Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ashenkkAvatar border
TS
ashenkk
Membuat Proyek Open-Source Framework CSS Indonesia
Halo bro/sista, ane salah satu pecinta dunia pemrograman web, mau nanya sesuatu nih... Sebelumnya, coba ane kasi introduksi dulu ya..

Belakangan ini kan lagi marak-maraknya bahasa "Framework". Terlebih lagi dalam perkembangan dunia IT, khususnya di bidang engineering dan lebih mendalam kepada "Website", sudah banyak framework-framework yang membantu kita sebagai programmer dalam membuat sebuah perangkat lunak menjadi lebih mudah, efisien simple dan hemat waktu. Misalkan saja, kalo kita ingin membuat sebuah website atau aplikasi website, berbasis pemrograman server, seperti menggunakan bahasa pemrograman "PHP", sudah ada banyak framework-nya, seperti "Code Igniter", "Laravel", "Cake PHP", dll.

Nah, tak luput dalam pembuatan tampilan layout website/aplikasi website, yaitu dalam penggunaan bahasa CSS-nya, ada juga banyak berkembang framework-framework css seperti "Bootstrap", "Foundation", "Material CSS", dll.

Namun, seluruh framework-framework ini kan yang membuat dan mengembangkannya tentu dari luar, bukan karya anak bangsa.

Nah, dari pernyataan dan informasi diatas, ane ada ide untuk membuat dan mengembangkan framework CSS dari dan untuk bangsa kita sendiri. Dimana proyek ini bersifat "Open-Source" alias FREE dan terbuka untuk dipakai, di-distribusikan dan dikembangkan oleh siapapun. Dan juga, nantinya proyek ini akan menyiapkan dokumentasi-dokumentasi sedemikian rupa untuk memudahkan para developer yang ingin menggunakan framework ini.

Misalnya, dalam penggunaannya, kita menggunakan alat bantu seperti SASS untuk mempermudah merubah tampilan/layout, dll, dsb.

Oke, kira-kira, dari kalian semua, ada yang berminat untuk membuat dan mengembangkan proyek ini ga? Ya, sebelumnya sih, ane mau kasih tau bahwa proyek ini merupakan proyek non-profit, alias sukarela. Jadi, intinya disini kita tidak mengutamakan adanya penghasilan, namun kita mengutamakan adanya sharing ilmu, wawasan dan juga koneksi. Jadi, bersama-sama kita bisa memajukan bangsa dalam bidang IT terutama dalam pemrgoraman.

Nah, ane lagi ngembangin framework css ini dengan tujuannya menggabungkan berbagai macam framework css yang ada saat ini.

Nama frameworknya adalah "IndoneCSSia", hehe diambil dari kata Indonesia + CSS (Maaf, agak maksa :P)

Link untuk reponya disini: https://github.com/nurimansyah/IndoneCSSia

Buat yang mau ikut kontribusi, ada 2 cara yaitu:
1. Jadi kontributor tetap.
2. Jadi kontributor bebas.

Bedanya, kalo kontributor tetap, agan punya hak akses untuk Pull & Push (Full Akses).
Kalo kontributor bebas, hanya dapat Pull dan Pull-Request.

Btw, untuk jadi kontributor tetap, bisa isi form disini: http://goo.gl/forms/HW00S6ZMTw0vnNGk1
Nanti, saya coba kontak dan interview dikit. Kalo lulus, saya kirim email tata cara dan aturan mainnya, plus full hak akses contributor pada reponya.

Sekali lagi, mohon maaf kalo agak sedikit promo, tapi yang jelas niat ane bukan promo, tapi minta bantuan dan juga apresiasi dari para programmer" Indonesia. Jangan kalah sama programmer luar yang saling bekerja sama buat produk Open-Source. Kita juga harus bisa buat produk open-source sendiri emoticon-Big Grin

Btw, ane baru buat bagian "Tipografi", "Warna", dll, dsb. Plus sistem grid juga lagi ane buat. Nanti ane update lagi, ngantuk...

Again, thx before emoticon-Big Grin, see you in development!
0
1.6K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan