kashipkusAvatar border
TS
kashipkus
WOW! Pendapatan Pokemon Go Mencapai 26 Miliar Rupiah Perhari


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sukses dalam semalam? Bagi John Hanke itu memerlukan 20 tahun untuk membuat Pokemon Go.

John Hanke adalah CEO dan pendiri Niantic. Dia adalah salah satu karyawan Google yang berjasa dalam mengembangkan Google Earth dan Maps. John Hanke jugalah yang menciptakan Pokemon Go.

Minggu ini, aplikasi Pokemon Go telah memecahkan semua rekor, dengan 10 juta lebih download dalam minggu pertama, melebihi pengguna aktif harian Twitter, dan dengan waktu rata-rata pengguna lebih tinggi dari Facebook, Snapchat, Instagram & WhatsApp.

Berikut 10 tingkat yang ia capai dalam hidupnya untuk membuat Pokémon Go:

1st Level up:Pada tahun 1996, saat masih mahasiswa, John co-menciptakan MMO pertama (massively multiplayer online game) yang disebut ‘Meridian 59’. Dia menjual game ini kepada 3DO untuk beralih ke passion yang lebih besar: mapping the world.

2nd Level up: Pada tahun 2000, John meluncurkan ‘Keyhole’ , cara untuk menghubungkan peta dengan foto udara, dan menciptakan GPS-linked 3D aerial map of the world online pertama.

3rd Level up: Pada tahun 2004, Google membeli Keyhole dan dengan bantuan John, ternyata Keyhole menjadi apa yang sekarang menjadi ‘Google Earth’. Saat itulah John memutuskan untuk fokus pada menciptakan game berbasis GPS.

4th Level up:
John bergabung tim Google Geo 2004-2010, menciptakan Google Maps dan Google Street View. Selama itu, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon Go.

5th Level up: Pada tahun 2010, John meluncurkan Niantic Labs sebagai start-up yang didanai oleh Google untuk membuat permainan layer on maps. John menjelaskan mengapa ia menyebutnya Niantic:

“The Niantic is the name of a whaling ship that came up during the gold rush and through a variety of circumstances got dragged on shore. This happened with other ships, too. Over the years, San Francisco was basically just built over these ships. You could stand on top of them now, and you wouldn’t know it. So it’s this idea that there’s stuff about the world that’s really cool but even though it’s on the Internet, it’s hard to know when you’re actually there.”

6th Level up: Pada tahun 2012, John kemudian menciptakan Game geo-based MMO pertama Niantic bernama “ingress”:

John menjelaskan: “Dalam kasus Ingress, aktivitas tersebut berlapis-lapis di atas dunia nyata dan di ponsel Anda. Inspirasinya adalah bahwa itu sesuatu yang selalu aku gunakan saat melamun ketika aku sedang di Komuter bolak-balik dari rumah ke Google. ”

“Saya selalu berpikir Anda bisa membuat permainan mengagumkan menggunakan semua data Geo yang kita miliki. Saya menyaksikan ponsel menjadi lebih dan lebih kuat dan saya pikir waktunya akan tiba bahwa Anda bisa melakukan permainan petualangan yang benar-benar mengagumkan berbasis dunia nyata.”

7th Level up: Pada tahun 2014, Google dan Perusahaan Pokemon bekerja sama untuk ‘April Fools’ Day joke, yang memungkinkan pengguna menemukan Pokemon pada peta Google. Itu menjadi viral, dan John berpikir ide ini bisa berubah menjadi permainan nyata.

8th Level up: John memutuskan untuk membangun Pokemon Go pada user-generated meeting points oleh pemain Ingress, dan yang paling populer akan menjadi Pokéstops dan gyms di Pokemon Go:

John mengatakan, “The Pokéstops diserahkan oleh pengguna, jadi jelas mereka berdasarkan tempat orang pergi. Kami memiliki dasarnya dua setengah tahun orang pergi ke semua tempat di mana mereka pikir mereka harus bisa bermain Ingress, sehingga beberapa tempat yang cukup terpencil. Ada portal di Antartica dan Kutub Utara, dan sebagian besar poin di antaranya. ”

9th Level up: John mendapatkan $ 25 juta dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya dari Desember 2015 sampai Februari 2016 untuk mengembangkan timnya menjadi 40 orang lebih untuk meluncurkan Pokemon pada tahun ini.

10th Level up: John dan timnya meluncurkan Pokémon Go pada 6 Juli di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat menjadi $ 7,5 milyar, dan aplikasi ini sudah menghasilkan lebih dari $ 2.000.000 atau setara 26 miliar rupiah setiap hari dari in-app purchases, menjadikan ini sebagai fenomena semalam.

Keberhasilan semalam Pokemon Go telah menghabiskan 20 tahun waktu John Hanke. Sepanjang 20 tahun ini, ketika ia memiliki visi yang besar dari lapisan permainan seluruh dunia. Pada setiap langkah, dia hanya terfokus pada level berikutnya.

Pada setiap tingkat yang baru, ia memiliki kekuatan baru, anggota tim baru, dan item baru dalam persediaan nya …

Are you, like John, treating your own entrepreneurial journey like one big MMO?

Keep the end in mind, but focus today on simply levelling up.

At every level, grow your powers, your team, and your luck.

And know it takes many levels to win the game.

“It takes 20 years to make an overnight success.” ~ Eddie Cantor

sumber: Pendapatan Pokemon Go Mencapai 26 Miliar Rupiah Perhari
0
4.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan