Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arsyilaxelAvatar border
TS
arsyilaxel
MOS dengan agenda positif ??? Siapa bilang mustahil
Pro Kontra MOS udah jadi diskusi umum tiap tahun ajaran baru.
Survey di sekolah ane tahun ajaran baru kemarin sekitar 10% siswa baru bahkan gak ikut MOS karena 'katanya' takut dengan keganasan MOS yg tiap tahunnya memakan korban nyawa. Ada yg beritanya dehidrasi berat, sampai tenggelam disuruh berenang.
-----
Oh ya gan, Permendikbud juga barusan ngeluarin aturan tentang tata cara MOS gan. Mulai dilarang membawa produk bermerk tertentu, menggunkan tas dari kardus, dsb.
-----
Pendidikan karakter dan mental dimasukin ke MOS sih ane kurang setuju, soalnya gak berguna.
Karakter dan mental setiap orang lebih bergantung pada lingkungan sekitarnya mulai dari keluarga sampai temannya.
-----
Semua kembali kepada sebagaimana bijak panitia dalam membuat agenda-agenda yg aka dilaksanakan pada MOS nantinya.
Beberapa agenda umum yg ane fikir baik untuk MOS gan, cekidot :
#Diawal pra-mos dikasih buku sekolah, isinya informasi tentang sekolah.
#Presentasi macam-macam kegiatan ekstrakulikuler,
#Pengenalan sarana & prasarana sekolah via outbond, (Outbond kan seru tuh gan, bisa jadi memori manis buat perorangan nya. Jadi bagaimana caranya sarana & prasarana sekolah itu masuk ke memori manis mereka dan membuat mereka bangga akan almamaternya)
#Teka teki buat nyari ttd guru, disetiap ttd guru ada tes seperti hymne sekolah sampai sejarah sekolah, (manfaatnya siswa lebih dahulu kenal dengan guru sebelum KBM dimulai dan mengetahui informasi sekolah termasuk hymne sekolah)
#Latihan kedisiplinan diri : mulai dari dilarang telat, baju harus rapi sesuai ketentuan, dll yg mencakup aspek sekolah sehari2nya, hukumannya juga kita samakan dengan KBM dihari normal. (Semisal telat ya disuruh hormat ke bendera merah putih sambil nyanyi Indonesia Raya lalu ngambilin daun berserakan) persis seperti KBM di hari normal.
#Tes konsistensi diri : Ini untuk nge tes seberapa konsisten dia dengan apa yg dia lakukan/kemukakan. (Bisa dengan dikasih 2 pilihan yg sama, disuruh milih, tapi setiap pilihannya kita tentang dengan menanyai apa alasannya, bis dilihat apa dia tetap berpegang teguh pada pendapatnya atau nantinya malah ikut kemauan kita.)
#Diberi soal tentang sejarah sekolah dan sedikit pelajaran umum, ini bisa dilaksanakan seperti basis ujian atau tugas normal yg bisa lihat di buku sekolah.
#Dan agenda yg bisa diambil nilai plus untuk sekolah gan = Setiap siswa sekolah menengah, apalagi dijaman sekarang nih ya, pasti udah pada punya Instagram atau akun sosial media lain. Jadi PR nya ya untuk ngefollow instagram sekolah trus di capture dan diprint sebagai bukti (Pengalaman ane dulu waktu jadi peserta mos, disuruh ngefollow IG senior, GAK PENTING banget gan, biar hitz banyak follower gitu? Follow IG osis gpp, karena untuk kemajuan sekolah juga, promosi kegiatan sekolah yg diakomodir oleh Osis)
Masih banyak agenda positif lain yg gak bisa ane keluarkan disini.
Bisa agan tambahin jika ada agenda positif lain
-----
Ane sih juga berusaha semoga sekolah ane bisa melaksanakan mos dengan agenda yg positif baik untuk siswa maupun sekolah.
-----
Walaupun tahun ini ane hanya tutor (bagian yg diomel2in sama yg lebih senior). Gpp gan, udah biasa cuman diomelin.
Setiap ane mengemukakan pendapat diatas selalu ditentang sama mereka (senior) dengan alasan pendidikan karakter dan mental diperlukan. Dan katanya menghindarkan anak-anak baru dari perilaku lebay nan alay dan berubah menjadi lebih dewasa.
Pengurus osis seangkatan ane juga mayoritas gak setuju sama ane karena pendapat yg sama.
-----
Hanya pemikiran ane atau mungkin mayoritas pada masuk osis karena unsur balas dendam MOS atau sebagai sarana agar hitz disekolah? Sarana supaya banyak dispensasi pergi sana pergi sini? Who knows?
"Kalau ane sih murni kepingin OSIS sebagai mediator yg komplit antara siswa dan sekolah. Mulai dari event-event, ekstrakulikuler, dan informasi sekolah, semuanya dirangkum dan bisa dimediatori dengan baik oleh OSIS, jikalau semua pengurus osis berpikir seperti itu. Citra sekolah akan baik dimata umum, bahkan event MOS pun akan berjalan baik dengan memori positif disetiap peserta mos" *Jangan bilang ane pencitraan :v wkwkwk
-----
Yah intinya,
Panitia Bijak --> MOS berjalan dengan baik --> MOS bukan lagi momok bagi siswa baru.
Diubah oleh arsyilaxel 26-06-2016 01:29
0
1.5K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan