak. Hampir seluruh tanaman yang berada di lahan seluas 2.350 meter persegi itu tak lagi tersisa karena hancur.

4. Padang Mangateh
Spoiler for gambar4:



Komplek peternakan milik Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas, Kementerian Pertanian, ternyata punya sejarah panjang. Warisan pendudukan Belanda di Indonesia ini sempat menjadi area peternakan terbesar se-Asia Tenggara. Pada tahun 1985, peternakan ini diambil alih oleh Pemerintah RI. Pada April 2012, nama berubah menjadi Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Potong Padang Mangateh, Sumbar. Sapi yang dibiakkan sebanyak 1250 ekor, dari jenis simental, limosin dan sapi pesisir (sapi lokal).

Lokasi itu tiba-tiba menjadi ramai di kungjungi wisatawan setelah sempat dikunjungi Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu. Rumput hijau yang luas serta ratusan ekor sapi berukuran besar, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berlibur di lokasi ala New Zeland itu. Bukan hanya untuk selfie, pegunjung juga membuang sampah sembarangan. Petugas BPTU-HPT akhirnya menutup kawasan ini untuk umum.

5. Jembatan Layang
Spoiler for gambar5:


Musim liburan akhir tahun membuat tujuan wisata di berbagai daerah di Indonesia ramai diserbu pengunjung. Jembatan gantung di kawasan wisata hutan Kota Langsa di Gampong PB. Seuleumak, Langsa Baroe, Aceh, salah satunya. Jembatan yang dibangun pemerintah itu rusak akibat ulah warga yang berfoto selfie. Meskipun tertulis peringatan beban maksimal sebanyak 40 orang, namun orang-orang tak peduli. Tali sleng jembatan gantung akhirnya putus.

Jembatan ini pun ambruk. Ratusan pengunjung yang sedang berada di atas jembatan terjatuh dalam danau hutan kota yang memiliki kedalaman lebih kurang dua meter, Sabtu (26/12). Inilah akibat cuek pada peringatan terkait kapasitas jembatan Pada saat kejadian, jumlah pengunjung yang berada di atas jembatan tersebut mencapai 100 orang lebih! Mereka sedang asik berselfie.

6. Lobang Sewu
Spoiler for gambar6:


Oknum wisatawan di Desa Wisata Lobang Sewu Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, membuat geram Kepala Kantor Pariwisata setempat, Agus Purnomo. Ketika melakukan kunjungan di kawasan wisata Waduk Wadaslintang tersebut, Senin (14/09), ia melihat aksi perusakan dan corat-coret di bebatuan karang.

“Kawasan ini harus dilindungi. Jangan sampai aksi corat-coret terulang lagi. Jika hal itu dibiarkan terus-menerus, maka bukan hanya merusak keindahan dan pesona alami, tapi juga akan mengikis susunan bebatuan yang terjadi secara alami,” tandas Agus. “Bebatuan yang tersusun indah di Desa Wisata Lobang Sewu ini aset wisata berharga. Ini wsata alam yang sangat khas dan tidak dimiliki semua daerah. Wisatawan asing saja datang, bangsa sendiri malah merusak.”

7. Pohon Langka Hutan Namang
Spoiler for gambar7:

Hutan Pelawan Namang di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, awalnya merupakan hutan desa yang dilindungi untuk dijadikan kawasan penangkaran madu alam yaitu madu pahit dan manis pelawan. Sekarang Hutan Namang yang menghasilkan madu tersebut tidak hanya dikenal sebagai kawasan penangkaran madu, tapi sudah menjadi objek wisata alam.

Sayangnya, sejumlah pohon jenis kayu langka yang dilindungi di sana telah cacat karena dirusak pengunjung dengan goresan permanen. Berbagai tulisan dengan benda tajam membuat kondisi batangnya tidak utuh lagi. Hutan seluas 54 hektar kini tampak rawan. Tanpa ketegasan aparat, hutan ini bakal hancur total.

Sungguh sayang sekali, 7 kawasan wisata indah di Tanah Air itu telah rusak, atau menuju kerusakan permanen karena ulah bangsa sendiri. Jika mentalitas para perusak itu demikian, tentu pemerintah atau pengelola lokasi wisata, perlu mengantisipasinya dengan ketentuan atau kalau perlu denda. Memasang kameran CCTV mungkin bisa dicoba.
SUMUR
Quote:

Spoiler for tambahan:

Spoiler for bonus:
Diubah oleh dhenny54 05-01-2016 05:31
0
7.3K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan