BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Roy Suryo, dihimpit isu penguasaan aset negara dan sindiran netizen

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, memberikan sambutan saat melepas rombongan Jejak Roda Petualang Jakarta-Sabang Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di Jakarta (5 Mei 2016).
Roy Suryo konon masih memegang sejumlah aset negara, yang melekat padanya semasa menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Januari 2013 - Oktober 2014).

Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menyurati dan meminta Roy Suryo agar lekas mengembalikan aset-aset itu. Juru Bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa surat itu sudah diteken oleh Menpora Imam Nahrawi.

"Hari ini Pak Menteri (Imam Nahrawi) sudah menandatangani surat yang ditujukan Pak Roy Suryo, yang isinya meminta untuk mengembalikan aset yang belum dikembalikan," kata Gatot, dikutip CNN Indonesia, Kamis (16/6/2016).

Menurut Gatot, surat itu merujuk pada hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas aset-aset Kemenpora. Namun, Gatot enggan memerinci jenis aset yang dikuasi Roy. Ihwal itu, Gatot hanya menyebut, "yang jelas angkanya cukup signifikan."

Di sisi lain, Roy menyebut perkara ini "tidak masuk akal." Menurutnya bila Kemenpora hendak melakukan pengambilan aset, hal itu mestinya dilakukan sejak satu atau dua bulan ketika dirinya tak lagi menjabat sebagai menteri.

Roy pun menyinggung predikat wajar dengan pengecualian (WDP) yang diberikan BPK semasa dirinya memimpin Kemenpora. "Kalau sudah WDP itu menurut saya sudah clear, tidak ada apa-apa," kata Roy, dikutip Tempo.co.

Sebenarnya, pada Oktober 2014 sudah ada ribut-ribut soal aset Kemenpora yang dikuasai Roy. Merujuk laporan CNN Indonesia (30 Oktober 2014), Kemenpora sudah membentuk tim investigasi untuk menginventarisir aset-aset mereka. Ribut-ribut itu hanya berjarak sekitar beberapa pekan setelah Roy lengser dari jabatan Menpora.

Atas tudingan membawa pulang aset ini, Roy pun balik menuding bahwa ada yang salah dengan Kemenpora. Pada 2014, ia bahkan mengatakan ada usaha untuk mendiskreditkan dirinya.

Roy boleh punya pembelaan, khalayak juga bisa memberi penilaian.

Di media sosial, topik ini sudah menjadi sorotan tweeps. Kamis (16/6) sore, kata kunci "Bawa Pulang Aset Negara" tercatat dalam Tren Twitter Indonesia. Sejumlah tweeps memang langsung menyindir Roy dalam kasus ini.

Akun perajin meme, @digembok (21 ribu pengikut) ikut mengirimkan beberapa gambar lucu sebagai sindiran untuk Roy.

Catatan lain, Tempo.co menduga aset yang dikuasai Roy adalah peralatan rumah tangga. Dugaan itu jadi bahan olok-olokan bagi tweeps.

Tweeps pun ramai-ramai menduga jenis barang negara yang dibawa Roy. Walhasil, tersebutlah ragam peralatan rumah tangga, seperti ember, sendok, garpu, panci, televisi, dan kulkas.

Pun saat melempar sindiran macam itu, tweeps terlihat tak sungkan mengarahkan (mention) kicauannya ke akun @KRMTRoySuryo (102 ribu pengikut) --yang diyakini milik Roy.
Pak @SBYudhoyono Jago main gitar #NowPlaying Balikin-Slank Feat @KRMTRoySuryo [URL="https://S E N S O Rxmr53qqKTw"]pic.twitter.com/xmr53qqKTw[/URL]
— el (@digembok) June 16, 2016Menpora = ..... @KRMTRoySuryo [URL="https://S E N S O RX8O7MbOjht"]pic.twitter.com/X8O7MbOjht[/URL]
— el (@digembok) June 16, 2016 Inget Panci, Wajan, Sutil, ulekan, jadi inget sama @KRMTRoySuryo cc @KEMENPORA_RI [URL="https://S E N S O R7oOkNQBm7D"]pic.twitter.com/7oOkNQBm7D[/URL]
— Tanpa Mafia (@TanpaMafia) June 16, 2016Cuma peralatan rumah tangga kan? @Fernandsu @tempodotco [URL="https://S E N S O RYa6nx5nZf6"]pic.twitter.com/Ya6nx5nZf6[/URL]
— ~ T I A ~ (@mutia_1205) June 16, 2016Menurut kalian, Aset Negara yang di bawa pulang oleh @KRMTRoySuryo adalah ?
— Tristan Kalalo (@Ajiepakubumi) June 16, 2016Aset negara yang dibawa pulang den @KRMTRoySuryo apa ajasih? Apakah peralatan dapur atau perlengkapan mandi?
— HARLOT (@qitmr) June 16, 2016 @SoundOfYogi @KRMTRoySuryo palingan bawa tv, home theatre, kipas angin, microwave, gagang pintu, lem tikus, kulkas, rumahnya, rumputnya etc
— puisi senjamu (@ciamikboy) June 16, 2016Sendok-garpu pasti. cc: @SBYudhoyono Bawa Pulang Aset Negara, Kemenpora Surati @KRMTRoySuryo.[URL="https://S E N S O RHQrcSPwK9k"]https://S E N S O RHQrcSPwK9k[/URL]
— BULLFRONT (@BULLFRONT) June 16, 2016


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ndiran-netizen

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
82.6K
416
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan