Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chrisvildAvatar border
TS
chrisvild
Surganya Fotografi Landscape di Argapura, Majalengka
Halo agan-agan sekalian,

saya Mario dari www.mariophotoworks.com kebetulan saya adalah freelance fotografer & writer untuk travel magazine, prewed & wed dan sebagai kontributor untuk shutterstock. Beberapa minggu lalu saya bersama dengan team dari pesona indo tour organizer mengunjungi salah satu tempat di Jawa Barat, bernama Argapura. Meeting point kami set di Cirebon dimana perjalanan saya tempuh dari Jakarta dengan menggunakan Kereta Api.



Argapura adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dari Cirebon, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum selama kurang lebih 2 jam. Argapura menurut arti gramatikal, dari kata "Arga" yang berarti Gunung dan "Pura" yang berarti Kota. Jadi bisa diartikan sebagai kota yang berada di daerah Pegunungan. Mayoritas daerah di Kecamatan Argapura merupakan kawasan pertanian, perkebunan. Hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, boled (ubi ), bawang merah dan sebagainya. Namun yang menjadi primadona disini adalah ladang bawangnya yang membentuk alur-alur cantik, dimana ini menjadi para incaran fotografer landscape dan travel. Yuk kita lihat seperti apa fotonya:


Sunrise di Argapura




Aktivitas Pagi




Salah satu bukit di Argapura




Ladang Bawang




Sedikit tips dari saya jika berkunjung dan mengambil foto di Argapura, Majalengka:
1) Bangunlah lebih pagi karena saat terbaik adalah pagi hari dimana matahari masih sangat soft sinarnya, menciptakan mood tersendiri dalam sebuah foto.
2) Bawalah lensa tele. Alur-alur kebun bawang di Argapura sangat cantik bila diabadikan dengan lensa panjang, usahakan mendapat POI (point of interest) atau objek di dalam foto supaya foto tidak terlihat membosankan.
3) Bawa filter seperti CPL untuk menambah intensitas warna dan ND untuk menghasilkan foto slow speed karena di Majalengka terdapat beberapa spot curug atau air terjun.
4) Jangan lupa membawa tripod. Tripod meski kadang berat dan merepotkan, kadang merupakan alat yang penting dalam fotografi landscape, karena dengan tripod kita dapat mendapat exposure yang baik dalam sebuah foto selain foto akan lebih tajam tentunya.
5) Aktivitas pagi para petani bawang dapat memberikan sebuah cerita dalam sebuah foto, tapi jangan lupa untuk minta ijin dulu ya sebelum diabadikan, karena beberapa orang suka risih jika langsung difoto.
6) Ladang bawang ini meski indah tapi sangat riskan rusak karena terinjak-injak, jadi diharapkan untuk foto di tempat ini harap lapor dulu ya supaya ada pemandu yang dapat menemani.


Saat Panen




Alur-alur ladang bawang




Merawat Kebun




Membawa Pupuk




Curug Pelangi




Gimana gan? indah banget kan negeri kita ini. Yu mari kita sama-sama jaga dan lestarikan keindahan alam Indonesia ini emoticon-Smilie



Foto: Dokumen Pribadi
Text: Wikipedia & Dokumen Pribadi



Artikel Lain:
Breathtaking Belitung - Sepenggal Keindahan Negri Laskar Pelangi:
http://www.kaskus.co.id/thread/51569...laskar-pelangi

Amazing Flores - From East to West: http://www.kaskus.co.id/thread/51060...m-east-to-west

Surga Tersembunyi bernama Waecicu, Labuan Bajo, Flores: http://www.kaskus.co.id/thread/5243d...an-bajo-flores

Exploring Prague - East Europe: http://www.kaskus.co.id/thread/5111d...---east-europe

Menikmati Sekeping Keindahan Santorini: http://www.kaskus.co.id/thread/52493...ahan-santorini

Uniquely Tana Toraja: Melihat Lebih Dekat Upacara Rambu Solo: http://www.kaskus.co.id/thread/530e1...ara-rambu-solo

[TIPS] Tips dalam membuat fotografi perjalanan (Travel Photography) http://www.kaskus.co.id/post/5266c3f...8b46601d000005

Menikmati Kepulauan Derawan dalam 3 Hari (+ Itinerary) http://www.kaskus.co.id/thread/55235...ari--itinerary

Jangan coba-coba berkunjung ke Maluku gan! http://www.kaskus.co.id/thread/56323...-ke-maluku-gan
0
12.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan