Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Kemenhub anggap Lion Air tidak sepenuhnya bersalah

Maskapai penerbangan Lion Air kembali mengalami keterlambatan penerbangan hingga berjam-jam.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan Lion Air belum bersalah atas keterlambatan (delay) penerbangan yang terjadi hari Minggu (31/7/2016) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dari hasil pertemuan pihak Lion Air dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Selasa (2/8/2016) siang, disebutkan juga sanksi kepada maskapai Singa Merah akan diputuskan setelah Kemenhub selesai melakukan evaluasi ulang atas kejadian yang sempat membuat ratusan penumpang mengamuk itu.

"(Delay) Ini disebabkan Lion atau ada sebab lain? Jadi bukan delay, langsung sanksi," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo, dalam Warta Kota.

Menurut Hemi, ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab keterlambatan Lion Air, seperti sarana, sistem, dan sumber daya manusia (SDM) di bandara yang kurang memadai. Sehingga perlu adanya komunikasi dengan seluruh maskapai.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Lion Air, Edward Sirait mengaku dalam pertemuan bersama Menhub yang baru tersebut, pihaknya sudah menyampaikan informasi terkait keterlambatan yang terjadi.

"Sebelumnya kami mohon maaf atas kejadian kemarin, data kejadian sudah kami paparkan ke Pak Menteri, akan kami lengkapi dengan data yang lain," ucapnya.

Di sisi lain, Plt Dirut Angkasa Pura II (AP II), Djoko Muriatmodjo, mengatakan pihaknya tak dapat berbuat banyak atas keterlambatan tersebut karena AP hanya bertugas sebagai penyedia fasilitas.

Sebagai penyedia fasilitas, AP II memastikan agar para penumpang yang terkena keterlambatan tidak terlantar dan tak melakukan aksi anarkistis. "Penanganan selanjutnya lebih banyak di maskapai. Kalau koordinasi iya, kita selalu koordinasikan apa yang diperlukan maskapai supaya mereka bisa mengurangi delay-nya. Tapi hanya sebatas itu kapasitas AP," kata Djoko dalam detik.com.

Seperti diketahui, pada Minggu (31/7/2016), Lion Air kembali mengalami keterlambatan penerbangan belasan jam hingga menyebabkan ratusan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terlantar. Akibat keterlambatan tersebut, penumpang sempat nekat memblokir runway di Terminal 1 A.

Lima penerbangan yang tertunda yakni JT 650 rute Cengkareng - Lombok, JT 630 rute Cengkareng - Bengkulu, JT 590 rute Cengkareng - Surabaya, JT 582 rute Cengkareng - Surabaya dan JT 526 rute Cengkareng - Banjarmasin.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...uhnya-bersalah

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan