kotekawamenaAvatar border
TS
kotekawamena
SURAT TEBUKA UNTUK BUKALAPAK, harap penjelasannya
Kepada Costumer Services BUKALAPAK,
Harap dijelaskan permasalahan saya, berikut kronologi nya:
1. Pada tanggal 2/8/2016 saya berniat membeli ponsel dengan harga 3.108.250 dengan metode pembayaran bukadompet dan tercatat dengan nomor transaksi 160295030203, dengan status transaksi: dibayar
2. 2 hari kemudian ( tanggal 4/8/2016) saya mendapat pemberitahuan bahwa stok di pelapak/seller kosong, sehingga status transaksi : Dikembalikan
3. tanggal 4/8/2016 setelah menungu sekitar 2 jam, dana ternyata belum kembali ke saldo bukadompet saya, sehingga saya mencoba menghubungi pihak bukalapak melalui aplikasi android dan twitternya.
4. mengejutkan, balasan dari e-mail saya mengatakan bahwa pihak buka lapak sedang memproses dana saya dan memiliki fitur baru, yaitu program item replacement, dimana setiap transaksi yang ditolak oleh pelapak/seller maka bukalapak akan mencarikan produk yang sama dengan transaksi sebelumnya tanpa ada biaya tambahan apapun, jika pihak bukalapak tidak dapat menemukan produk yang sesuai, maka dana akan dikembalikan ke saldo bukadompet saya.
5.tidak lama kemudian masuk email kembali bahwa bukalapak telah menemukan barang pengganti, dengan nomor transaksi 160295972347 dengan harga 3.008.605, dan saya harus menunggu pelapak baru untuk mengirimkan pesanan sebelum tgl 8/8/2016, bilamana pelapak tidak mengirim barang, maka dana saya akan kembali ke saldo bukadompet.

WOOOW, fitur baru yang sangat dashyat... buka lapak mencarikan barang sejenis, bila tidak terdapat barang sama baru dana dikembalikan, bukalapak dapat membuat transaksi sendiri dan melakukan pembayaran dari dana pembeli tanpa melakukan konfirmasi, Mungkin satu satunya situs jual beli online diindonesia atau Dunia yang melakukan hal tersebut CMIIW (Correct Me If I Wrong)

permasalahan yang timbul dan permintaan kejelasan:
1. program baru bukalapak item replacement tanpa sosialisasi tersebut apakah valid, kenapa saya diberitahu ketika saya baru menanyakan perihal saldo bukadompet saya? karena biasanya ada fitur bila terdapat pemberitahuan tentang hal2 seperti ini, karena 2 hari sebelumnya saya pernah dilakukan pembatalan juga di transaksi lain oleh pelapak, dana langsung kembali ke bukadompet
2. tanpa bukalapak mengecek histori pemesanan barang saya, bukalapak langsung melakukan transaksi dan melakukan pembayaran tanpa konfirmasi dari saya sebagai pembeli, sekali lagi apakah itu dibenarkan? yang menurut logika saya itu adalah hak saya sebagai pembeli untuk melakukan pembayaran karena merupakan dana saya.
3. jika bukalapak mengecek history transaksi saya, maka dapat dilihat bahwa saya sudah pernah memesan barang tersebut di pelapak yang dicarikan oleh bukapalak, dengan status dicancel oleh pelapak karena alasan ongkos kirim yang terlalu mahal sampai ditempat saya, posisi pelapak marah karena saya mengorder kembali ke dia, tanpa mengetahui bahwa bukan saya yang melakukan pengorderan tersebut, tetapi dari pihak bukalapak.
4. sebagai pembeli saya sangat dirugikan oleh dana saya yang tertahan karena pihak pelapak tidak mau meng cancel orderan tersebut, dikerenakan akan membuat reputasi pelapak buruk karena telah menolak orderan, sehingga dana saya tertahan sampai tanggal 8/8/2016.
5. bagaimana dengan selisih dana dari transaksi yang saya lakukan dengan transaksi yang dilakukan otomatis dari bukalapak?
6. seandainya barang yang sama ada 5 pelapak, apa dengan fitur baru ini bukalapak akan melakukan pencarian otomatis dan melakukan pembayaran otomatis? apabila 5 seller itu menolak baru dana akan kembali? jadi seandainya semua menolak maka dana baru kembali 5 x 4 hari kerja= 20 hari kerja, (setahu saya pihak BL secara otomatis mengembalikan dana 4 hari bila tidak diproses pelapak) begitu perhitungannya? bagaimana bila diantara hari tsb saya berubah pikiran tidak jadi membeli yang menurut saya kebebasan saya karena saya manusia yang sewaktu waktu berubah dapat berubah pikiran.
*karena saya melakukan transaksi barang seken, bagaimana mungkin bukalapak bisa mencarikan barang sejenis? karena kondisi barang seken pasti tidak akan sama 1 dengan yang lain.

surat pembaca ini akan ditutup bilamana terdapat penjelasan yang memuaskan.

Spoiler for transaksi 160295030203 yang dicancel karena barang habis:


Spoiler for Transaksi yang dilakukan pihak BUKALAPAK tanpa konfirmasi pembayaran:


Spoiler for transaksi di pelapak yang diorder pihak BL yang pernah dicancel sebelumnya:


Spoiler for email dari CS BL:


Update solusi sementara:
1. setelah bardebat akhirnya pelapak dan saya bersepakat untuk melanjutkan transaksi, sementara transaksi dalam proses pengiriman.
2. Menurut BUKALAPAK selisih uang transaksi yang masih ada akan dikembalikan ke saldo bukadompet setelah barang diterima oleh saya.

update yang belum dijawab:
1. sistem bukalapak yang langsung membuat transaksi dan langsung melakukan pembayaran tanpa konfirmasi saya, menurut CS Billy BUKALAPAK telah mengirim email sebelum melakukan pemesanan otomatis yang dapat dicancel apabila saya tidak berkenan melakukan transaksi tersebut, tetapi saya tidak mendapat email tersebut .
akakn diupdate selanjutnya....

Tujuan saya membuat surat terbuka ini bukan untuk menjatuhkan pihak manapun, tetapi agar Startup Indonesia menjadi lebih baik dengan kritikan yang diterima, dan juga agar Startup Indonesia bisa lebih memperhatikan Perlindungan konsumen dalam hal ini adalah SELLER yang membangun Bisnis lewat perantara BUKALAPAK dan Saya sebagai BUYER.

Update: bukalapak telah mengupdate aplikasinya dengan fitur tersebut, yang dpat dipilih buyer untuk menyetujui atau menolak layanan fitur item replacement
case closed, trims to admin kaskus n bukalapak yg telah memperhatikan hal ini
Diubah oleh kotekawamena 25-10-2016 00:51
0
9.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan