BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Menanti kemegahan Terminal 3 Ultimate Soetta

Seorang pekerja membawa peralatan yang akan dipasang di sebuah sudut di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6/6/2016). Terminal itu rencananya akan beroperasi pertengahan Juni 2016 dan diproyeksikan menampung semua penerbangan internasional.


Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta tahap satu sudah mencapai akhir. Ditargetkan bisa beroperasi untuk melayani masyarakat yang akan mudik tahun ini.

Saat ini progres pembangunan sekitar 97 persen. Tinggal menyelesaikan interior dan commisioning atau ujicoba.

Terminal yang memiliki panjang 1 kilometer dan luas bangunan 422.804 meter persegi ini memang dikerjakan dalam dua tahap. Untuk tahap satu adalah soft operation, yang akan dimulai Mei mendatang. Sementara full operation dilakukan pada Maret 2017.

Di tahap awal terminal diperkirakan dapat menampung 15 juta penumpang per tahun. Jika tahap dua rampung, maka terminal bisa menampung 10 juta penumpang. Sehingga, total kapasitas akan mencapai 25 juta penumpang pada 2017.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya terminal baru ini dibangun dengan konsep kearifan lokal yang terdiri dari seni budaya dan kuliner.

Pihaknya menggandeng seniman Sardono Waluyo Kusumo--yang diorder untuk membuat 20 lukisan besar yang akan dipajang di tembok-tembok terminal. Selain itu akan dihadirkan pula patung Garuda setinggi 18 meter karya pematung Nyoman Nuarta. "Lukisan saya panjangnya 10 sampai 20 meter," kata Sardono.

Sementara Nyoman Nuarta menjelaskan, dirinya sedang membuat patung raksasa itu dari bahan tembaga dan kuningan di Studio Bandung. Patung ini dibuatkan rangka berbahan baja dan stainless steel--sehingga tahan ratusan tahun dari pengaruh cuaca. "Patung ini berat sekali, sehingga pemasangannya rumit," ujarnya.

Terminal ini juga bisa dijadikan rekomendasi buat para pecinta kuliner. Area seluas 3.261 meter persegi di area keberangkatan domestik akan diisi berbagai gerai F&B (Food & Beverages) dari merek-merek terbaik di bidang kuliner lokal dan internasional.

Selain jadi tempat kuliner, di area terminal juga akan dibangun tempat menginap, alias hotel dengan label bintang empat. Dana investasinya disebut-sebut mencapai Rp400 miliar. Hotel ini didesain memiliki dua gedung utama dengan 400 kamar di dalamnya.

Hotel yang akan mulai dibangun bulan depan ini diprediksi rampung dan dapat dioperasikan pada 2017 mendatang, bersamaan dengan operasional penuh Terminal 3 Ultimate dan kereta Bandara Soekarno Hatta.

Tak hanya memperhatikan seni dan kuliner, bandar ini juga dilengkapi berbagai fasilitas canggih.

Misalnya, bakal dipasang puluhan CCTV yang siap memantau gerak-gerik penumpang. Kemudian terminal juga dilengkapi garbarata ganda khusus untuk pelayanan pesawat berbadan besar seperti Airbus 380.

Sementara untuk moda transportasi, pihak bandara telah menyiapkan bus dan monorel yang menghubungkan Terminal 3 dengan sejumlah bandara dan terminal lainnya.

Terminal 3 Ultimate memiliki lima lantai. Lantai paling bawah digunakan sebagai terminal kedatangan dan lantai 2 digunakan sebagai terminal keberangkatan. Sementara sisanya akan digunakan sebagai lounge dan sarana perkantoran. Di dalam terminal, nantinya akan dipisahkan mulai dari lokasi check in dan ruang tunggu internasional dan domestik.

Keseluruhan pembangunan diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2019 mendatang. Terminal seluas 333.101 meter persegi ini selanjutnya akan mendapat penambahan landasan pacu dengan dimensi 3000 meter x 60 meter.

Begitu terminal baru tersebut beroperasi, maskapai Garuda Indonesia rencananya akan langsung memanfaatkannya untuk melayani seluruh rute penerbangannya, baik domestik maupun internasional.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ltimate-soetta

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
16.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan