Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Tak ada Gadget, Internet atau WiFi, Begini Suasana dalam Pesawat di Awal Tahun 1950an


Kebutuhan akan internet saat ini memang sangat tinggi. Tak hanya ketika berada di darat, akses internet pun juga banyak digunakan oleh para penumpang pesawat. Terlebih saat ini tak sedikit pula layanan maskapai yang menyediakan fasilitas berupa internet WiFi gratis kepada para penumpangnya.


Pesawat jadul di tahun 1940an (kredit: Wikipedia)

Dengan fasilitas yang lengkap seperti itu, hiburan di atas pesawat pun terasa sangat lengkap. Para penumpang pun tak akan merasa bosan selama penerbangan. Berbagai aktivitas dapat dilakukan, bisa update status, mengambil foto dari jendela pesawat, memotret kondisi di dalam pesawat atau sekedar ngobrol dengan penumpang lain.

Nah itu kondisi pada zaman sekarang. Namun bagaimana dengan suasana di dalam pesawat ketika internet masih belum diciptakan. Dan apakah kemudian para penumpang pesawat di zaman dulu merasa kebosanan? Foto-foto jadul yang dikumpulkan oleh AirlineRatings pun membuktikan kalau orang-orang zaman dulu mempunyai banyak aktivitas yang bisa dilakukan di atas pesawat. Dan nampaknya, rasa bosan tidak muncul di wajah-wajah mereka.

Berikut ini adalah foto-foto jadul suasana di dalam pesawat yang diambil dalam rentang waktu antara tahun 1950an hingga 1960an. Sayangnya, dalam deretan foto-foto ini tidak ada yang berasal dari Indonesia ya...

Dilihat dari foto-foto di bawah ini, tentunya suasana di dalam pesawat bakal sangat jauh berbeda dengan kondisi sekarang ya. Dan pada zaman dahulu, hanya orang-orang tertentu yang mempunyai kemampuan finansial untuk melakukan perjalanan udara. Dan kayaknya bakal tidak ada tuh yang namanya para pemburu tiket pesawat promo... hahahah

Dan pada penumpang yang ada di pesawat jadul pun kebanyakan adalah mereka yang memang kalangan eksekutif. Gambar-gambar di bawah pun merefleksikan gaya hidup mereka, di mana pakaian yang digunakan bukan pakaian murah dan perhiasan menjadi aksesoris yang harus selalu menempel.

Surganya perokok

Pesawat-pesawat di zaman dulu sepertinya memang tidak dilengkapi dengan fasilitas pendingin berupa AC ya. Entah benar atau tidaknya, ini hanya spekulasi saya belaka. Namun foto jadul mengungkapkan kalau pesawat zaman dahulu menjadi lokasi surganya para perokok. Foto dari pesawat Douglas DC-7 di tahun 1950-an pun memperlihatkan kondisi ini.



Bermain catur

Cara lain untuk menghapuskan kebosanan pada saat berada di atas pesawat di zaman dahulu adalah bermain catur. Dan papan permainan catur pun sepertinya merupakan properti dari maskapai dan memang disediakan sebagai fasilitas bermain untuk para penumpang.



Bermain kartu

Fasilitas hiburan lain yang nampaknya disediakan oleh pihak maskapai di zaman dahulu adalah permainan kartu. Dan tentunya, tak hanya orang tua yang memanfaatkan waktunya di atas pesawat untuk bermain kartu. Para anak-anak pun tak ketinggalan untuk bermain kartu.



Sebuah foto jadul pun memperlihatkan bagaimana seorang anak bermain menumpuk kartu. Gambar ini diambil dari sebuah pesawat jet yang tentunya mempunyai laju penerbangan yang lebih smooth kalau dibandingkan dengan pesawat biasa. Kalau penerbangan tidak lancar, tentunya kartu-kartu bakal tidak bisa ditata seperti pada gambar bukan?

Ngobrol dengan pilot

Entah apakah fenomena seperti ini juga masih bisa dijumpai pada kondisi sekarang, di mana para pilot menyempatkan waktunya untuk ngobrol-ngobrol dengan para penumpang. Hal ini pun menjadi salah satu tugas PR yang penting bagi para pilot. Terlebih untuk menjamin keamanan selama masa penerbangan.



Selain itu, dalam foto lainnya diperlihatkan bagaimana seorang pilot memberikan waktunya untuk sharing informasi dengan anak kecil. Nampak rasa bangga diperlihatkan pada wajah pilot dan sang anak pun mendengarkan penjelasan pilot dengan antusias. Mungkin si anak punya keinginan juga jadi pilot ya.

Makanan enak

Pelayanan yang diberikan oleh para awak pesawat maskapai zaman dahulu pun sangat jauh berbeda dengan kondisi sekarang. Harga nampaknya disesuaikan dengan kualitas pelayanan juga ya. Dan tentunya, naik pesawat di era dulu merupakan sebuah kemewahan yang tak bisa diperoleh setiap orang. Untuk itu, tidak heran kalau pelayanan wah juga diberikan oleh para awak pesawat kepada para penumpang.



Salah satunya adalah dengan pemberian makanan yang sangat variatif. Dan tentunya, makanan untuk anak juga disajikan secara berbeda oleh para awak pesawat. Menu makanan mewah juga disajikan di dalam pesawat. Bahkan para penumpang juga memperoleh layanan penuh dari seorang waiter. Tak ubahnya seperti berada di restoran deh kalau menengok kondisi di dalam pesawat zaman dulu.

*sumber gambar: AirlineRatings.com

SUMBER
zharki
zharki memberi reputasi
1
6.8K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan