timanimanAvatar border
TS
timaniman
Cerita Pejalan : Menggapai Negri Matahari terbit ! Backpacker ke Japan/Jepang
Ohayou senpai senpai kaskuser ~
Mumpung lagi santai kali ini ane mao share(FR-Catper) tentang perjalanan ane ke negeri matahari terbit, guna mencari keberadaan sisa sisa bunga sakura di penghujung musim semi kemarin.

Ok,sebelumnya ane mao kasih sedikit kata kata mutiara buat senpai senpai kaskuser semua, bahwasanya :

"Selama bumi masih berputar pada porosnya, dan matahari terbit dan terbenam pada letaknya maka tidak ada yang tidak mungkin di kehidupan ini"

Apa maksudnya ?? ok, mungkin bagi sebagian orang yang berkehidupan atau berpenghasilan kelas menengah seperti ane menganggap bahwa jalan jalan/wisata/liburan ke luar negri itu hal yang tabuh untuk dilakukan dengan berbagai faktor alasan masing masing seperti :
1.keluar negeri kan ribet ngurusnya??
2.duit dari mana,gajian aja pas pasan??
3.disana bahasanya kan beda??
4.di luar negeri kan segalanya serba mahal??
5.di sana juga mao jalan jalan kemana,mao ngapain,kan gak ada yang dikenal,tar kalo ada apa apa gimana??
sebenarnya masih banyak lagi faktor faktor yang menghalangi kita manusia yang berkehidupan biasa untuk berpergian keluar batas teritorial kita..tapi dari pertanyaan keraguan di atas ane akan sedikit share pengalaman ane yang pertama sering kita alami jika berpikiran untuk pergi ke luar negri,karena ane sendiri mengalami hal hal yang ane tulis di atas tersebut..hehe.
Tapi setelah ane melakukan beberapa meditasi di tempat tempat sakral di sebagian wilayah di dalam negri kita ini indonesia (Backpacker dalam negri) dan bertemu dengan suhu suhu dan master master di dalamnya, akhirnya ane menemukan jawaban nya, yang menurut ane adalah :
1.Ribet??? cobalah kamu temui "Internet" ex:g**gle tinggal ketik maka keluarlah penjelasan secara jelas bagaimana cara melakukan nya dari berbagai media, tentang bagaimana dan hal apa saja yang harus dimiliki jika ingin keluar negri, seperti pasport & visa apalagi sekarang kita (indonesia) bisa masuk ke negara sekitar (asia) sampai dengan 50an negara dengan bebas visa (Visa Waiver) dengan rules visa waiver dari masing masing negara yang terpilih. Masih ribet???
2.Money Money Money??? ya,menurut ane di situ ada niat/kemauan/tekad di situ pasti ada jalan..ane pilih jalan "Menabung" hehe biarpun pasti bakal mengorbankan kesenangan kesenangan kita yang lain, tapi ya..demi keluar negri !
3.bahasa??? sebenarnya untuk bahasa, bahasa "Inggris" sudah di tetapkan sebagai bahasa international. ane yakin senpai atau siapapun bisalah berbahasa inggris, jangan dipake buat update sosmed doang..hehe biarpun ada beberapa negara yang sangat menghargai bahasanya sendiri sehingga enggan untuk menggunakan bahasa lain tapi pasti ada kok disana yang mengerti bahasa inggris..hehe jadi senpai jangan khuatir ~ yaahh pelajari juga lah dikit dikit bahasa yang akan kita hadapi nanti di tempat negara yang akan kita tuju..pelajari point penting nya saja seperti berbagai pertanyaan untuk kata tempat,penggunaan fasilitas, dan kata "sapa" karena kita(Indonesia) sangat terkenal karena keramah tamahan nya maka jangan takut lah untuk menyapa orang asing biarpun di negara asing..hehe kalo engga download aplikasi "kamus/translate" di gadget senpai karena semua hal itu guna mempermudah pergerakan senpai disana..
4.Mahal??? pasti ! apalagi kita biasa hidup di negara(Indonesia) yang segalanya masih dapat ditemukan berbagai macam hal yang masih murah.. soal itu balik lagi ke diri senpai, jenis/style traveling apa yang akan senpai gunakan..kalo ane jelas "Backpacker" jadi segala sesuatu penuh perhitungan dengan menekan budget serendah rendahnya melalui berbagai macam cara. emang bisa?? bisa!!tergantung gaya hidup senpai..asal ga neko neko soal akomodasi,transport dan cara makan.
5.Mangkanya persiapkan segalanya dengan detail seperti itenerary/jadwal perjalanan juga pelajari dengan seksama tentang profil negara yang akan kita kunjungi seperti budaya,tradisi,tempat wisata, kuliner, dos & donts di negara tersebut dan juga yang lain nya guna meminimalisir hal hal yang tidak mengasyikan..dan ingat kita punya kedubes di setiap negara jadi jangan khuatir..asalkan senpai melakukan sesuatu masih pada jalur dan pada tempatnya niscaya senpai akan aman kok.

Kali ini untuk negara yang akan ane kunjungi adalah "Negara Matahari Terbit" Yosshh !!! JEPANG ! kenapa ? karena ane tertarik dengan semua hal atau budaya yang ber'aroma jepang seperti struktur budaya alam dan wisatanya, kulinernya, Animenya, apalagi video jav nya!!! hehe dan juga Jepang memang sudah lama menjadi sasaran negara yang akan ane tapaki setelah kemarin negara sebelah(sing-Malay-thai) sukses ane tapaki ! tapi tetep #IndonesiItuIndah hehe

●Ok,Hal pertama yang ane lakukan adalah "Berburu Tiket Promo" ! gotcha ! ane menemukan nya pada bulan desember 2015 di salah satu website ticketing "travel***.com" untuk keberangkatan di bulan april 2016 menggunakan maskapai "air hujan" untuk Pulang-Pergi transit Malaysia dengan harga 3jtan lah~
Hal kedua udah pasti pertarungan sengit di tempat kerja guna mendapatkan cuti kerja dengan taruhan pekerjaan(Sign out) pastinya jika kalah. Tapi nasib berkata lain, akhirnya ane memenangkan pertarungan tersebut dan mendapatkan cuti kerja ane..hehe
Hal ketiga langsung ane urus adminitrasi seperti pasport dan visa. Kebetulan negara Jepang terpilih sebagai negara bebas visa(Visa Waiver) selama 15hr saja. jadi ane gaperlu ribet ngurus visa reguler yang setau ane banyak sekali persyaratan nya..tapi visa waiver hanya berlaku untuk pemegang elektronik pasport(epasport) sedangkan ane pengguna klan pasport biasa..apa itu epasport : pasport yang dilengkapi dengan chip berteknologi tinggi yang sudah berisi id kita..yaa untuk lebih jelasnya senpai bisa cek di g**gle deh apa itu e pasport dan gimana cara membuat nya..lengkap kok. Untuk biaya pembuatan epasport kemarin ane merogoh kocek sebesar 650rb dan jadi dengan waktu 5hr kerja. Setelah epasport sudah senpai dapatkan, senpai bisa langsung menuju kedubes jepang guna mendapatkan sticker visa waiver (Gratis) yang akan di tempelkan di epasport senpai, hanya dengan mengisi formulir permohonan visa waiver..untuk lebih jelasnya silahkan kembali lagi ke g**gle ~ hehe
Hal keempat yaitu mendapatkan kartu ajaib doraemon untuk transportasi di jepang nanti..apa itu? yes benar ! "JR PASS" apa itu JR PASS?? singkatnya Jrpass adalah sebuah alat berbentuk kartu seperti tiket yang bisa kita pakai untuk menggunakan mode transportasi jenis apa saja(shinkansen,reguler train,ferry,bus) dan kemana saja ! pokonya yang bekerja sama dengan perusahaan JR(JapanRail) dengan sesuka hati dan dengan waktu yang telah di tentukan(min7hr) kecuali shinkansen jenis ekseklusif dan subway train..tetap kita harus pakai pass lokal seperti suica/pasmo atau sejenisnya..jadi jrpass ini sangat recomend buat senpai yang ingin mengunjungi ke berbagai kota di jepang dengan low budget seperti ane..senpai bisa bandingkan berapa harga ke 1 kota saja contoh dari tokyo→Kyoto dengan menggunakan shinkansen, belom lagi jika senpai ingin kembali lagi ke tokyo..ada sih cara lain nya, contoh dengan bus malam tapi cukup menyita waktu senpai..oia jrpass sangat tidak di recomend kan buat senpai yang hanya mengunjungi 1 kota saja. Sangat disayangkan sekali mengingat harga jrpass juga tidak murah..waktu saya kemarin ambil yang pake ordinary buat 7 hari itu sekitar 29000yen atau 3,5jtan lah..untuk lebih jelas nya tentang apa itu jrpass, monggo kembali ke dokter g**gle.
Hal kelima dan langkah terakhir sampai pada akhirnya senpai menapaki kaki di negri sakura adalah yang seperti saya bahas di awal, persiapkan segala sesuatu yang akan senpai lakukan disana yaitu "Itenerary" atau jadwal perjalanan, cost biaya hidup senpai dari rumah sampai kembali lagi kerumah(biasanya 1 paket dengan pembuatan itenerary) serta informasi tentang negara tersebut agar senpai tau apa yang akan senpai lakukan disana, dan juga supaya semua perjalanan dan pergerakan senpai akan lebih mudah dan menyenangkan~.

Bersambung emoticon-Traveller
Diubah oleh timaniman 12-05-2016 03:31
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
18K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan