Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mufiapyschoAvatar border
TS
mufiapyscho
Terjebak dalam Istilah Ekonomi Kreatif
HOT TRET




Pendahuluan


Apa yang ada di pikiran agan-agan jika mendengar kata “Ekonomi Kreatif”? Pastinya ada yang berpikiran kerjaan yang mengandalkan kreasi dan harus kreatif produknya, lalu ada yang berpikiran tentang produk fashion, kuliner, atau kesenian yang unik. Hal itu tidak bisa dikatakan salah, namun belum akurat. Masih hangat di negara kita tentang kasus makanan ringan “Bikini”, yak makanan ringan ini menjadi kontroversial semenjak dianggap menyalahi etika masyarakat kita. Tetapi bukan hal itu yang menjadi permasalahannya, banyak media dan masyarakat kita terkesan mengkategorikan hal ini sebagai “Ekonomi Kreatif”. Selain itu di kota saya, Bandung akan dilaksanakan forum ekonomi kreatif se-ASEAN namun yang menjadi permasalahan adalah di spanduk reklame pengumumannya kita masih berkutat dalam hal produk kesenian, fashion, dan kuliner yang dianggap unik. Inilah yang menjadi keberatan saya akan implementasi pemahaman “Ekonomi Kreatif” di Indonesia.

“Klo gitu jelasin dong gan apa yang namanya ‘Ekonomi Kreatif’?”


Pembahasan


Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. John Howkins dalam bukunya The Creative Economy: How People Make Money from Ideas, mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai the creation of value as a result of idea. Dalam sebuah wawancara bersama Donna Ghelfi dari World Intellectual Property Organization (WIPO), Howkins menjelaskan ekonomi kreatif sebagai "kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan”. Dalam cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015, ekonomi kreatif didefinisikan sebagai "Era baru ekonomi setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya."
Tercatat beberapa hal yang menjadi karakteristik dari ekonomi kreatif:

1. Diperlukan kolaborasi antara berbagai aktor yang berperan dalam industri kreatif, yaitu cendekiawan (kaum intelektual), dunia usaha, dan pemerintah yang merupakan prasyarat mendasar.
2. Berbasis pada ide atau gagasan.
3. Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.
4. Konsep yang dibangun bersifat relatif.


Sehingga kita dapat simpulkan bahwa Ekonomi Kreatif adalah bentuk kegiatan ekonomi dalam segala bidang yang pengaplikasiannya berupa berbagai ide yang baru serta menarik sehingga dapat menampilkan sebuah kemajuan dan nilai tambah bagi bidang tersebut.
Namun kenyataannya di negara kita, ekonomi kreatif masih dianggap sebagai bentuk ekonomi yang terbatas hanya dalam bentuk “Kreasi yang baru saja” saja atau bisa dibilang “Asal Kreatif” dan hanya berkutat pada bidang terbatas seperti fashion, kesenian, dan kuliner. Padahal sebenarnya ekonomi kreatif harusnya berupa ide baru yang revolusioner, dimana kegiatan ekonomi yang ada dan dilakukan memilki jalur yang tidak biasa dengan kegiatan ekonomi lain pada umumnya.

“Tapi gan kan klo di bidang lain kayak teknologi pastinya mahal modalnya, gimana dong?”
Tentunya hal ini menjadi salah satu faktor yang menghambat ekonomi kreatif, sehingga diperlukan perhatian pemerintah dalam membuat kebijakan yang dapat mempermudah dan memperingan para calon pengusaha ekonomi kreatif dalam mendapatkan pinjaman. Di luar Negeri, Ekonomi kreatif telah berjalan searah dengan teori ekonomi kreatif yang sebenarnya.. banyak pengembangan di bidang bidang lain melalui ekonomi kreatif. Selain itu pendanaan modal mereka tidak lagi bergantung kepada bank, tetapi lebih kepada situs penyedia pendanaan independen seperti Kickstarter, Indiegogo, Patreon,dan GoFundMe.







Tahukah anda tentang Oculus Rift?? Yak teknologi VR (Virtual Reality) ini telah mendunia dan diakui menjadi pelopor industri VR sekarang. Dahsyatnya lagi produk ini bukan bikinan dari perusahaan teknologi besar seperti Samsung, Microsoft, atau Apple, tetapi produk ini murni hasil pendanaan di kickstarter, hebat bukan??

Berikut contoh contoh produk Ekonomi Kreatif yang telah mendunia
OnePlus


Oculus Rift


OUYA


Little With Academia Series


Shenmue 3


KUNG FURY


Under the Dog


The Cyanide & Happiness Show


Nextbit Robin


CHIP


Homebiogas


Axent Wear Cat Ear Headphones


Gojek



"OK makasih deh agan atas pencerahannya. Bisa saranin apa yang harus dilakukan untuk memulai sebuah Ekonomi Kreatif’?”

Dalam memulai ekonomi kreatif, agan bisa memulainya dari beberapa hal:
1. Tentukan Ide Awal Proyek-mu
Ide menjadi tema dalam membangun suatu produk, ide yang ada harus lah uni dan dapat menarik, terutama bagi kaum urban millineal
2. Jangan Lakukan dan Menentukan Keputusan Proyek Sendiri, Rekrut Ahli –ahli terkait
Jangan lakukan semua sendiri, ajak orang orang yang dianggap ahli mengerjakakan sebagian part proyekmu, bisa agan rekrut anak anak kuliahan di bidang bidang khusus, kan klo sukses proyeknya mereka terjamin kerjaannya setelah lulus, bukan?
3. Utamakan “Roadmap of Planning” lalu Pendanaan
Tentukan jalannya perencanaan dan target pengerjaan proyek terlebih dahulu, agar jelas perkembangannya
4. Marketing adalah Hal yang Penting
Jangan lupa promosikan calon produk ekonomi kreatifmu, buat semenarik mungkin agar calon pelanggan menantikan produk-mu
5. Disiplin Waktu dalam Menyelesaikan Proyekmu
Agan tidak bisa berleha leha dalam mengerjakan proyek, janagn sampai ide anda tersaingi
6. Patenkan
Produk kamu yang baru dan sangat unik, harus dipatenkan, ini demi menjaga keberlangsungan produksi dan pemasaran di masa depan.
7. Ketika Usahamu sukses, kembangkan Lagi yang Baru dan Variasikan
Klo sukses, janganlah berhenti karena puasa. Buatlah yang baru lagi dan variasikan agar konsumen tidak bosan.

Terima kasih semua telah mampir di trit ini, bila berkesan tinggalkan pesan dan kesan, juga ditunggu saran sarannya. Jangan lupa cendol nya yeeee.
Diubah oleh mufiapyscho 10-08-2016 02:39
0
26.2K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan