metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Listrik Sesuai Standar, Menteri Rizal Minta Terminal 3 Ultimate Diverifikasi Ulang


Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta Kementerian Perhubungan RI melakukan verifikasi ulang terhadap kelistrikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (BSH) Tangerang, Banten. Sehingga terminal itu bisa digunakan pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1437 Hijriah.


Menurut Rizal, verifikasi ulang bertujuan memperlancar rencana mengoperasikan Terminal 3 Ultimate. Ia juga menemukan beberapa hal harus diperbaiki di terminal tersebut.


"Presiden Joko Widodo maunya terminal digunakan saat mudik. Untuk sementara rencananya baru lima rute tujuan penerbangan seperti Solo, Semarang, dan Yogyakarta," kata Rizal saat memantau Terminal 3 Ultimate, Jumat (24/6/2016).


Rizal memantau beberapa area di Terminal 3 Ultimate. Rizal mengakui terminal tersebut tak kalah canggih dengan Terminal 3 Bandara Changi Singapura.


"Saya kalau lihat ini (terminal 3 Ultimate) semangat, dan bangga jadi orang Indonesia. Ini kalau sudah jadi bisa diadu dengan Changi 3," katanya.  


Terminal 3 Ultimate, katanya, berdiri di atas lahan sepanjang 1,4 Kilometer sejak awal pembangunan. Ia pun membandingkan dengan bandara lain yang berkembang saat jadwal penerbangan sudah penuh. Sehingga pembangunannya ruwet dan tak membuat penumpang nyaman.


Selain itu, katanya, sistem back up listrik pun siap dalam waktu enam detik. "Padahal, standar internasionalnya 15 detik," ungkap Rizal.


Sedianya, Terminal 3 Ultimate beroperasi pada 20 Juni 2016. Namun Direktur Kebandarudaraan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Yudhi Sari Sitompul mengatakan menunda pengoperasian. Alasannya, komponen pendukung tak memenuhi standar. Misalnya listrik.


Baca: Listrik Belum Nyala, Terminal 3 Ultimate Terancam Batal Beroperasi


"Genset untuk pasokan listrik tidak memyala sehingga peralatan di sana tidak beroperasi," kata Yudhi saat memaparkan hasil uji coba Terminal 3 Ultimate BSH di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (16/6/2016).


Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...rifikasi-ulang

---

Kumpulan Berita Terkait BANDARA :

- Listrik Sesuai Standar, Menteri Rizal Minta Terminal 3 Ultimate Diverifikasi Ulang

- Pekan Depan Taksiran Tanah Terdampak Bandara Diumumkan

- Bali akan Miliki Bandara Terapung

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
870
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan