Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Lezatnya sajian khas berbuka puasa di berbagai negara
Merdeka.com - Kalau di Indonesia ada kolak, negara-negara lain punya hidangan yang berbeda untuk merayakan bulan suci Ramadan. Makanan-makanan ini bisa terbawa ke benua lain berkat para imigran yang ingin mencicipi hidangan kampung halaman saat berpuasa.

Seperti apa lezatnya hidangan Ramadan dari berbagai negara di dunia? Berikut ini kami sajikan beberapa di antaranya.

Hyderabadi Haleem - India



Haleem merupakan salah satu kuliner yang sangat digemari di India. Selain populer di kala Ramadan, Hyderabadi haleem juga biasa disajikan di pesta-pesta pernikahan.

Makanan ini berupa rebusan yang terdiri dari daging, lentil, dan gandum tumbuk yang dibuat menjadi pasta kental. Salah satu variasi haleem yang paling khas adalah Hyderabadi haleem. Hidangan yang aslinya berasal dari Arab ini dibawa ke Hyderabad oleh orang Chaush selama pemerintahan Nizam.

Nasi jollof - Nigeria



Nigeria merupakan tuan rumah komunitas muslim terbesar di Afrika Barat. Tradisi berbuka puasa di negara ini cukup kental, dengan kuliner khas Afrika dan Timur Tengah menjadi primadona di setiap Ramadan.

Salah satu makanan khas yang sering muncul saat Ramadan di Nigeria adalah nasi jollof. Bisa dibilang, nasi jollof adalah paella-nya Afrika Barat. Disebut juga benachin, nasi jollof dimasak dalam kuali besar, dengan bumbu tomat, cabai, dan aneka jenis lauk.

Bubur lambuk - Malaysia



Bubur lambuk merupakan hidangan wajib saat Ramadan di Malaysia. Menurut Discover Malaysia, hidangan ini terbuat dari beras, potongan daging, santan, dan rempah-rempah yang beragam.

Biasanya bubur lambuk disajikan untuk buka bersama di masjid atau di rumah bersama keluarga. Para pedagang di pasar Ramadan pun banyak yang menjajakan makanan ini.

Iftariyelik tabagi - Turki



Iftariyelik tabagi berarti 'piring iftar', meliputi makanan-makanan kecil yang disajikan dalam piring untuk berbuka puasa.

Sepiring iftariyelik tabagi biasanya berisi kurma, zaitun, keju, pastrma, sujuk, roti pide, dan berbagai varian kue yang disebut borek.

Kolak ayam - Indonesia



Ini bukan kolak biasa karena tidak terbuat dari pisang, labu, atau ketela. Kolak ini terbuat dari ayam, gula merah, jintan, daun bawang, dan santan kelapa.

Makanan ini merupakan kuliner khusus Ramadan di Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kolak ayam merupakan bagian dari tradisi yang resepnya sudah berusia ratusan tahun.

Kolak ayam selalu disiapkan di area Masjid Jami' Sunan Dalem pada tanggal 22 atau malam 23 Ramadhan. Metode memasaknya harus menggunakan cara tradisional. Yang memasak pun harus laki-laki.

Zalabiya - Yaman



Zalabiya atau zulbia merupakan panganan manis yang cukup populer di Asia Selatan, Asia Barat, dan Afrika Utara. Di Yaman, makanan ini biasa dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Masih bersaudara dengan jalebi yang populer di India dan negara-negara tetangganya, zalabiya dibuat dari adonan tepung, telur, dan susu. Setelah digoreng, zalabiya dibaluri gula cair.

Kilele - Mesir



Kilele adalah sejenis buah kaktus yang bisa dimakan. Bentuknya mirip dengan buah naga, tetapi berukuran lebih kecil. Kilele cukup populer sebagai buah takjil di Mesir. Pada saat bulan Ramadan, buah ini biasa dijajakan di pinggir jalan atau pasar.

Lalmohan - Nepal



Lalmohan atau dikenal juga dengan gulab jamun termasuk panganan manis yang populer di negara-negara Asia Selatan. Bentuknya menyerupai donat bulat yang digoreng, kemudian disajikan dengan yogurt dingin.

Lahm Lhalou - Aljazair



Lahm lhalou berasal dari bahasa Arab yang berarti 'daging manis', terbuat dari daging domba yang dimasak dengan buah prune dan kuah berbumbu kunyit. Menurut Whats4eats, biasanya kebiasaan berbuka puasa warga Aljazair dimulai dengan memakan beberapa buah kurma, kemudian disusul dengan Lahm Lhalou. Di luar bulan puasa, makanan ini biasa dijadikan menu sarapan.

Itulah beberapa sajian khas bulan Ramadan dari berbagai negara di dunia. Ada yang sudah pernah kamu cicipi?

sumur: http://www.merdeka.com/gaya/lezatnya...litnews-3.html


Bila Berkenan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
3.7K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan